7 Hal yang Bisa Anda Lakukan dengan Uang THR Anda | Investasi dan Pembiayaan

Bisnis

[ad_1]

RumahCom – Hari raya Idul Fitri sudah tinggal beberapa hari lagi. Dan di hari-hari seperti ini salah satu momen yang ditunggu-tunggu para karyawan tentunya hadirnya uang Tunjangan Hari Raya (THR). Jumlahnya tentu saja terbilang cukup lumayan karena umumnya senilai satu bulan gaji bagi yang masa kerjanya lebih dari satu tahun atau tercatat sebagai karyawan tetap. 

(Baca juga: Yuk Kelola Bonus dan THR Untuk DP Rumah!)

Dan sesuai namanya, kebanyakan orang memanfaatkan uang ini untuk memenuhi kebutuhan di hari raya. Sebut saja mulai dari yang katanya wajib ada di meja makan seperti ketupat dan opor ayam beserta kue-kue kering, baju baru dan sepatu baru untuk dikenakan saat silaturahmi.

Namun sesungguhnya ada cara yang lebih bijak untuk memaksimalkan penggunaan dana tersebut seperti untuk keperluan yang sifatnya produktif atau bahkan investasi di masa depan. Simak beberapa cara cerdas yang bisa dilakukan dengan uang THR Anda berikut ini.

1. Sisihkan untuk Kewajiban Lebaran

Salah satu hal yang wajib Anda dahulukan ketika menyambut datangnya hari raya adalah membayar zakat dan bersedekah, berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan. Dan uang THR bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kewajiban ini.

2. Bayar Utang

Jika selama ini Anda memiliki utang, tidak ada salahnya juga memanfaatkan THR untuk meringankan beban utang seperti kartu kredit atau pinjaman perorangan. Meskipun konsekuensinya dana THR Anda jadi berkurang namun dengan membayar utang akan meringankan kondisi keuangan Anda di masa depan.

3. Investasi

Lewat dana THR Anda juga bisa memulai atau mengembangkan investasi yang sudah dimiliki. Namun pastikan bahwa kondisi keuangan Anda sudah cukup aman dan juga tidak memiliki beban kewajiban atau utang lainnya. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih seperti investasi emas, deposito, atau reksadana. Investasi ini bisa dimulai dari uang ratusan ribu saja.

4. THR untuk Pekerja di Rumah

Apabila ada beberapa orang yang bekerja di rumah, saat menerima THR Anda bisa langsung memisahkannya ke dalam beberapa amplop terpisah sebagai THR untuk mereka. Cara ini akan menghindarkan Anda dari mengalokasi dana THR secara mendadak. Tidak hanya dalam bentuk uang, Anda juga bisa memberikan bingkisan yang berkesan untuk mereka.

5. Renovasi Rumah

Sisihkan sebagian uang THR untuk biaya renovasi rumah atau apapun yang bisa membuat rumah Anda tampak lebih cantik. Buat perencanaan terlebih dahulu seperti bagian rumah mana yang akan direnovasi, dicat, atau perabotan apa yang akan diganti. Perkirakan berapa biaya yang dibutuhkan. Sebaiknya susun prioritas, pastikan Anda tidak menggunakan seluruh dana THR.

6. Akomodasi dan Konsumsi Selama Hari Raya

Bagi Anda yang mudik bersama keluarga, sisihkan dana ini untuk biaya akomodasi dan konsumsi selama perjalanan hari raya. Lebaran biasanya diikuti dengan libur panjang yang jadinya dimanfaatkan untuk menjadi ajang rekreasi. Agar tidak menjadi konsumtif, sebaiknya rencanakan perjalanan serta anggarannya terlebih dahulu termasuk biaya makan dan oleh-oleh.

7. Kewajiban yang Bersifat Tahunan

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan THR untuk membereskan kewajiban yang bersifat tahunan seperti premi asuransi, perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan juga Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Jika tanggal pembagian THR belum mendekati jatuh tempo kewajiban tersebut, Anda bisa menyisihkannya di tabungan terpisah.

Atau jika belum punya rumah, Anda bisa memanfaatkan dana THR ini sebagai uang muka atau DP rumah. Dan untuk pilihan rumah dengan DP ringan yang harganya mulai dari Rp300 jutaan, simak puluhan pilihannya di sini!

Memaksimalkan uang THR

Kirana Green Valley hadir dengan desain modern minimalis yang impresif. Promo DP 15 juta (all in + isi rumah), free biaya surat-surat, BPHTB dan biaya proses.

Foto: Freepik

Mita Agustina

https://id2-cdn.pgimgs.com/cms/news/2017/06/Amplop-THR.original.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

kontraktor kaca dan aluminium composite panel
Bisnis
Spesialis Kontraktor Aluminium Composite Panel Gedung

Fasad & Dinding Tirai dari Aluminium Composite Panel Ringan dan kaca stopol. Spesialis kontraktor kaca dan aluminium composite panel dan juga kaca oleh PT Partindo. Akreditasi jaminan tertutup pasti akan diberikan untuk proyek yang membutuhkan berdasarkan panel serta persyaratan naungan yang memanfaatkan ditambah masalah lingkungan. Aplikasi Alcopan tidak terbatas pada …

daftar harga beton cor ready mix
Bisnis
Harga Beton Cor Readymix Per M3 untuk Wilayah Jakarta

Biaya Beton Semua Set Mix – Jayamix Per M3 Cor K225 Oktober 2017. daftar harga beton cor ready mix tidak terdiri dari jaringan uang tunai, jika lebih besar dari 10 pipeline. Dengan menyewakan pompa berdasarkan tuntutan waktu pemakaiannya bisa mencegah bahaya peralatan menganggur namun tetap perlu membayar uang sewa. Biaya …

Bisnis
Promo Jam Tangan Guess Kw Super Murah

Selamat Datang di jam tangan guess kw super murah – Perbandingan Harga Nomor Situs di Indonesia. Berbeda dengan produk replika yang tidak biasa menemukan cara menulis logo atau merek yang berbeda di beberapa bagian. Untuk informasi lebih lanjut, Kualitas bahan yang tercantum dalam deskripsi pengiklan asli dengan tampilan analog yang …