Apa Itu Investasi? Adakah Peluang Untuk Yang Muda? : Reksadana

Investasi

Duitkita.net– Hidup itu selalu penuh dengan ini dan itu. Bayangkan bagaimana kalau hidup kita hanya monoton saja. Padahal kebutuhan selalu bertambah setiap saat. Sudah bukan menjadi tanggung jawab orang tua lagi, tetapi untuk para kawula muda harus paham betul tentang apa itu kebutuhan. Kebutuhan akan menyangkut dengan keuangan pastinya. Ya uang, uang, dan uang. Dengan uang kita bisa mencukupi kebutuhan. Para kawula muda yang harus paham tentang keuangan. Reksadana adalah salah satu jawaban yang sederhana untuk melatih para kawula muda dalam berbisnis dengan investasi.

 

Pengertian Reksadana

Reksadana merupakan sebuah empat atau wadah untuk menaungi para investor. Cara menaunginya adalah dengan memberikan vasilitas bagi para investor untuk menanam dana investasi. Di dalam Reksadana ini, akan dilakukan pengelolaan keuangan dengan membelanjakan modal ke dalam investasi yang bisa berupa saham atau investasi surat-surat berharga.

Reksa dana adalah

Pengetahuan tentang keuangan sudah kita pelajari sejak duduk di bangku sekolah. Dalam pelajaran Ekonomi khususya. Terkait dengan keuangan dan kegiatan ekonomi, Reksadana memberikan wadah bagi para pemilik dana yang ingin menjadikan hartanya lebih bermanfaat di masa depan.

Beberapa hal yang bisa dijabarkan tentang pengertian Reksadana yang terdapat dalam amanat Undang-Undang Pasar Modal No.8 Tahun 1995 pasal 1 ayat 27. Diantaranya adalah :

  1. Sebagai tempat dimana para investor dan dana bernaung di dalam sebuah perusahaan. Keduanya berdampingan secara sinergis. Didalamnya akan dipelajari bagaimana cara menjadi seorang investor ulung.
  2. Sebagai wadah investasi yang berorientasi pada efek. Maksudnya adalah benar-benar memikirkan dengan matang tentang efek atau perubahan yang dilakukan sebagai hasil dari proses. Instrument investasi adalah alat yang menjadi sangat penting dalam menciptakan efek di masa depan.
  3. Adalah adanya tanggungjawab seorang Manajer Investasi. Manajer Investasi akan bertangungjawab dalam memfasilitasi proses pengelolaan dana investasi.
  4. Adalah Sebuah instrumen investasi untuk jangka menengah dan untuk jangka panjang. Pengertian yang satu ini berhubungan dengan  istilah sebelumnya yang merujuk pada orientasi pada efek. Ini berarti bahwa keuntungan yang diperoleh akan berlanjut pada masa yang akan datang.

Reksadana ini adalah sangat penting untuk kita ketahui karena wadah ini memberikan dampak positif bagi keuangan kita di masa depan. Terutama bagi para pengusaha muda yang tidak perlu khawatir untuk menyimpan laba atau bingung untuk menyimpan dana. Berinvestasilah bersama wadah ini.

Wadah ini juga bekerjasama dengan bank-bank tertentu yang berperan sebagai bank agen. Bank-bank itu adalah sebagai penyimpan dana.

 

Karakteristik

1. Reksadana Tertutup

Karakteristik yang ini mengharuskan dana investasi wajib dijual lewat bursa efek. Karena MI (Manajer Investasi) tidak bisa membelinya kembali. Sehingga investor harus cerdas untuk menjual sahamnya di Bursa efek. Tipe ini akan memberikan kemandirian tersendiri bagi para investor muda yang sedang belajar.

2. Reksadana  Terbuka

Karakteristik ini lebih bebas, karena dana yang ditanam bisa dibeli lagi oleh MI. Sehingga investor tidak perlu khawatir tentang dana investasinya.

 

Jenis-jenis

1. Reksadana Saham

Seorang investor dikatakan mengikuti jenis ini ketika si investor menanam dana sebesar 80% dari portofolio yang diikuti. Tentunya dengan resiko yang sangat besar karena bisa jadi sahamnya tidak gol dan dapat menyedot setengah dari modal awal. Namun, jika berhasil, bukan tidak mungkin jika keuntungannya sangat besar.

2. Campuran

Jenis ini merupakan gabungan dari saham dan pendapatan tetap. Sehingga hasilnya tidak lebih dari saham dan tidak kurang dari pendapatan tetap.

3. Pendapatan Tetap

Jenis ini juga masih berhubungan dengan dana yang ditanam di portofolio investasi yang diikuti. Namun investor masih menggunakan dana yang bersifat hutang. Dari segi hasilnya masih tetap tinggi namun masih harus terbebani dengan hutang pada awal menanam dana.

4. Pasar Uang

Jenis ini berhubungan dengan dana yang ditanam sebesar 100% dari pasar uang. Dari segi keuntungannya pun lumayan tetapi tidak melebihi dari saham.

5. Index

Jenis ini berhubungan dengan naik turunnya index. Index itu sendiri adalah sebagai penentu dari besar kecilnya keuntungan yang akan didapat.

Berdasarkan pengertian-pengertian itu, bisa kita simpulkan bahwa Reksadana adalah sebuah wadah yang dikhususkan bagi para pemilik dana agar menginvestasikan dananya dalam bentuk saham atau surat-surat berharga, dimana wadah ini diketuai oleh seorang manajer investasi yang akan memberikan pengarahan dan bertanggungjawab atas kegiatan investasi. Dengan banyaknya manfaat yang didapat, kita bisa berinvestasi sekaligus belajar dengan praktik langsung.

 

 

Investasi
Investasi Emas Melalui Komunitas, Bonus Silaturahmi

  TEMPO.CO, Bandung – Dua tahun lalu, Dewi Intan, 43 tahun, menerima ajakan sahabatnya, Santy Sriharyati, untuk mengikuti arisan emas. Niatnya sederhana: membayar uang masuk sekolah anak-anaknya. “Saya sudah ikut arisan emas yang kesembilan. Sekarang saya lebih ke menyimpan dana,” kata Intan ketika ditemui di Restoran Centropunto, Bandung. Intan menuturkan …

Investasi
Investasi Emas Kian Dilirik | Kaltim Post

[ad_1] PROKAL.CO, align=”left”>BALIKPAPAN –  Meningkatnya pemahaman masyarakat atas investasi emas, turut mendorong kinerja PT Pegadaian (Persero) Kanwil Balikpapan. Logam mulia ini pun menjadi salah satu fokus bisnis mereka tahun ini. Deputi Pemimpin PT Pegadaian Kanwil Balikpapan Firman Alghazali mengungkapkan, pihaknya akan berupaya meningkatkan saldo nasabah dalam produk Tabungan Emas. Berbeda …

Investasi
Terjang Inflasi dan Kokohkan Tabungan dengan Cara Ini : Okezone Ekonomi

[ad_1] INFLASI adalah suatu perubahan pada harga yang dipengaruhi oleh mekanisme pasar. Inflasi tidak akan mengurangi jumlah uang yang anda miliki, inflasi hanya akan memengaruhi nilai uang saja. Contohnya jika pada tahun 2005, uang Rp100 ribu mampu membeli 10 kg beras, pada tahun 2016, uang Rp100 ribu …