6 Langkah Bangun Bisnis yang Semua Orang Bisa Lakukan

Bisnis

[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta – Banyak orang merasa bosan menjadi pekerja kantoran. Alasannya, tak ingin di bawah perintah dan ingin mandiri. Tak heran, dewasa ini banyak para pekerja kantoran yang hijrah dan kemudian membangun sebuah usaha.

Untuk membangun bisnis bukan hal yang susah, tetapi juga tidak semudah membalik telapak tangan. Di berbagai buku maupun artikel di internet, terdapat banyak langkah memulai bisnis.

Tulisan ini mencoba sedikit menyumbang pemikiran tentang langkah memulai bisnis juga. Tentu saja, dalam tulisan ini mencoba memberikan ide membangun bisnis yang bisa dilakukan semua orang. 

Dikutip dari Laruno, Minggu (18/6/2017), berikut 6 langkah membuka bisnis yang semua orang bisa lakukan:

1. Mulai dengan berjualan produk orang lain

Kalau bicara bisnis, bicara startup, atau menjadi entrepreneur, yang ada di benak sebagian besar kita adalah bikin produk sendiri yang keren, punya kantor atau PT sendiri, punya kemampuan teknis lalu melayani klien, dan sejenisnya.

Ternyata paradigma memulai bisnis pertama kali dengan model seperti di atas itu salah. Berdagang juga adalah merupakan bisnis, dengan cara yang paling sederhana ambil barang dari supplier, tambahkan keuntungan, jual lagi.

Saking sederhananya, ini bisa dilakukan oleh yang belum punya modal uang banyak, belum punya ilmu atau pengalaman bisnis, dan belum network bisnis.

2. Tentukan pasar

Langkah berikutnya adalah memulai dari market atau pasar atau siapa yang ditargetkan akan membeli produk kita. Jangan mulai dari “produk apa yang bagus ya” tapi mulailah dari “siapa mau beli produk apa ya“. Produk bagus tapi tidak ada yang beli, percuma.

Di langkah ini kita tinggal melihat sekeliling kita, lalu lihat kesamaan mereka dalam hal kebutuhan mereka yang mendesak. Paling mudah ya benar-benar lingkungan terdekat kita, misalnya di sekitar kantor.

Lalu kita merasakan, bahwa teman-teman kita di kantor itu butuh banget camilan tapi malas keluar kantor. Kita bisa buka bisnis kecil–kecilan menjual camilan.

Berarti, target market kita adalah orang-orang kantoran, dengan masalah atau kebutuhan makan ringan untuk menemani kerja. Atau di contoh kedua target market cewek-cewek dengan umur di kisaran 20 tahun, dengan kebutuhan baju dan sepatu.

3. Cari supplier

Langkah berikutnya adalah mencari supplier alias siapa yang menjual produk tersebut untuk kita jualkan lagi. Bagaimana cara mencari supplier? Tidak susah kok, gunakan Google. Cari saja dengan keyword reseller  atau dropship atau agen atau distributor. Di Kaskus sendiri sudah ada sub-forumnya: Penawaran kerja sama, BO, Distribusi, Reseller dan Agen.

Kalau ada beberapa pilihan supplier untuk satu produk yang sama atau sejenis, kita tinggal membanding-bandingkan saja mana yang meyakinkan, mana yang pelayanannya bagus, dan sebagainya.

Dalam proses mencari supplier dan membeli di mereka, kita akan merasakan pengalaman berjualan dan berbelanja sekaligus. Jadi, kalau kita masih awam banget dengan cara berjualan atau berbisnis termasuk melayani pelanggan, kita bisa meniru cara supplier dalam berjualan dan kita melayani kita sendiri.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/1616423/big/084866700_1496810165-Business_Plan_1.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Minta Ampun Bakal Ketika Ini Webkonseling Hanya Menyediakan Layanan Dialog Melewati Email.

bakal itu diperlukan pemberian supaya daya kegiatan yang tampak bisa lebih terlalu banyak dan juga sepertinya lebih pakar di sendiri-sendiri bagian serta meninggikan kapasitas yang ada. jadi konsultan psikolog jakarta pada kesimpulannya saya memutuskan buat mendaratkan ke psikolog akibat saya mau bersemayam di situ serta saya bisa melangsungkannya, dengan cara …

Bisnis
jasa belanja ebay, amazone dan lain-lain (hemat dan terpercaya)

jasa belanja ebay-terlihat sebelah perkara apa sebabnya orang atau industri tidak dapat membeli lagi perkakas dari luar negeri. shopher diharuskan memilah 1 saham untuk dapat menyandang produk yang terdapat di website ebay. yaiu, sdm indonesia yang betul-betul menduduki prosedur e-commerce ini selaku ensiklopedis. selain itu kamu pula bakal meraih pertanda …

Bisnis
Jasa Pembelian Barang Di Ebay

Cara Belanja di eBay sebenarnya sangat mudah, cocok sekali bagi anda yang sibuk dan lebih suka berbelanja secara online. Pembayaran di amazon biasanya melalui kartu kredit, kupon diskon atau kartu pembayaran amazon yg bisa dibeli sebelum berbelanja…proses pembayaran seperti biasanya toko online, hanya memasukkan data pembayaran mis kartu kredit atau …