Agar Bisnis Memiliki Ciri Khas yang Menarik, Sapa Konsumen dengan Panggilan Khas : Okezone Ekonomi


JAKARTA – Setiap bisnis usaha tentunya memiliki ciri khas masing masing. Hal ini sangat penting untuk ada di dalam sebuah bisnis karena menjadi hal yang mendukung kelancaran bisnis yang dijalankan. Ciri khas bisnis ini akan sangat berkaitan dengan persaingan usaha di pasaran. Dengan adanya ciri khas, tentunya membuat nilai lebih pada usaha Anda dan nantinya akan membedakan bisnis Anda dengan pesaing.

Untuk membuat ciri khas yang berbeda tentu bukanlah hal yang mudah, namun lebih sulit lagi untuk mempertahankan ciri khas bisnis yang dijalankan seiring dengan berjalannya waktu. Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk tetap mempertahankan ciri khas bisnis Anda sehingga nantinya bisnis tetap berjalan lancar.

1. Menentukan Identitas Warna

Sadari atau tidak, Faktor warna menjadi salah satu unsur psikologis yang akan menarik minat konsumen. Tentunya, setiap warna memiliki unsur psikologisnya masing-masing. Bahkan, beberapa diantara Anda pernah bereksperimen untuk mengetahui pentingnya unsur warna dalam sebuah produk. Sebagian besar jawabannya pasti banyak yang menyatakan jika warna akan berpengaruh terhadap bisnis yang dijalankan. Sehingga, akan sangat penting untuk menentukan identitas warna yang pas sesuai dengan produk Anda yang nantinya menjadi identitas dari bisnis yang dijalankan.

2. Sapa Konsumen dengan Panggilan Khas

Cara lainnya untuk mempertahankan identitas dari bisnis Anda adalah dengan panggilan-panggilan unik yang diberikan kepada konsumen. Cara ini memang banyak dilakukan pelaku bisnis saat ini untuk menyapa pelanggan atau calon konsumen. Panggilan-panggilan khas ini akan membuat konsumen tertarik untuk datang ke tempat Anda. Banyak panggilan unik yang bisa digunakan, Anda bisa menggunakan nama-nama unik yang sesuai dengan produk yang dijual.

Dengan memberikan panggilan unik ini, konsumen yang datang akan merasa lebih santai dan tidak kaku kepada Anda. Namun, untuk pemilihan nama panggilan ini, tentunya Anda harus berhati-hati. Jangan sampai nantinya memberikan kesan yang menyinggung hati konsumen.

3. Mengenalkan Produk lewat Media Sosial

Saat ini media sosial memang dapat digunakan sebagai media promosi yang akan memperkenalkan bisnis Anda ke pasar. Namun, saat menyajikan konten-konten mengenai bisnis di media online, tentu saja harus mempertimbangkan kualitas penyajian dari jasa atau produk yang ditawarkan. Untuk mendapat kualitas yang baik dalam penyajian produk, tentu saja Anda harus mengetahui dengan jelas siapa target pasar. Selain itu, pastikan jika penyajian dari produk tersebut lebih bersifat universal.

4. Sesekali Berikan Gift untuk Konsumen

Sebagian besar dari pelaku bisnis, tentunya memikirkan bagaimana untung dan rugi dari bisnis yang dijalankan. Hal ini sebenarnya bukanlah hal yang salah, tapi akan lebih baik lagi jika Anda juga memikirkan mengenai konsumen-konsumen Anda yang loyal. Mendapatkan konsumen yang loyal, tentu akan sangat menguntungkan. Hal ini akan sangat memengaruhi perjalanan bisnis Anda ke depannya. Untuk itu, agar membuat pelanggan semakin senang berbisnis dengan Anda, coba berikan gift gratis. Hal-hal sederhana semacam ini akan membuat hubungan yang semakin erat antara Anda dengan pelanggan.

5. Hindari Mencontek Gaya Bisnis dari Kompetitor

Dalam membuka bisnis, tentu Anda harus berhati hati apalagi jika bidang bisnis yang dijalankan cukup tren saat itu. Akan lebih baik jika Anda membuka bisnis yang lebih ikonik dan tidak sama dengan lainnya. Meskipun nantinya ada saja orang lain yang mengikuti bisnis, namun konsumen jelas akan mengetahui bisnis mana yang lebih berkualitas. Mana yang menjadi founder dan mana yang hanya mengikuti saja.

Tetap Yakin Meskipun Berbeda

Apapun bidang bisnis yang dijalani, pastikan jika hal tersebut benar-benar original dan tidak meniru orang lain. Meskipun hal tersebut berbeda, tapi Anda jangan takut dan tetaplah percaya diri. Yang terpenting adalah memahami bisnis yang dijalankan serta memiliki rencana bisnis yang matang untuk ke depannya. Sehingga, nantinya bisnis Anda tetap berjalan lancar, meskipun banyak bisnis lainnya yang menjadi saingan.

https://img.okezone.com//content/2017/09/14/320/1775938/agar-bisnis-memiliki-ciri-khas-yang-menarik-sapa-konsumen-dengan-panggilan-khas-RoyuGj2ESt.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments