ANTM Suntik ICA US$34,55 Juta

Bisnis

[ad_1]

CEO PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. Arie Prabowo Ariotedjo – Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. (ANTM) menyuntik modal ke PT Indonesia Chemical Alumina sebanyak US$34,55 juta, agar anak perusahaan patungan tersebut mampu menyelesaikan kewajiban terhadap krediturnya.

Corporate Secretary ANTM Aprilandi H. Setia mengungkapkan perseroan memberikan dukungan finansial berdasarkan keputusan direksi perseroan selaku pemegang saham PT Indonesia Chemical Alumina (ICA) senilai US$34,54 juta.

Pemberian dukungan finansial tersebut, lanjutnya, dilakukan dalam rangka pelaksanaan fungsi perseroan selaku penjamin atas kewajiban ICA ke pihak krediturnya. Sesuai kesepakatan antara perseroan dan Showa Denko K.K. (SDK) terkait perusahaan patungan dan berdasarkan perjanjian penjaminan antara perseroan, SDK dengan pihak kreditur.

Perseroan dan SDK selaku pemegang saham ICA wajib mendukung anak perusahaan patungan untuk memenuhi kewajibannya. ICA masih membutuhkan dukungan dari pemegang saham dalam pemenuhan kewajiban pembayaran cicilan pokok dan bunga kepada pihak kreditur ICA maupun pemenuhan financial covenant ke pihak kreditur.

“Pemberian dukungan finansial ke ICA merupakan tanggung jawab perseroan selaku pemegang saham untuk membantu ketersediaan kas ICA untuk memenuhi kewajiban ICA ke JBIC dan bank komersial,” katanya dalam keterbukaan informasi, akhir pekan lalu.

Menurutnya, apabila perseroan tidak memberikan dukungan finansial ke ICA maka ICA menjadi wanprestasi karena tidak memenuhi kewajibannya membayar pinjaman jatuh tempo ke JBIC dan bank komersial sesuai yang tertera dalam common terms agreement (CTA).

ICA memiliki pabrik chemical grade alumina (CGA) dengan kapasitas 300.000 ton per tahun di Tayan Kalimantan Barat. Target pasar produk CGA yaitu paar ekspor dan pasar domestik di Indonesia. ICA memperoleh izin usaha pertambangan khusus (IUPK) Operasi Produksi dari Bupati Sanggau pada 4 Januari 2010 yang berlaku sampai dengan 4 Januari 2030.

Anak perusahaan patungan tersebut memproduksi produk chemical dalam bentuk aluminium hydroxide yang digunakan dalam industri alumunium. Aluminium hydroxyde merupakan produk antara yang digunakan untuk pemurnian air, sedangkan produk alumina digunakan dalam komponen elektronik dan supporting material lainnya termasuk produk deterjen, semen, abrasive, keramik, integrated circuit (IC) dan layar LCD.

http://img.bisnis.com/thumb/posts////694701/arie-antam.jpg?w=600&h=315

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Ripcurl Kaos Distro Glory Tees Abu Hitam

Ada perkataan populer, kejarlah ilmu sampai ke Negeri China. Version kaos raglan polos ini memang sedang booming, biasa dipakai oleh anak muda untuk santai dan cling out, menggunakan bahan cotton. Memang tak dicekal jika toko baju membandrol pakaian ini dengan harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis pakaian lainnya, …

Bisnis
Contoh Template Desain Kaos Baju Dan Desain T

Produk fashion distro (distributor outlet) merupakan yang paling banyak digandrungi anak muda. Karena selalu dijadikan sebagai grosir kaos distro murah 20 ribuan dengan harga murah dan berkualitas. Kualitas dari pesan kaos distro murah online di Bandung bukan hanya bisa dilihat dari bahannya, tetapi juga dari hasil sablonan untuk desain desain …

Bisnis
Kaos Distro Bert RVCALOHA Ukuran S,M,L,XL,2XL

Adalah toko online yang khusus jual kaos polos yang memberikan kemudahan belanja kaos polos bagi setiap pemilik usaha sablon, retail, organisasi, perkumpulan, dan masih banyak lainnya yang memerlukan kaos polos murah. Bahkan risiko penipuan juga dapat terjadi saat Anda tergiur pada online shop yang menawarkan harga lebih murah. Pakaian muslim …