5 Kesalahan yang Bikin Bisnis Online Bangkrut

Bisnis

[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta – Jika Anda adalah seseorang yang pernah mencoba bisnis online dan mengalami kegagalan seperti penurunan tingkat penjualan, maka ada kesalahan di dalam bisnis Anda.

Kesalahan tersebut dapat berupa aspek-aspek dalam bisnis yang kurang diperhatikan dan dapat membuat merek tidak dikenal atau minat konsumen yang berkurang.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pebisnis online seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Tidak menyesuaikan penawaran dengan permintaan

Banyak yang menjalankan bisnis online tanpa memikirkan permintaan pasar, mereka menjual barang yang tidak dibutuhkan oleh orang. Sebaiknya, sebelum membangun bisnis online, lakukanlah validasi pasar dengan 3 cara berikut:

a. Mengukur permintaan pasar

Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Google adwords keyword planner dengan cara memasukkan produk serta lokasi Anda, dengan sekejap, aplikasi ini akan memberikan Anda informasi mengenai jumlah pencari produk tersebut.

b. Memprediksi tren

Banyak produk yang sifatnya hanya sementara dan agar penjualan dapat terus stabil, Anda harus dapat memprediksi pola permintaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengukur tren adalah dengan menggunakan Google trend.

Anda hanya perlu mengetik nama produk pada aplikasi tersebut, dan Google trend akan menunjukkan grafik yang menunjukkan permintaan terhadap produk tersebut.

c. Mengukur persaingan

Semakin banyak pesaing, berarti semakin tinggi permintaan atas produk yang dijual, Anda harus memanfaatkan persaingan ini untuk mencari produk mana yang mempunyai kuantitas penjual yang cukup banyak.

Manfaatkan fasilitas pencarian di Google dengan mengetik “Jual [jenis produk]”. Cermati toko online yang menjual produk serupa dan apa yang dapat dilakukan untuk lebih unggul dibandingkan mereka.

Tidak bertanggung jawab

2. Tidak bertanggung jawab atas rencana

Jika telah menyusun rencana atas bisnis Anda, sebisa mungkin patuhi rencana tersebut. Bisnis online merupakan salah satu jenis bisnis yang memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat.

Agar tidak tertinggal dari pesaing, Anda harus mampu mematuhi rencana yang telah disusun, baik mengenai rencana pemasaran, keuangan hingga penjualan.

3. Malas mengatur administrasi sosial media

Malas adalah sifat yang harus dihindari ketika berbisnis. Banyak bisnis online yang sebenarnya memiliki prospek cukup baik di masa depan tetapi terhambat hanya karena jarang di-update dan akunnya tidak terawat.

Membuat akun sosial media untuk bisnis online memang adalah hal yang mudah, tetapi mengelolanya membutuhkan teladan.

Bukan berarti Anda boleh sembarangan menambahkan konten di dalam akun bisnis Anda. Anda harus memberikan informasi yang jelas dan sesuai dengan produk yang dijual.

Dengan terus memberikan konten yang terbaru dan informatif, maka pelanggan tidak akan bosan mengunjungi situs Anda.

4. Berpikiran tertutup

Dalam menjalani sebuah bisnis, Anda harus dapat mengikuti perkembangan. Selalu ada yang baru setiap harinya, jika berpikiran tertutup, Anda hanya akan tertinggal. Belajarlah dari siapa saja, kapan saja dan bagaimana saja.

Jika orang tersebut pernah mengalami kegagalan dalam membuka bisnis online, Anda dapat belajar dari kesalahan mereka. Jika orang tersebut sukses dalam menjalankan bisnis online, Anda dapat mencontoh strategi bisnis mereka.

Belajar dari banyak sumber merupakan salah satu hal yang dapat membantu perkembangan bisnis.

Tak jaga kualitas

5. Tidak menjaga kualitas pelayanan terhadap konsumen

Aspek terpenting dalam suatu bisnis adalah konsumen, seperti pepatah yang mengatakan ‘konsumen adalah raja’. Dengan menjaga hubungan yang baik dengan konsumen, Anda sudah 1 langkah lebih depan dibandingkan pesaing.

Meskipun transaksi telah dilakukan, Anda dapat menanyakan pendapat, saran serta kritik dari pelanggan. Bisnis online melalui sosial media berpusat pada pelanggan dan kepuasan pelanggan, oleh karena itu, komunikasi dengan pelanggan adalah hal yang harus dijaga.

Jangan mudah menyerah

Bisnis online dan bisnis lainnya harus dijalankan dengan tekad yang bulat serta disiplin yang kuat. Tidak ada bisnis yang dapat berhasil dengan instan, segala sesuatu membutuhkan kerja keras serta kegagalan dan bangkit.

Belajarlah dari kesalahan yang pernah dilakukan dan segeralah bangkit, terpuruk dalam kegagalan terlalu lama dapat merusak mental serta mengurangi motivasi Anda.

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/673735/big/bisnis-online.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Kredit Wuling Jogja Termurah dan Banyak Bonus

Menggabungkan kelas pelatihan penjualan otomotif ini gratis untuk kredit wuling jogja mempromosikan profesionalisme melalui pendidikan. Pearson Toyota ingin membantu Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik pembiayaan dan sewa mobil tersedia. Selain itu, mobil sewa kami serta kendaraan bekas lain termasuk perusahaan sertifikat, 12/12 terbatas Powertrain garansi dan 12-bulan Unlimited Roadside Assistance …

Bisnis
Harga Cetak Kalender 2018 Termurah

harga cetak kalender 2018 ialah peranti penjualan yang luar biasa serta ekonomis, serta aturan sempurna buat membenarkan kalau merk kamu konsisten di depan klien kamu sepanjang tahun. tiap laman bulanan didesain buat pencetakan pada kertas skala warkat, tolak ukur. memakai percetakan ekonomis almanak buat bidang usaha almanak membikin amplop besar …

Bisnis
Gabung Grab, Jangkauan Bisnis Kudo Bakal Menggurita

[ad_1] Jakarta, CNN Indonesia — Setelah akuisisi oleh Grab rampung, Kudo menyebut skala bisnisnya berkembang pesat. Peran pengemudi Grab yang begitu banyak jadi salah satu alasan jangkauan Kudo lebih ‘menggurita’. CEO Kudo Albert Lucius menggambarkan perbedaan segmen pasar dengan Grab memperluas cengkeraman Kudo. Grab yang lebih terpusat di kota-kota primer …