Baru Terima Gaji Pertama, Ini Caranya Agar Awet


VIVA.co.id – Anda adalah karyawan yang baru memasuki dunia kerja? Jika ya, hal yang paling Anda tunggu, tentunya adalah gaji pertama. Gaji pertama sepertinya sangat istimewa, karena itu merupakan hasil jerih payah sendiri. 

Setelah menerima gaji, lalu apa yang Anda lakukan dengan uang itu? Umumnya, sebagian orang pasti akan menggunakan uang tersebut untuk merayakannya dengan makan bersama di restoran, atau tempat makan yang cukup mewah. 


Jika tidak, mereka akan memilih berbelanja produk fashion. Setelah menerima gaji, apakah Anda pernah berfikir untuk menabung, atau investasi? Mungkin sebagian akan setuju, namun sebagian lagi menganggap menabung dan investasi itu bisa nanti saja. 

Padahal, sebaiknya uang gaji pertama itu harus mulai untuk dikumpulkan agar keperluan masa depan nanti bisa maksimal. Sebaiknya Anda mulai mencoba untuk menggunakan gaji Anda untuk investasi. 

Berikut, beberapa alasan mengapa gaji harus dikumpulkan atau investasi, seperti dikutip dari Cermati.com, pada Rabu 26 Juli 2017:

1. Investasi tidak melulu berjumlah besar

Investasi sebenarnya tidak semahal, atau sesusah yang dibayangkan. Jika Anda masih tergolong karyawan baru, dengan pendapatan yang belum stabil, sepertinya untuk melakukan investasi masih perlu dipikirkan produk investasi mana yang harus dipilih.

Investasi yang populer dinilai memerlukan modal yang besar, padahal tidak. Seiring zaman, kini investasi bisa dimulai dengan nominal kecil. Lihat saja reksadana, P2P lending dan lainnya, investasi ini sudah bisa dimulai dengan nominal Rp100 ribu.

2. Banyak cara untuk belajar berinvestasi

Jangankan mencoba investasi, mengetahui tentang investasi saja mungkin para pekerja baru belum pernah. Namun, kenyataannya investasi cukup mudah untuk dipelajari. 

Jika Anda masih awam dan baru saja ingin mencoba investasi, Anda bisa mencoba investasi reksadana, karena prosesnya mudah dan tidak merepotkan kita sebagai nasabahnya. 

Selain itu, jenis investasi lain yang bisa dicoba adalah investasi Emas. Untuk itu, pastikan Anda selalu memantau harga emas setiap bulannya.

3. Jadikan prioritas

Gaji pertama yang sudah di tangan ada baiknya difokuskan memenuhi kebutuhan prioritas Anda terlebih dulu. Kebutuhan hidup tentunya lebih penting dibandingkan mendahulukan gaya hidup yang tidak wajib dijadikan prioritas. 

Jangan jadikan kebiasaan membuang uang untuk sesuatu hal yang tidak terlalu penting. Lebih baik jadikan investasi sebagai salah satu prioritas di samping dengan kebutuhan hidup. (asp)

http://media.viva.co.id/thumbs2/2012/07/28/165363_dana-pinjaman_641_452.jpeg



Sumber Artikel

Komentar

comments