7 Trik Mengatur Uang Saat Berbisnis

Bisnis

[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta – Setiap bisnis yang dijalankan tentunya membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik dan bijak agar bisa berkembang menjadi besar. Selain itu pengaturan keuangan yang baik tentunya dapat membantu usaha Anda mendapatkan keuntungan yang besar.

Namun ternyata masih banyak sekali pengusaha yang belum mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan yang baik untuk usaha yang dijalankan.

Berikut ini ada beberapa cara mengelola keuangan usaha yang bijak yang dapat dipelajari untuk mengatur keuangan bisnis seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Mengetahui Jenis-jenis Pengeluaran Usaha

Dalam sebuah bisnis, tentunya banyak sekali pengeluaran-pengeluaran yang ditemui nantinya. Sebagai seorang pengusaha, tentunya Anda harus mengetahui dengan jelas apa saja yang menjadi kebutuhan serta keinginan bisnis Anda.

Setidaknya terdapat lima jenis pengeluaran bisnis yang perlu diperhatikan:

a. Pengeluaran usaha yang mendesak dan memiliki kebutuhan penting, misalnya saja kebutuhan-kebutuhan primer seperti bahan baku, biaya tempat usaha, gaji karyawan, dan biaya-biaya pengeluaran lainnya yang memang dapat mendukung produksi dari usaha yang dilakukan.

Kebutuhan ini sangat vital karena berkaitan dengan aktivitas bisnis Anda. Tentunya kebutuhan ini harus didahulukan dibanding lainnya.

b. Pengeluaran yang mendesak tapi kurang begitu penting, kebutuhan ini seperti tambahan modal. Meskipun memiliki tujuan yang baik, namun ketika kondisi bisnis belum stabil akan lebih baik jika menghindari pengeluaran tersebut.

c. Pengeluaran yang penting tapi tidak mendesak, hal ini seperti program asuransi. Meskipun penting, namun  bisnis Anda belum terlalu membutuhkannya. Sehingga akan lebih baik jika uang yang ada digunakan untuk kepentingan yang penting terlebih dahulu.

2. Memisahkan Uang Pribadi dan Uang Usaha

Hal penting yang perlu dilakukan adalah dengan memisahkan antara rekening pribadi dan rekening bisnis. Cara ini penting dilakukan agar uang Anda terpakai sebagaimana mesti tujuannya. Banyak sekali pengusaha yang tidak bisa memisahkan antara uang pribadi dengan uang usaha.

Anda bisa mengatasinya dengan membuat dua rekening yang ditujukan untuk usaha dan pribadi. Dengan memisahkan uang pribadi dan uang usaha, tentunya Anda lebih dapat mengukur perkembangan bisnis yang dijalankan.

Catatan Keuangan

3. Buat Catatan Keuangan

Cobalah untuk membuat catatan keuangan mulai dari kas masuk hingga kas keluar. Dengan adanya catatan keuangan ini dapat membantu untuk mengetahui kondisi keuangan serta dapat membuat Anda mengantisipasi terjadinya minus pada keuangan bisnis. Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan nilai kerugian serta keuntungan yang bisnis dimiliki.

4. Pisahkan Antara Akunting Dengan Kasir

Meskipun keuangan dipegang oleh bagian kasir, namun setidaknya jangan menyuruh bagian kasir untuk membuat laporan keuangan. Hal ini berisiko besar untuk membuat manipulasi yang tentunya merugikan bisnis Anda.

Untuk itu akan lebih baik jika Anda memisahkan bagian akunting dengan kasir agar menghindari terjadinya manipulasi laporan keuangan.

5. Hindari Uang Menginap di Karyawan

Hindari kondisi uang bisnis Anda menginap di karyawan. Hal ini tentunya berisiko besar uang tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi.

Cek Stok Barang

6. Rutin Melakukan Cek Stok Barang

Lakukan cek rutin stok barang-barang Anda untuk mengetahui kondisi barang yang masuk dan keluar. Lalu cocokkan kondisi barang yang real dengan catatan Anda sehingga nantinya tidak ada  perbedaan diantara keduanya.

7. Jangan Lupa Investasi atau Menabung

Investasi dan menabung tentunya perlu mulai dipikirkan oleh para pelaku bisnis usaha. Namun tentunya hal ini dapat dilakukan ketika semua kebutuhan penting telah tercukupi.

Anda bisa menyisihkan dari beberapa bagian keuntungan untuk digunakan investasi atau tabungan yang nantinya dapat membantu perkembangan bisnis usaha yang dijalankan.

Kelola Keuangan Dengan Bijak Untuk Kelancaran Bisnis Usaha

Kunci sukses dari setiap bisnis yang dijalankan adalah jika pelaku usaha mampu mengelola keuangan bisnis nya dengan bijak. Dengan pengelolaan keuangan yang tepat tentunya akan membuat roda bisnis terus berputar sehingga keuntungan yang didapatkan akan maksimal.

Berhati-hatilah setiap mengambil tindakan dalam bisnis Anda, pikirkan terlebih dahulu keuntungan dan kerugian yang didapat sebelum melakukan tindakan tersebut.

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/1335588/big/083524300_1472816345-karyawan.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …