Awas, Properti Bakal Dirundung Kredit Bermasalah

Bisnis

[ad_1]

JAKARTA — Sejumlah kalangan mengingatkan bahwa rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) sektor properti bakal meningkat di tengah perlambatan penyaluran kredit dan menurunnya daya beli masyarakat.

Ekonom Institute for Development Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira Adhinegara, mengatakan secara total rasio non performing loan sektor properti masih di bawah 5 persen dan masih di bawah batas aman yang ditetapkan Bank Indonesia (BI).

“Namun, potensi kredit bermasalah di sektor properti masih berpeluang naik sampai akhir tahun, terutama di sektor perkantoran dan ruko (rumah toko),” katanya saat dihubungi, Rabu (2/8). Bhima mengatakan, jika kondisi daya beli secara umum belum pulih, hal ini bisa memengaruhi kinerja keuangan si penyewa maupun pemilik ruang perkantoran.

“Ujung-ujungnya, kemampuan mencicil para penyewa akan jadi lebih rendah dan ini yang menjadi sumber kredit macetnya,” tambah dia.

Sementara itu, ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede, mengungkapkan NPL sektor properti cenderung meningkat terutama pada pembiayaan properti komersial seperti rumah toko dan rumah kantor. Dia menyebutkan dari data Bank Indonesia (BI) NPL ruko/rukan meningkat dari akhir tahun lalu di kisaran 3,88 persen pada Mei 2017 menjadi 4,48 persen.

“Tren peningkatan risiko kredit pada properti komersial mengindikasikan sektor riil yang masih dalam fase konsolidasi,” katanya.

Menurut dia, karena mempertimbangkan masih tingginya risiko kredit properti komersial tersebut. Perbankan tentunya cenderung berhatihati dalam penyaluran kredit properti tersebut. “Di samping itu, perbankan pun mempercepat restrukturisasi kredit bermasalah, manajemen portofolio kredit.

Bank cenderung akan menyalurkan kredit properti dengan tingkat risiko yang lebih kecil, misalnya segmen properti residensial seperti KPR dan KPA,” jelas dia. Dihubungi terpisah, Head of Advisory Jones Lang Lasalle (konsultan properti), Vivin Harsanto, mengungkapkan bisnis properti sejak 2015 hingga sekarang cenderung mengalami penurunan 15–20 persen.

Faktor utamanya karena kondisi ekonomi makro yang belum pulih secara utuh. “Mungkin satu, dua tahun ke depan masih ada pelemahan,” katanya. Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) penyaluran kredit properti mengalami perlambatan pertumbuhan pada Juni 2017.

Posisi kredit properti tercatat 746,8 triliun rupiah atau tumbuh 12,1 persen dibandingkan periode bulan sebelumnya yang tumbuh 13,7 persen year on year (yoy). Perlambatan pertumbuhan tersebut bersumber dari kredit yang disalurkan kepada sektor konstruksi dan real estate, meskipun tertahan oleh peningkatan pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan rumah (KPR).

Sementara itu, untuk kredit konstruksi tumbuh melambat dari 24,1 persen menjadi 20,8 persen pada Juni 2017. Demikian pertumbuhan kredit real estate melambat menjadi 10,4 persen lebih rendah dibandingkan periode bulan sebelumnya 15,9 persen yoy. Kondisi sebaliknya terjadi pada KPR dan KPA yang tumbuh 7,7 persen yoy menjadi 7,9 persen pada Juni 2017. ahm/AR-2

http://www.koran-jakarta.com/images/logo.png

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Minta Ampun Bakal Ketika Ini Webkonseling Hanya Menyediakan Layanan Dialog Melewati Email.

bakal itu diperlukan pemberian supaya daya kegiatan yang tampak bisa lebih terlalu banyak dan juga sepertinya lebih pakar di sendiri-sendiri bagian serta meninggikan kapasitas yang ada. jadi konsultan psikolog jakarta pada kesimpulannya saya memutuskan buat mendaratkan ke psikolog akibat saya mau bersemayam di situ serta saya bisa melangsungkannya, dengan cara …

Bisnis
jasa belanja ebay, amazone dan lain-lain (hemat dan terpercaya)

jasa belanja ebay-terlihat sebelah perkara apa sebabnya orang atau industri tidak dapat membeli lagi perkakas dari luar negeri. shopher diharuskan memilah 1 saham untuk dapat menyandang produk yang terdapat di website ebay. yaiu, sdm indonesia yang betul-betul menduduki prosedur e-commerce ini selaku ensiklopedis. selain itu kamu pula bakal meraih pertanda …

Bisnis
Jasa Pembelian Barang Di Ebay

Cara Belanja di eBay sebenarnya sangat mudah, cocok sekali bagi anda yang sibuk dan lebih suka berbelanja secara online. Pembayaran di amazon biasanya melalui kartu kredit, kupon diskon atau kartu pembayaran amazon yg bisa dibeli sebelum berbelanja…proses pembayaran seperti biasanya toko online, hanya memasukkan data pembayaran mis kartu kredit atau …