ANTM Suntik ICA US$34,55 Juta

Bisnis

[ad_1]

CEO PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. Arie Prabowo Ariotedjo – Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. (ANTM) menyuntik modal ke PT Indonesia Chemical Alumina sebanyak US$34,55 juta, agar anak perusahaan patungan tersebut mampu menyelesaikan kewajiban terhadap krediturnya.

Corporate Secretary ANTM Aprilandi H. Setia mengungkapkan perseroan memberikan dukungan finansial berdasarkan keputusan direksi perseroan selaku pemegang saham PT Indonesia Chemical Alumina (ICA) senilai US$34,54 juta.

Pemberian dukungan finansial tersebut, lanjutnya, dilakukan dalam rangka pelaksanaan fungsi perseroan selaku penjamin atas kewajiban ICA ke pihak krediturnya. Sesuai kesepakatan antara perseroan dan Showa Denko K.K. (SDK) terkait perusahaan patungan dan berdasarkan perjanjian penjaminan antara perseroan, SDK dengan pihak kreditur.

Perseroan dan SDK selaku pemegang saham ICA wajib mendukung anak perusahaan patungan untuk memenuhi kewajibannya. ICA masih membutuhkan dukungan dari pemegang saham dalam pemenuhan kewajiban pembayaran cicilan pokok dan bunga kepada pihak kreditur ICA maupun pemenuhan financial covenant ke pihak kreditur.

“Pemberian dukungan finansial ke ICA merupakan tanggung jawab perseroan selaku pemegang saham untuk membantu ketersediaan kas ICA untuk memenuhi kewajiban ICA ke JBIC dan bank komersial,” katanya dalam keterbukaan informasi, akhir pekan lalu.

Menurutnya, apabila perseroan tidak memberikan dukungan finansial ke ICA maka ICA menjadi wanprestasi karena tidak memenuhi kewajibannya membayar pinjaman jatuh tempo ke JBIC dan bank komersial sesuai yang tertera dalam common terms agreement (CTA).

ICA memiliki pabrik chemical grade alumina (CGA) dengan kapasitas 300.000 ton per tahun di Tayan Kalimantan Barat. Target pasar produk CGA yaitu paar ekspor dan pasar domestik di Indonesia. ICA memperoleh izin usaha pertambangan khusus (IUPK) Operasi Produksi dari Bupati Sanggau pada 4 Januari 2010 yang berlaku sampai dengan 4 Januari 2030.

Anak perusahaan patungan tersebut memproduksi produk chemical dalam bentuk aluminium hydroxide yang digunakan dalam industri alumunium. Aluminium hydroxyde merupakan produk antara yang digunakan untuk pemurnian air, sedangkan produk alumina digunakan dalam komponen elektronik dan supporting material lainnya termasuk produk deterjen, semen, abrasive, keramik, integrated circuit (IC) dan layar LCD.

http://img.bisnis.com/thumb/posts////694701/arie-antam.jpg?w=600&h=315

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Kredit Wuling Jogja Termurah dan Banyak Bonus

Menggabungkan kelas pelatihan penjualan otomotif ini gratis untuk kredit wuling jogja mempromosikan profesionalisme melalui pendidikan. Pearson Toyota ingin membantu Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik pembiayaan dan sewa mobil tersedia. Selain itu, mobil sewa kami serta kendaraan bekas lain termasuk perusahaan sertifikat, 12/12 terbatas Powertrain garansi dan 12-bulan Unlimited Roadside Assistance …

Bisnis
Harga Cetak Kalender 2018 Termurah

harga cetak kalender 2018 ialah peranti penjualan yang luar biasa serta ekonomis, serta aturan sempurna buat membenarkan kalau merk kamu konsisten di depan klien kamu sepanjang tahun. tiap laman bulanan didesain buat pencetakan pada kertas skala warkat, tolak ukur. memakai percetakan ekonomis almanak buat bidang usaha almanak membikin amplop besar …

Bisnis
Gabung Grab, Jangkauan Bisnis Kudo Bakal Menggurita

[ad_1] Jakarta, CNN Indonesia — Setelah akuisisi oleh Grab rampung, Kudo menyebut skala bisnisnya berkembang pesat. Peran pengemudi Grab yang begitu banyak jadi salah satu alasan jangkauan Kudo lebih ‘menggurita’. CEO Kudo Albert Lucius menggambarkan perbedaan segmen pasar dengan Grab memperluas cengkeraman Kudo. Grab yang lebih terpusat di kota-kota primer …