4 Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Menentukan Strategi Bisnis : Okezone Ekonomi

Bisnis

[ad_1]

JAKARTA – Dalam menjalankan bisnis, kita memerlukan sebuah perencanaan yang matang sebelum bisnis itu dimulai atau bahkan untuk menjalankan bisnis yang sudah berjalan. Perhitungan yang matang harus mempertimbangkan beberapa aspek, baik dari sisi aspek keuangan, pasar, bahkan sosial dan politik. Sebuah perkiraan dan rencana akan strategi yang matang akan membantu kita dalam menentukan langkah ke depan dan kemajuan bisnis tersebut. Kesalahan dalam sebuah perencanaan bisa berakibat fatal.

Apa saja kesalahan dan strategi yang harus dilakukan? Simak beberapa hal yang harus dihindari dalam menentukan rencana strategi bisnis berikut ini. Keempat hal tersebut biasanya sering tidak kita perhatikan, antara lain:

    1.   Proyeksi Waktu Jangka Panjang

      Untuk membuat sebuah strategi bisnis kita harus dapat membuat proyeksi perkiraan terhadap bisnis tersebut dalam jangka waktu lebih panjang. Bagaimana perkembangan dari bisnis yang akan kita jalankan nanti dalam 5 tahun ke depan atau bahkan apa ancaman dan peluang jangka panjang dari bisnis yang kita jalankan. Kemungkinan yang akan terjadi pada waktu yang akan datang harus sudah dapat kita analisa dan prediksi. Memang prediksi yang kita miliki tidak serta merta dapat terjadi, akan tetapi dengan memperkirakan tentang hal-hal yang sudah dapat kita perkirakan akan semakin baik dari pada kita diterpa sebuah peristiwa yang di luar keinginan kita. Karena sebuah proses pembenahan dalam mengatasi sebuah masalah akan jauh lebih menelan banyak biaya dan waktu dibandingkan kita mengantisipasi hal buruk terjadi. Maka dari itu memprediksi sebelumnya akan jauh lebih membantu. Kita harus mencoba membuat proyeksi jangka pendek, menengah dan panjang. Sedia payung sebelum hujan lebih baik dari pada kita sibuk mencari payung ketika hujan sudah turun.

        2. Kurangnya Riset Pasar
        Hindari sebuah perencanaan target pasar yang minim informasi, sebuah perencanaan strategi bisnis haruslah mewakili dan memberi banyak informasi melalui riset sebelumnya. Kita harus mempunyai data yang akurat tentang target pasar yang akan kita bidik. Hal ini untuk menghindari bias pada saat kita akan menjalankan bisnis kita, sering kali kita kebingungan untuk membidik pasar kita. Dikarenakan kita menganggap banyaknya segmen pasar yang akan kita bidik padahal mereka bukanlah target yang utama dari pasar bisnis kita. Sehingga penjualan tidak bisa fokus dan sulit menyentuh marjin yang ditargetkan sebelumnya. Melalui riset pasar kita juga akan dapat menghitung sebuah perkiraan peluang kita untuk dapat melakukan penetrasi pasar dan sekaligus menentukan target waktu yang harus dikejar.
        3. Minimnya Informasi terhadap Kompetitor
        Terkadang kita terlalu sibuk untuk menyusun dan fokus kepada produk kita agar produk kita menjadi produk yang terbaik. Akan tetapi kita sering lupa bahwa memerhatikan gerak dan langkah dari pesaing juga diperlukan dalam menentukan strategi bisnis kita. Dengan mengetahui gerak dan langkah pesaing akan membantu kita untuk membuat langkah tandingan dan inovasi terhadap lawan bisnis kita. Dengan bersaing secara sehat dan terbuka akan membantu kita dalam menentukan strategi bisnis dan menciptakan peluang yang bagus dalam bisnis kita.
        4. Terlalu Optimis dan Kurang Realistis
        Memang rasa optimis sangat diperlukan dalam bisnis, akan tetapi optimis yang berlebihan dan lebih mengedepankan emosional akan menjadi bumerang bagi pebisnis itu sendiri karena sebuah perencanaan yang kurang realistis akan menjadi sebuah mimpi belaka dan kesulitan dalam tahapan eksekusinya. Membuat asumsi-asumsi dan prediksi terburuk adalah salah satu hal yang dapat menekan rasa optimis yang berlebihan. Mencoba membuat simulasi keburukan keburukan yang akan terjadi dipautkan dengan keadaan politik sekarang dan perkiraan kebijakan politik di masa depan atau banyak variabel yang bisa kita gunakan untuk membuat asumsi-asumsi sebuah kegagalan yang bisa terjadi. Sehingga semua perencanaan akan dibuat dengan rencana yang lebih matang dengan rasa optimis yang wajar berdasarkan solusi-solusi yang sudah dipersiapkan oleh tim atau pebisnis tersebut.
        Perluas Wawasan Anda
        Memperluas wawasan Anda dalam dunia bisnis dan ekonomi makro merupakan modal yang bisa kita jadikan bahan analisa dalam menentukan langkah-langkah bisnis selain dari ke empat hal di atas yang harus dihindari dalam sebuah penyusunan strategi bisnis, kesalahan-kesalahan yang terkadang sepele sering membuat kita gagal. Ingatlah kita tidak akan tersandung oleh batu yang besar di hadapan kita justru kita akan tersandung di batu kecil yang sebelumnya tidak kita perhatikan.

https://img.okezone.com//content/2017/06/19/320/1719821/4-kesalahan-yang-sering-dilakukan-dalam-menentukan-strategi-bisnis-OzJhlX8kRL.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Promo Jam Tangan Guess Kw Super Murah

Selamat Datang di jam tangan guess kw super murah – Perbandingan Harga Nomor Situs di Indonesia. Berbeda dengan produk replika yang tidak biasa menemukan cara menulis logo atau merek yang berbeda di beberapa bagian. Untuk informasi lebih lanjut, Kualitas bahan yang tercantum dalam deskripsi pengiklan asli dengan tampilan analog yang …

lowongan kerja hotel bali lulusan sma
Bisnis
Info Lowongan Kerja Hotel Bali Lulusan Sma

Lowongan kerja Renaissance Bali Uluwatu Resort & Medical Spa. Berbagai Peluang lowongan kerja hotel bali lulusan sma di Tijili Resort Seminyak Bali. Dengan lokasi yang luar biasa di samping pantai selancar Kuta yang terkenal di dunia, Anda dikelilingi oleh alternatif untuk membenamkan diri Anda sendiri karena Bali perlu memasok. Daerah …

Bisnis
Jasa Pembuatan Tenda Membran Murah Per Meter

tenda membran murah per meter adalah tenda yang digunakan sebagai media promosi. Cara Pemesanan Produk kami, anda bisa menghubungi kami terlebih dahulu hanya berkonsultasi tentang apa yang anda butuhkan (konsultasi gratis). Desain Tenda Membrane sangat fleksibel dan dapat disesuaikan secara bebas dengan kebutuhan setiap pelanggan, namun tentunya akan dibatasi oleh …