76 Persen Perusahaan Indonesia Optimis MEA Tumbuhkan Bisnis

Bisnis

[ad_1]

JAKARTA, KOMPAS.com – Pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) diyakini bakal memberikan berkah pertumbuhan bisnis bagi perusahaan Indonesia. Hal ini berdasarkan studi bertajuk Asian Enterprise Survey yang dilakukan United Overseas Bank (UOB).

Dalam studi itu, terungkap bahwa 76 persen perusahaan Indonesia optimis MEA akan membantu pertumbuhan bisnis mereka seiring terbukanya berbagai peluang perluasan bisnis di wilayah Asia Tenggara.

Optimisme perusahaan Indonesia terhadap MEA tersebut berada di urutan kedua setelah perusahaan Thailand yang menunjukkan tingkat optimisme 83 persen.

Perusahaan-perusahaan Indonesia juga memandang MEA sebagai jawaban dari tantangan pertumbuhan bisnis yang utama, yaitu meningkatnya biaya operasional.

Sebanyak 52 persen responden menyebutkan meningkatnya biaya merupakan tantangan utama dalam pertumbuhan bisnis di Indonesia. Hampir setengah dari seluruh responden Indonesia mengatakan mereka berharap akan dapat membeli berbagai produk dan layanan dengan harga yang lebih kompetitif melalui hadirnya MEA.

Mereka juga mengatakan, MEA akan memberikan manfaat berupa akses ke investor dan modal yang lebih besar, serta kemudahan memperoleh tenaga kerja terampil.

Frederikus Weoseke, Head of Global Markets PT Bank UOB Indonesia mengatakan, perusahaan-perusahaan Indonesia siap meraih berbagai peluang dan manfaat yang tercipta dari lahirnya inisiatif regional, seperti MEA.

“Hasil survei kami menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan Indonesia sangat optimis terhadap prospek pertumbuhan bisnis di kawasan Asia,” kata Frederikus dalam laporan resmi, Rabu (21/6/2017).

Ia menuturkan, perusahaan-perusahaan Indonesia telah menikmati kinerja keuangan yang kuat dalam tiga tahun terakhir ini. Perusahaan-perusahaan itu pun berharap untuk dapat mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan hubungan antar negara melalui MEA.

“Rasa optimis mereka juga didukung oleh inisiatif reformasi ekonomi dan investasi dalam bidang infrastruktur yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang telah dilakukan oleh pemerintah,” ujar Frederikus.

Survei dilakukan oleh UOB pada Mei dan Juni 2016 terhadap 2.500 perusahaan dari China, Hong Kong, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Tujuannya adalah untuk melihat bagaimana perusahaan-perusahaan Asia, termasuk Indonesia, meraih berbagai peluang bisnis di tengah-tengah tren ekonomi global dan regional, serta arus perdagangan.

http://assets.kompas.com/crop/0x0:780×390/780×390/filters:watermark(data/photo/2017/05/29/38327633201.png,0,-0,1)/data/photo/2015/11/24/0141534trade780x390.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …