Bagaimana Memulai Bisnis Saat Usia Muda


Jakarta, CNN Indonesia
Menjalankan sebuah bisnis yang sesuai dengan passion adalah hal yang menyenangkan. Walau persaingan bisnis kini semakin ketat namun tidak harus menjadikan hati ciut. Bisnis yang terlahir dari hati akan lebih membuat kita merasa enjoy dalam menjalankan aktivitasnya.

Bagi kamu yang memiliki gairah dalam fesyen mulailah berbisnis di bidang fesyen. Atau jika kamu menyukai bidang kecantikan dan perawatan kenapa tidak menekuni bidang tersebut secara daring? Tetapi, untuk memulai bisnis produk kecantikan dan perawatan secara online tentu harus memiliki keahlian di bidang komputer yang terkoneksi dengan Internet. Selain itu kamu harus tahu mengenai produk-produk yang akan di jual.

Paling tidak kamu harus tahu fungsi atau kegunaan kosmetik yang kamu jual. Sebab sebagai penjual kosmetik, kamu akan kebanjiran pertanyaan seputar produk dari calon pembeli. kamu juga harus memiliki kemampuan berbahasa iklan yang baik. Sebab, dengan mengandalkan berjualan di media online sangat mengandalkan foto dan bahasa iklan yang mudah diterima calon pembeli. Bahasa iklan di media sosial itu harus singkat, tidak bertele-tele tetapi mampu memberi penjelasan yang mencakup segala informasi yang dibutuhkan dan menarik tentunya.

Karena bisnis ini berbasis teknologi informasi, tentu kamu harus menguasai aplikasi atau software untuk memberikan kesan menarik pada dinding toko online yang kamu kelola. Pastikan juga kamu mendapatkan produk yang aman untuk dipakai. Jangan pernah menjual produk yang “Aspal” juga bila ini kamu lakukan, usaha yang kamu rintis akan cepat berakhir dengan tuntas.

Dari segi kesehatan harus diperhatikan dengan benar jangan sampai produk yang kamu tawarkan memiliki efek negatif dan berbahaya bagi kesehatan. Awali dengan beberapa item produk dulu semisal, tiga hingga lima produk setelah berkembang kamu baru diperbanyak kembali item produknya.

Untuk mendapatkan produsen atau distributor produk kosmetik kamu bisa berselancar di Internet. Bila sudah mendapatkan barang yang cocok sebaiknya kamu menjalin kerjasama dengan distributor atau produsen tersebut demi menjamin ketersediaan produk.

Pastikan pula barang yang kamu jual itu asli, sebab zaman sudah canggih. Pembeli bisa cek untuk membandingkan antara yang asli dan palsu. Sekali kamu jual produk palsu risikonya besar untuk usaha kamu, ingat ini bisnis kepercayaan!

Hal lain yang penting dari bisnis secara online ini, mintalah testimoni dari setiap konsumen yang sudah memakai produk yang kamu jual. Dengan banyaknya testimoni ini akan memberikan efek yang bagus untuk pertumbuhan bisnis kamu selanjutnya.

Bisnis ini memang terbilang susah-susah gampang, produk kecantikan dan perawatan kini tidak hanya didominasi oleh kaum Hawa, kaum Adam juga mempergunakan produk perawatan khusus pria. Pengetahuan dan kesadaran pria akan pentingnya kesehatan dan perawatan untuk penampilan diri menjadi faktor pemicu akan penggunaan produk kesehatan dan perawatan.

Bukan itu saja tentunya juga untuk menproteksi diri dari serangan radikal bebas dan polusi udara yang semakin tinggi. Lebih dari itu semua dalam sebuah bisnis jangan terlalu mengejar untung saja, karena tidak akan ada habisnya. Kunci terpenting untuk mencapai sukses dalam bisnis ini adalah menjaga kepuasan konsumen.

Selain strategi dengan testimoni, kamu juga dapat melakukan strategi endorse untuk meyakinkan calon pembeli. Sekarang banyak artis yang membuka diri untuk menjadi pemberi endorsement produk kecantikan.

Endorsement adalah cara iklan dengan meminta testimoni dari tokoh terkenal atau berpengaruh yang memiliki jumlah followers cukup banyak di media sosial. Bagaimana caranya? Cukup meminta si artis untuk berfoto dengan produk yang kamu jual lalu tag foto tersebut ke akun kamu. Si artis biasanya mendapatkan produk kamu secara gratis. Bagaimana kamu berani mencoba?

(ded/ded)

http://images.cnnindonesia.com/visual/2015/02/04/ddcbd7ab-6247-4377-b604-29b7ebe55679_169.jpg?w=650



Sumber Artikel

Komentar

comments