Begini Cara Memaksimalkan Pendapatan Bisnis Kos-kosan : Okezone Ekonomi

Bisnis

[ad_1]

JAKARTA – Membuka bisnis kos-kosan saat ini memiliki prospek yang baik dan menguntungkan ke depannya. Terlebih lagi jika Anda membuka bisnis ini pada daerah perkotaan yang notabene adalah pusat perdagangan, industri, terutama pusat pendidikan seperti Yogyakarta.

Banyaknya pelajar atau mahasiswa dan para pekerja yang datang dari berbagai daerah lain tentu saja akan membuat bisnis kos-kosan menjadi laris manis. Usaha jenis ini bisa dikelola jika Anda memiliki ruangan atau lahan kosong sebagai tempat untuk membuka kos-kosan.

Rumah kos lebih banyak diminati oleh para pendatang ketimbang hotel atau apartemen karena harganya yang relatif lebih murah. Memang fasilitas yang ditawarkan cukup berbeda, namun yang terpenting adalah bisa makan, tidur, dan melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Banyaknya pendatang dari luar ke daerah tertentu berhasil ditangkap sebagai peluang untuk mulai membuka usaha kos-kosan. Pundi-pundi rupiah yang dihasilkan dari usaha ini tergolong cukup besar setiap bulannya. Selain mendapatkan penghasilan, pemilik kos-kosan juga bisa memanfaatkan usaha ini sebagai investasi jangka panjang, mengingat harga tanah cenderung naik dari tahun ke tahun.

Jika berniat untuk membuka usaha kos-kosan, langkah apakah yang sebaiknya dilakukan agar Anda bisa memaksimalkan penghasilan bisnis kos-kosan?

1. Memilih lokasi yang tepat

Seperti bisnis properti yang lainnya, membuka kos-kosan juga perlu memperhatikan lokasi. Pemilihan lokasi yang tepat tentu saja akan memberikan dampak positif bagi Anda.

Selain kos-kosan Anda banyak dilirik oleh pendatang baru, tentu saja Anda juga akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda jika berhasil membuka bisnis ini pada lokasi yang strategis. Strategis yang dimaksudkan tergantung pada konsumen yang menjadi sasaran bisnis Anda.

Jika konsumennya adalah pelajar, ada baiknya jika membuka kos-kosan yang dekat dengan tempat kuliah. Jika sasaran Anda adalah para buruh atau pekerja, bukalah kos-kosan yang dekat dengan tempat mereka bekerja. Dekatnya jarak tempuh antara tempat kos dengan lokasi yang dituju bisa menghemat waktu dan menghemat pengeluaran untuk biaya transportasi.

Biasanya semakin dekat jarak antara lokasi kos-kosan dengan kampus membuat harga sewa kos-kosan semakin mahal. Tentu saja hal ini akan meningkatkan penghasilan yang akan didapatkan.

 

2. Membuka kantin dan jasa laundry

Urusan perut dan kebersihan menjadi urusan yang teramat penting bagi semua orang tanpa terkecuali anak kos. Ada saja anak kos yang malas untuk bepergian ke luar rumah untuk mencari makanan yang dibutuhkannya. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang untuk menambah pundi-pundi rupiah yang dihasilkan.

Misalnya dengan menawarkan untuk menyediakan makanan atau bisa juga membuka kantin di sekitar kos-kosan. Sehingga anak kos tidak perlu lagi repot-repot ke sana kemari untuk membeli sarapannya.

Selain membuka kantin, Anda juga bisa membuka jasa laundry. Banyak tuh anak kos yang terlalu sibuk dengan urusan kampus sehingga mereka tidak sempat untuk mencuci pakaiannya sendiri. Ini juga bisa dijadikan peluang yang baik untuk menambah pundi-pundi rupiah. Apalagi jika penghuni kos-kosan sudah banyak.

Sebenarnya banyak jasa lainnya yang bisa dijadikan sebagai peluang untuk menambah penghasilan, tergantung pada kreativitas Anda sendiri selaku pemilik kos tersebut.

3. Memiliki fasilitas yang lengkap

Jujur saja, selain menanyakan biaya kos yang harus dibayarkan setiap bulannya, pasti hal lain yang ditanyakan oleh konsumen adalah fasilitas apa saja yang akan mereka dapatkan sewaktu kos di tempat Anda.

Untuk meningkatkan biaya sewa kos-kosan, Anda bisa menambahkan fasilitas tambahan seperti free wifi, free air, dan listrik setiap bulannya, atau lain sebagainya. Terlebih lagi jika wilayah tersebut panas seperti Jakarta, Anda selaku pemilik kos bisa saja menambahkan fasilitas AC.

Dengan memberikan fasilitas yang lengkap, maka orang yang tinggal di dalam kos-kosan Anda juga akan merasa nyaman karena kebutuhannya terpenuhi semua.

4. Selektif mempekerjakan penjaga kos

Untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya kehilangan atau kemalingan, maka Anda perlu mempekerjakan orang untuk menjaga kos-kosan Anda.

Anda selaku pemilik kos harus selektif untuk memilih orang yang layak dan pantas untuk menjaga kos-kosan itu. Pilihlah penjaga kos yang jujur, berkomitmen, dan bertanggung jawab dalam melakukan tugas yang diembannya.

Setelah mengetahui bahwa usaha kos-kosan memiliki prospek yang baik ke depannya, apakah Anda berniat untuk mencoba membuka bisnis yang menggiurkan ini? Silakan berkreasi terhadap usaha kos-kosan Anda sendiri.

https://img.okezone.com//content/2017/03/28/470/1652826/begini-cara-memaksimalkan-pendapatan-bisnis-kos-kosan-fDj7zepkzX.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Toko Bunga Jakarta Online Murah Terpercaya

Selamat Datang di Website Kami: toko bunga jakarta online murah Menyediakan Berbagai Macam Bunga, Papan Bunga, Bunga Meja, Bunga Berdiri, Bunga Bouqet Tangan dll. Model papan bunga dengan kombinasi warna biru kuning hijau juga merupakan salah satu dari banyak model favorit di klien kami. pesan untuk dewan berkabung. Bouquet Flower …

kontraktor kaca dan aluminium composite panel
Bisnis
Spesialis Kontraktor Aluminium Composite Panel Gedung

Fasad & Dinding Tirai dari Aluminium Composite Panel Ringan dan kaca stopol. Spesialis kontraktor kaca dan aluminium composite panel dan juga kaca oleh PT Partindo. Akreditasi jaminan tertutup pasti akan diberikan untuk proyek yang membutuhkan berdasarkan panel serta persyaratan naungan yang memanfaatkan ditambah masalah lingkungan. Aplikasi Alcopan tidak terbatas pada …

daftar harga beton cor ready mix
Bisnis
Harga Beton Cor Readymix Per M3 untuk Wilayah Jakarta

Biaya Beton Semua Set Mix – Jayamix Per M3 Cor K225 Oktober 2017. daftar harga beton cor ready mix tidak terdiri dari jaringan uang tunai, jika lebih besar dari 10 pipeline. Dengan menyewakan pompa berdasarkan tuntutan waktu pemakaiannya bisa mencegah bahaya peralatan menganggur namun tetap perlu membayar uang sewa. Biaya …