5 Tips Sukses Berbisnis yang Tak Lekang oleh Waktu

Bisnis

[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta – Istilah entrepreneur makin naik daun. Berbagai seminar, buku, dan anjuran menempatkan entrepreneur sebagai profesi keren. Apalagi jika dibumbui dengan kata muda atau sukses.

Sebenarnya entrepreneur sudah ada sejak dulu. Namun dulu lebih dikenal dengan istilah wiraswasta. Baik entrepreneur maupun wiraswasta sebenarnya punya rahasia sukses yang sama. Ini beberapa tips sukses berbisnis yang tidak lekang dimakan waktu, seperti dikutip dari www.cekaja.com, Minggu (14/5/2017):

1. Mempelajari kompetitor

Sebagai entrepreneur, Anda harus tahu siapa kompetitor bisnis Anda. Apa produk mereka, bagaimana strategi penjualan, dan apa yang menjadi kelebihan produk.

Pengetahuan ini membuat Anda lebih unggul dari kompetitor. Salah satunya dengan memanfaatkan kelemahan kompetitor. (Baca juga: 10 Hal yang Harus Dilakukan Kalau Tidak Ingin Bisnis Rugi Mendadak)

2. Selalu punya inovasi

Ketika bisnis Anda makin berkembang, tandanya Anda harus semakin rajin mencari inspirasi untuk inovasi produk. Mungkin ada aplikasi yang bisa membuat penjualan produk makin pesat. Atau ada layanan yang membuat distribusi produk Anda makin luas. Jangan malas mencari tahu.

3. Mengerti keinginan pasar

Namanya juga jualan, Anda harus memahami apa yang diinginkan pasar. Idealis dalam berbisnis boleh saja, bahkan lebih hebat lagi kalau Anda bisa menciptakan pasar sendiri. Namun tentunya idealisme harus diimbangi dengan mendengar keinginan calon konsumen.

4. Dengarkan keluhan konsumen dan beradaptasi

Keberlangsungan suatu bisnis bergantung pada penjualan. Ini artinya, Anda harus responsif terhadap konsumen jika tidak ingin kehilangan angka penjualan. Bukan hanya respons pada keluhan, melainkan juga pada masukan.

Misalnya Anda memproduksi tas handmade berbahan kulit. Selama ini Anda hanya memproduksi jenis tote bag. Ternyata beberapa konsumen merasa kurang suka dengan ukuran tote bag yang besar, terutama konsumen bertubuh mungil. Anda bisa membuat survei kecil-kecilan sebelum mengeluarkan ukuran baru. (Baca juga: Barang-barang dengan Manfaat Ganda yang Harus Dimiliki Pengusaha)

5. Merespons perubahan

Dunia bisnis sangat dinamis. Oleh karena itu seorang entrepreneur harus menerima perubahan dan beradaptasi secepat mungkin. Sudah banyak kejadian saat bisnis bangkrut karena tidak bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Banyak pula bisnis yang baru didirikan satu tahun lalu namun bisa mengubah dunia di tahun berikutnya.

Salah satu kunci agar tidak ketinggalan adalah melek digital. Jangan ragu untuk mempekerjakan orang yang lebih tahu soal digital demi kemajuan bisnis Anda.

 

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/686036/big/Ilustrasi+Pengusaha1.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …