Apa Itu Reksa Dana Berupa Cara Investasi Mudah dan Banyak Pilihan?

Investasi

Duitkita.net – Pertanyaan yang kerap muncul para calon investor diantaranya adalah informasi terkait Reksa Dana dan bagaimana cara investasinya? Hal ini dipertanyakan karena tidak sedikit orang tertarik berinvestasi tetapi belum mengetahui cara untuk membelinya.

Berdasarkan hal tersebut anda dapat menjatuhkan pilihan-pilihan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda. Supaya anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang potensi yang cukup besar untuk meraup keuntungan dari investasi ini anda bisa membaca informasi selengkapnya di bawah ini.

 

Pentingnya Mengetahui Apa Itu Reksa Dana?

Walaupun investasi ini merupakan instrument yang mampu menghadirkan keuntungan yang cukup fantastik dan fleksibilitas dalam hal investasi. Tetapi hal tersebut masih diliputi rendahnya penetrasi masyarakat kelas menengah yang tidak sampai 10%. Hal ini berdasarkan survey yang dilakukan oleh majalah Ibukota.

apa itu reksa dana

Penetrasi yang rendah tersebut kemungkinan besar mereka belum terlalu paham dengan keuntungan, cara menjual maupun cara membeli investasi yang begitu membawa hoki tersebut. Oleh sebab itu, kita harus mengenal investasi ini supaya bisa mengambil keputusan untuk segera membelinya.

 

Apa Itu Reksa Dana Dengan Berbagai Pilihan Cara Investasinya?

Tidak sedikit lembaga keuangan yang menjajakan produk investasi Reksa Dana. Keuntungan membeli produk dari masing-masing penjual investasi bisa anda baca selengkapnya melalui informasi berikut.

  1. Asuransi Unit-Link

Membeli sekalian berinvestasi bisa didapat dari unit-link yang dilakukan melalui instrument investasi menguntungkan ini. Pembelian dilaksanakan lewat agen asuransi seperti AXA Mandiri dan Asuransi Prudential sebagai contoh agen asuransi terbesar. Untuk prosesnya anda bisa membayar pada satu tempat yakni perusahaan asuransi yang akan membagi pembayaran antara investasi dan premi (proteksi) yang menjadi satu paket.

Kekurangan unit-link ialah biayanya yang tidak sedikit. Sebab pihak asuransi akan men-charge biaya tambahan atas pembelian investasi. Biaya investasi anda akan dipotong dari ongkos investasi yang dibayarkan melalui pihak asuransi selain biaya pengelolaan portfolio yang dibayarkan ke pihak MI.

 

  1. Bank Agen Penjual

Anda bisa membeli jenis investasi ini pada bank yang telah mengantongi izin sebagai agen penjual. Kelebihan membeli investasi dari bank agen penjual diantaranya anda akan memperoleh pilihan yang cukup banyak dari beragam MI diantaranya: bank yang melayani pembelian Reksa Dana hingga 40 jenis layaknya supermarket anda bisa memilih sesuai keinginan anda.

Selain hal tersebut, proses dan pelayanannya one-stop service sehingga anda hanya tinggal membuka rekening di bank terkait kamudian penjualan dan pembelian bisa dilakukan melalui rekening tersebut. Anda tidak harus repot-repot melengkapi dan mengirim bukti transfer dan formulir pembelian layaknya MI karena seluruhnya diselesaikan melalui satu pintu yakni customer service pada bank yang bersangkutan.

Kekurangan membeli investasi melalui bank adalah minimal investasi yang lebih tinggi daripada lewat MI. Aturan minimal investasi  antar bank ini cukup bervariasi ada yang minimal Rp 500 ribu bahkan Rp 20 juta perinvestasinya.

 

  1. Manajer Investasi (MI)

Manajer Investasi merupakan lembaga yang mengatur Reksa Dana dan pihak yang bisa anda hubungi ketika ingin membeli atau membutuhkan informasi lebih lanjut terkait jenis investasi ini.

Tidak sedikit MI mempunyai website yang cukup informatif misalnya: BNP Paribas, Schrolders Indonesia, Manulife Asset Management dan Mandiri Investasi.

Dengan membeli investasi melalui MI anda bisa memperoleh keuntungan diantaranya memiliki jumlah investasi yang kecil dari pada lembaga lainnya. Anda bisa berinvestasi mulai dari jumlah yang kecil yakni Rp 200 ribu.

Tetapi ketika anda membeli investasi melalui MI maka pilihannya hanya terbatas pada jenis investasi yang dikelolanya. Disamping hal tersebut, prosesnya tidak one-stop dan lebih panjang. Anda wajib melengkapi formulir pembelian, transfer sejumlah uang yang dimaksud dan mengirimkan dikumen tersebut ke Manajer Investasi.

 

Kini pertanyaan anda tentang apa itu Reksa Dana telah terjawab bukan? Jika mereka bisa memiliki pengelolaan keuangan yang sukses dengan investasi ini mengapa anda tidak?

 

 

Investasi
Investasi Emas Melalui Komunitas, Bonus Silaturahmi

  TEMPO.CO, Bandung – Dua tahun lalu, Dewi Intan, 43 tahun, menerima ajakan sahabatnya, Santy Sriharyati, untuk mengikuti arisan emas. Niatnya sederhana: membayar uang masuk sekolah anak-anaknya. “Saya sudah ikut arisan emas yang kesembilan. Sekarang saya lebih ke menyimpan dana,” kata Intan ketika ditemui di Restoran Centropunto, Bandung. Intan menuturkan …

Investasi
Investasi Emas Kian Dilirik | Kaltim Post

[ad_1] PROKAL.CO, align=”left”>BALIKPAPAN –  Meningkatnya pemahaman masyarakat atas investasi emas, turut mendorong kinerja PT Pegadaian (Persero) Kanwil Balikpapan. Logam mulia ini pun menjadi salah satu fokus bisnis mereka tahun ini. Deputi Pemimpin PT Pegadaian Kanwil Balikpapan Firman Alghazali mengungkapkan, pihaknya akan berupaya meningkatkan saldo nasabah dalam produk Tabungan Emas. Berbeda …

Investasi
Terjang Inflasi dan Kokohkan Tabungan dengan Cara Ini : Okezone Ekonomi

[ad_1] INFLASI adalah suatu perubahan pada harga yang dipengaruhi oleh mekanisme pasar. Inflasi tidak akan mengurangi jumlah uang yang anda miliki, inflasi hanya akan memengaruhi nilai uang saja. Contohnya jika pada tahun 2005, uang Rp100 ribu mampu membeli 10 kg beras, pada tahun 2016, uang Rp100 ribu …