ASEAN: Tensi Politik Tak Pengaruhi Bisnis dan Pasar Asia Tenggara

Bisnis

[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta – Memperingati 50 tahun ASEAN dan 20 tahun ASEAN+3, MarkPlus, Inc berkolaborasi dengan Philip Kotler Center for ASEAN Marketing serta didukung oleh Sekretariat ASEAN, menggelar the 3rd ASEAN Marketing Summit (AMS) 2017. Acara tersebut diselenggarakan di Jakarta, 7 September 2017.

ASEAN+3 merupakan kerja sama antara negara anggota ASEAN dan tiga negara Asia Timur, yakni Jepang, China, dan Korea Selatan.

Perhelatan yang mengambil tajuk “ASEAN & Indonesia: New Opportunities from the East” itu mengundang dan mempertemukan pegiat dan asosiasi bisnis, marketing, industri, perusahaan, serta akademisi anggota ASEAN+3.

“Kami (sekretariat ASEAN) sangat mendukung acara ini, karena dapat memberikan kesempatan para peserta untuk menjalin relasi antara pegiat bisnis dan sektor pemerintah anggota ASEAN+3,” jelas Direktur Hubungan Komunitas dan Korporat Sekretariat ASEAN, Lee Yoong Yoong, Kamis (7/9/2017).

Sementara itu, Hermawan Kartajaya, pendiri Philip Kotler Center for ASEAN Marketing menjelaskan, acara tersebut, yang mempertemukan para pelaku usaha Asia Tenggara, diharapkan mampu semakin meningkatkan potensi ekonomi di kawasan yang kian waktu semakin berkembang.

“Asia Tenggara patut dipertimbangkan sebagai poros ekonomi baru. Saat ini ASEAN mewakili 6,2 persen PDB dunia. Pada 2016, total PDB negara anggota menempati peringkat enam terbesar,” jelas Hermawan.

“Kawasan Asia yang damai juga menguatkan Jepang, China, dan Korea Selatan, mitra +3 ASEAN, semakin memperkuat kemitraan dengan negara di Asia Tenggara,” tambahnya.

Direktur Hubungan Komunitas dan Korporat Sekretariat ASEAN, Lee Yoong Yoong (Rizki Akbar Hasan/Liputan6.com)

Hermawan melanjutkan, ASEAN sendiri memandang negara +3 sebagai sebuah mitra yang unik dan mumpuni.

“Jepang yang telah terkenal dengan kualitas produk dan industrinya, China dengan strategi ekspansi OBOR (One Belt, One Road)-nya, serta Korea Selatan dengan industri kreatifnya, seperti K-Pop.”

Selain itu, menurut Lee, AMS 2017 juga mampu memberikan kesempatan bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk berjejaring dengan rekan sejawat bisnis dari negara anggota ASEAN+3 yang telah “memiliki nama”.

“Dalam konteks ASEAN, sektor bisnis dan marketing didominasi oleh usaha kecil menengah, yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi bisnis di Asia Tenggara sekitar 90 persen. Mereka berpotensi menjadi sasaran investasi asing langsung dari negara +3 ASEAN,” jelas Lee.

“Dengan adanya acara ini, mampu memberikan kesempatan bagi pegiat UKM untuk bertemu dan berkolaborasi bersama dengan perusahaan serta investor besar ASEAN+3,” tambahnya.

Sejumlah pelaku bisnis dan industri yang hadir, antara lain Hyundai, Toyota, Honda, Auto 2000, Fujifilm, perbankan seperti BCA dan BNI, serta perusahaan berbasis daring dan kreatif, seperti Gojek Indonesia, JD.ID China, dan lainnya.

Sektor pemerintah diwakili oleh Kementerian BUMN RI, Kamar Dagang negara anggota ASEAN+3, serta staf diplomatik.

Terkait potensi Indonesia dalam pasar ASEAN+3, Lee menjelaskan, “Potensi Indonesia sangat besar. Sepertiga wilayah dan penduduk di Asia Tenggara didominasi oleh Indonesia. Atas fakta itu, investor dan pebisnis akan sadar seberapa besar potensi Indonesia bagi mereka.”

Hermawan berpendapat, “Indonesia harus dapat bersaing. Kita juga tidak bisa hanya mengandalkan uang dan investasi saja. Tapi kita juga harus meningkatkan teknologi, strategi, dan jaringan ekonomi kita.”

https://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/1702663/big/076244800_1504765198-8513bc3d-3c07-4de9-8186-7ec415eacd3e.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …