5 Tips Sukses Berbisnis yang Tak Lekang oleh Waktu

Bisnis

[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta – Istilah entrepreneur makin naik daun. Berbagai seminar, buku, dan anjuran menempatkan entrepreneur sebagai profesi keren. Apalagi jika dibumbui dengan kata muda atau sukses.

Sebenarnya entrepreneur sudah ada sejak dulu. Namun dulu lebih dikenal dengan istilah wiraswasta. Baik entrepreneur maupun wiraswasta sebenarnya punya rahasia sukses yang sama. Ini beberapa tips sukses berbisnis yang tidak lekang dimakan waktu, seperti dikutip dari www.cekaja.com, Minggu (14/5/2017):

1. Mempelajari kompetitor

Sebagai entrepreneur, Anda harus tahu siapa kompetitor bisnis Anda. Apa produk mereka, bagaimana strategi penjualan, dan apa yang menjadi kelebihan produk.

Pengetahuan ini membuat Anda lebih unggul dari kompetitor. Salah satunya dengan memanfaatkan kelemahan kompetitor. (Baca juga: 10 Hal yang Harus Dilakukan Kalau Tidak Ingin Bisnis Rugi Mendadak)

2. Selalu punya inovasi

Ketika bisnis Anda makin berkembang, tandanya Anda harus semakin rajin mencari inspirasi untuk inovasi produk. Mungkin ada aplikasi yang bisa membuat penjualan produk makin pesat. Atau ada layanan yang membuat distribusi produk Anda makin luas. Jangan malas mencari tahu.

3. Mengerti keinginan pasar

Namanya juga jualan, Anda harus memahami apa yang diinginkan pasar. Idealis dalam berbisnis boleh saja, bahkan lebih hebat lagi kalau Anda bisa menciptakan pasar sendiri. Namun tentunya idealisme harus diimbangi dengan mendengar keinginan calon konsumen.

4. Dengarkan keluhan konsumen dan beradaptasi

Keberlangsungan suatu bisnis bergantung pada penjualan. Ini artinya, Anda harus responsif terhadap konsumen jika tidak ingin kehilangan angka penjualan. Bukan hanya respons pada keluhan, melainkan juga pada masukan.

Misalnya Anda memproduksi tas handmade berbahan kulit. Selama ini Anda hanya memproduksi jenis tote bag. Ternyata beberapa konsumen merasa kurang suka dengan ukuran tote bag yang besar, terutama konsumen bertubuh mungil. Anda bisa membuat survei kecil-kecilan sebelum mengeluarkan ukuran baru. (Baca juga: Barang-barang dengan Manfaat Ganda yang Harus Dimiliki Pengusaha)

5. Merespons perubahan

Dunia bisnis sangat dinamis. Oleh karena itu seorang entrepreneur harus menerima perubahan dan beradaptasi secepat mungkin. Sudah banyak kejadian saat bisnis bangkrut karena tidak bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Banyak pula bisnis yang baru didirikan satu tahun lalu namun bisa mengubah dunia di tahun berikutnya.

Salah satu kunci agar tidak ketinggalan adalah melek digital. Jangan ragu untuk mempekerjakan orang yang lebih tahu soal digital demi kemajuan bisnis Anda.

 

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/686036/big/Ilustrasi+Pengusaha1.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Promo Jam Tangan Guess Kw Super Murah

Selamat Datang di jam tangan guess kw super murah – Perbandingan Harga Nomor Situs di Indonesia. Berbeda dengan produk replika yang tidak biasa menemukan cara menulis logo atau merek yang berbeda di beberapa bagian. Untuk informasi lebih lanjut, Kualitas bahan yang tercantum dalam deskripsi pengiklan asli dengan tampilan analog yang …

lowongan kerja hotel bali lulusan sma
Bisnis
Info Lowongan Kerja Hotel Bali Lulusan Sma

Lowongan kerja Renaissance Bali Uluwatu Resort & Medical Spa. Berbagai Peluang lowongan kerja hotel bali lulusan sma di Tijili Resort Seminyak Bali. Dengan lokasi yang luar biasa di samping pantai selancar Kuta yang terkenal di dunia, Anda dikelilingi oleh alternatif untuk membenamkan diri Anda sendiri karena Bali perlu memasok. Daerah …

Bisnis
Jasa Pembuatan Tenda Membran Murah Per Meter

tenda membran murah per meter adalah tenda yang digunakan sebagai media promosi. Cara Pemesanan Produk kami, anda bisa menghubungi kami terlebih dahulu hanya berkonsultasi tentang apa yang anda butuhkan (konsultasi gratis). Desain Tenda Membrane sangat fleksibel dan dapat disesuaikan secara bebas dengan kebutuhan setiap pelanggan, namun tentunya akan dibatasi oleh …