5 Sekawan Ini Bisnis Cuci Sepatu Beromzet Jutaan


Jakarta – Berkawan sejak SMA dan merintis bisnis bersama biasanya jarang terjadi. Tapi, bagi Azrul Fatah Zahnuar, Rido Muhammad Soleh, Faza Abdan Syakuro, Hazmi Radhitullah, dan Satrya Ramadhan, kerja bareng menjalankan bisnis menjadi rutinitas mereka saat ini.

Lima sekawan yang bermukim di Tangerang ini sedang merintis bisnis cuci sepatu. Bisnis ini mereka beri nama PotionPlus. Lantas, bagaimana awalnya mereka memilih bisnis cuci sepatu?

“Pas ada teman yang minta bantuin cuci sepatu, belajar bareng-bareng, iseng-iseng, terus bisa buka toko sampai sekarang,” jelas Rido kepada detikFinance, Jakarta, pekan lalu.

Selain itu, ide bisnis ini muncul karena mereka berlima merupakan pengguna sneakers, sepatu kasual yang tenar di kalangan anak muda.

“Dasarnya memang kita semua penyuka sneakers, makanya kita coba maksimalkan hobi kita,” kata Rido.

5 Sekawan Ini Bisnis Cuci Sepatu Beromzet JutaanFoto: Istimewa

Menurut Rido, bisnis ini dirintis sejak 2013 dan saat itu belum mendirikan toko, melainkan hanya berburu konsumen lewat dunia maya. Mereka memasarkan jasa cuci sepatu sekaligus menjual produk pembersih sepatu dengan merek PotionPlus.

Modal awal yang disiapkan sebesar Rp 2 juta untuk membuat bahan pembersih sepatu. Selain itu, dikombinasi pula dengan ketekunan dan pantang menyerah dalam berbisnis.

“Modal awal ini untuk eksperimen selama pembuatan shoe cleaner. Karena nekat kita menghasilkan yang kita mau, apalagi kita sekarang sudah jual produk cleaning dan buka jasa kelas training, cuma belum kita publish saja,” tutur Rido.

Dia bercerita, dalam menjalankan bisnis, terkadang menghadapi konsumen yang salah pengertian. Konsumen menganggap jasa ini bisa mengubah sepatu rusak menjadi seperti baru, padahal dirawat dengan bahan-bahan khusus.

5 Sekawan Ini Bisnis Cuci Sepatu Beromzet JutaanFoto: Istimewa

Namun, seiring berjalannya waktu, konsumen pun akhirnya mengerti.

“Banyak yang beranggapan kalau shoes laundry atau sneakers laundry bisa mengubah sepatu lama tidak terpakai seperti baru lagi, padahal tidak begitu,” kata Rido.

Saat ini, Rido dan kawan-kawan tidak hanya menerima order dari wilayah Jabodetabek, tapi konsumen mereka juga tersebar di Medan, Surabaya, Yogyakarta, Kediri, Cilacap, Semarang, dan Mataram.

Jasa cuci sepatu dibanderol mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 45.000 per satu pasang sepatu. Harga ditentukan dari tingkat pencuciannya, yang Rp 25.000 biasanya hanya untuk luar sepatu, sedangkan yang Rp 45.000 untuk luar dan dalam sepatu.

5 Sekawan Ini Bisnis Cuci Sepatu Beromzet JutaanFoto: Istimewa

Sedangkan produk pembersih sepatu dibanderol Rp 150 ribu untuk ukuran botol 250 ml. Omzet bisnis ini berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 8 juta sebulan.

Jika tak ada aral melintang, rencananya akan buka cabang di kawasan Jakarta Selatan. Saat ini, Rido dan empat sahabatnya sudah punya toko di Tangerang.

“Sudah ada obrolan buka toko lagi di Jaksel, tapi masih tahap diskusi antara deal atau tidaknya,” ungkap Rido.

Jika tertarik mencoba jasa cuci sepatu ini bisa kunjungi akun instagram @potionplus.ina. Bisa juga dengan Line di @potionplus atau langsung mampir ke Jl. Jenderal Sudirman No.53 Kota Tangerang, Banten. (hns/wdl)

https://sgimage.detik.net.id/community/media/visual/2017/03/13/b42467f7-168f-4223-a400-c21b92699d69_169.jpg?w=650



Sumber Artikel

Komentar

comments