4 Investasi Khusus Ibu Rumah Tangga : Okezone Ekonomi

Bisnis

[ad_1]

SETIAP orang berhak melakukan investasi, tidak peduli latar belakang pendidikan, ekonomi, pria atau wanita, hingga status pekerjaan mereka. Ini juga berlaku untuk ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga dianggap sebagai menteri keuangan keluarga, semakin pintar ibu rumah tangga mengelola keuangan keluarga, semakin terjamin kondisi keuangan keluarga.

Nah, salah satu cara yang tepat untuk mengelola keuangan dengan baik adalah dengan cara investasi. Terdapat 4 pilihan investasi yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga, yaitu:

1. Investasi Emas

Investasi emas merupakan salah satu investasi yang tergolong cukup mudah, anda tidak perlu memiliki modal besar untuk melakukan investasi ini. Anda pun dapat melakukan investasi ini tanpa pengetahuan rumit mengenai investasi, kuncinya hanyalah membeli ketika harga emas sedang rendah dan menjualnya ketika emas sedang melonjak naik.

Investasi emas memiliki beberapa keuntungan, selain emas yang mudah diperoleh dan diterima di mana saja, investasi emas juga tergolong investasi yang kebal terhadap inflasi. Ini berarti semakin tinggi inflasi, semakin tinggi harga emas. Tentunya setiap investasi pasti memiliki kerugiannya masing-masing.

Salah satu kerugian investasi emas adalah tempat penyimpannya. Semakin berat emas yang dimiliki, semakin besar volume yang dibutuhkan emas. Menjaga keamanan emas ini juga dapat menjadi masalah tersendiri. Walaupun begitu, jika ingin mencoba berinvestasi, tidak ada salahnya untuk dimulai dari yang paling mudah.

2. Investasi Properti

Investasi properti tergolong susah susah gampang. Mengapa susah? Karena anda harus memiliki visi yang baik mengenai daerah atau properti tersebut. Kenaikan harga properti selain tergantung pada ekonomi secara makro, juga tergantung pada fisik properti tersebut. Contohnya, kestrategisan lokasi properti tersebut, akses menuju properti, lingkungan dan keamanan properti tersebut.

Tetapi kebanyakan properti tidak akan mengecewakan anda, hanya peningkatan harganya yang cepat atau lambat. Kesulitan investasi properti adalah anda membutuhkan modal yang cukup besar untuk memulainya. Keuntungannya adalah sembari menunggu pembeli, anda dapat memanfaatkan properti tersebut untuk disewakan atau dipakai sebagai tempat usaha.

3. Investasi Saham

Investasi saham dengan kata lain anda berinvestasi pada perusahaan tersebut, karena anda merupakan bagian dari kepemilikan perusahaan dan berhak menerima sebagian dari keuntungan perusahaan tersebut dalam bentuk dividen. Jika perusahaan tersebut menawarkan performa yang baik, anda juga berhak atas kenaikan dari harga saham.

Investasi saham adalah investasi yang membutuhkan kecermatan visualisasi investor. Untuk mengetahui apakah satu jenis saham akan mengecewakan atau menguntungkan, pihak investor akan mengandalkan informasi. Investasi saham merupakan investasi yang bergerak dengan sangat aktif. Oleh karena itu, semakin cepat informasi ia terima, semakin cepat investor akan melakukan strategi untuk mempertahankan posisinya.

Ini berarti agar investasi saham menguntungkan anda harus belajar cara membaca pergerakan pasar, anda pun harus mengetahui analisa fundamental dan teknikal pasar. Di antar 4 macam investasi ini, investasi emas adalah investasi yang memberikan keuntungan (return) paling tinggi. Investasi saham juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar seperti layaknya investasi properti.

4. Investasi Reksa Dana

Menurut UU Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995, reksa dana adalah wadah yang digunakan masyarakat untuk menghimpun dana yang kemudian dana tersebut akan dikelola oleh MI (Manajer Investasi) ke dalam portfolio efek yang terdiri dari kumpulan surat berharga (saham, obligasi, deposito dan lainnya).

Salah satu alasan mengapa investasi reksa dana cocok untuk ibu rumah tangga adalah karena anda dapat melakukan investasi dengan dana yang tidak terlalu besar mulai Rp200 ribu, sampai dengan Rp1 juta. Anda pun tidak perlu repot-repot mengerti pergerakan reksa dana karena anda dapat mempercayakannya pada MI.

Pastikan kondisi keuangan yang sehat

Melakukan investasi harus disertai dengan kondisi keuangan yang memungkinkan, jika kondisi keuangan tidak sehat, maka investasi akan tergolong percuma. Sebelum melakukan investasi, hitunglah jumlah aset, utang serta pengeluaran anda, tentukan apakah kondisi keuangan anda sehat. Jika iya, maka anda dapat meneruskan investasi tersebut, jika tidak, sebaiknya tuntaskan masalah keuangan terlebih dahulu.

https://img.okezone.com//content/2017/02/10/320/1614921/4-investasi-khusus-ibu-rumah-tangga-n0tYE2nLy4.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Toko Bunga Jakarta Online Murah Terpercaya

Selamat Datang di Website Kami: toko bunga jakarta online murah Menyediakan Berbagai Macam Bunga, Papan Bunga, Bunga Meja, Bunga Berdiri, Bunga Bouqet Tangan dll. Model papan bunga dengan kombinasi warna biru kuning hijau juga merupakan salah satu dari banyak model favorit di klien kami. pesan untuk dewan berkabung. Bouquet Flower …

kontraktor kaca dan aluminium composite panel
Bisnis
Spesialis Kontraktor Aluminium Composite Panel Gedung

Fasad & Dinding Tirai dari Aluminium Composite Panel Ringan dan kaca stopol. Spesialis kontraktor kaca dan aluminium composite panel dan juga kaca oleh PT Partindo. Akreditasi jaminan tertutup pasti akan diberikan untuk proyek yang membutuhkan berdasarkan panel serta persyaratan naungan yang memanfaatkan ditambah masalah lingkungan. Aplikasi Alcopan tidak terbatas pada …

daftar harga beton cor ready mix
Bisnis
Harga Beton Cor Readymix Per M3 untuk Wilayah Jakarta

Biaya Beton Semua Set Mix – Jayamix Per M3 Cor K225 Oktober 2017. daftar harga beton cor ready mix tidak terdiri dari jaringan uang tunai, jika lebih besar dari 10 pipeline. Dengan menyewakan pompa berdasarkan tuntutan waktu pemakaiannya bisa mencegah bahaya peralatan menganggur namun tetap perlu membayar uang sewa. Biaya …