Bisnis Bersama Teman? Boleh-boleh Saja, Tapi


VIVA.co.id – Berbisnis dengan teman sepertinya akan menyenangkan, terlebih jika teman kita memang memiliki visi dan misi bisnis yang sama. Kekompakan pasti akan lebih mudah terjalin. 


Tapi, tidak semua teman bisa diajak menjadi partner bisnis yang tepat, sebab mereka memiliki karakterisitk yang berbeda-beda. Mungkin sebagian besar teman Anda saat ini adalah sekadar teman curhat saja, atau teman yang memiliki hobi yang sama.


Menjalankan bisnis dengan orang yang sudah kita kenal tentu akan mempermudah  mengembangkan usaha. Sebaiknya, jadikan teman partner bisnis kita, jika dia memiliki pengalaman yang cukup di dunia bisnis.


Terlebih jika dia memiliki jaringan network yang luas, memiliki banyak teman, ini akan membuka peluang baru untuk bisnis yang mungkin akan dijalankan bersama nantinya, untuk bisa dikenal lebih cepat.


Berikut ini lima tips berbisnis dengan teman yang harus Anda diketahui, seperti dikutip dari Cermati.com, Rabu 24 Mei 2017:


1. Memahami track record


Pertama, Anda harus memahami secara maksimal tentang seluk beluk yang berkaitan dengan dirinya. Yang namanya partner, di sini kita harus bisa saling melengkapi dan menerima kelemahan serta kelebihan satu sama lain. Dengan begitu, kerja sama yang harmonis bisa terjalin.


2. Menyamakan niat


Dalam menjalankan bisnis, pastinya ada Goal yang diinginkan bersama. Hal ini harus bisa diselaraskan agar bisnis tetap langgeng. Usahakan, Anda dan teman samakan dulu antara niat, persepsi, motivasi dan juga tujuan bisnis. Sebab, memiliki niat yang sejalan, akan membuat bisnis berjalan dengan lebih maksimal.


3. Perhatikan pola komunikasi


Komunikasi sangat penting untuk dibangun dengan baik bersama partner kita, termasuk dengan partner bisnis. Jangan menutupi jika ada hal yang ingin disampaikan terkait dengan bisnis tersebut. 


Jika ada banyak koreksi yang ingin disampaikan, maka sampaikan dan bicarakan dengan baik-baik. Setelah itu, cobalah untuk tetap saling menghormati, dan menjaga keharmonisan hubungan dengan partner bisnis Anda.


4. Buat aturan main yang tegas dan jelas


Dalam bisnis tentu ada aturan mainnya. Masing-masing orang di dalamnya harus saling mengerti aturan main tersebut dengan sangat baik. Buatlah aturan main dengan cukup jelas dan tegas, agar bisa mengurangi atau setidaknya memperkecil kesalahpahaman antara Anda berdua, dalam hal mengatur keuangan dan pembagian tugas.


Walaupun berbisnis dengan teman, tetap saja, aturan harus dimainkan. Tentukan siapa target market bisnis Anda, proses jual beli yang dilakukan seperti apa, berapa target keuntungan yang diharapkan, tentunya harus ditentukan, jangan malah diacuhkan hanya karena embel–embel berteman.


5. Bijak dengan batas


Ketika adanya urusan bisnis yang diatur dan dijalankan bersama sahabat sendiri, Anda pastikan apapun yang terjadi tidak berimbas pada hubungan pertemanan Anda berdua. 


Sebaiknya sering lakukan pertukaran ide untuk bisa meraih keuntungan bisnis bersama, sama hal nya dengan saling bertukar cerita dalam lingkup pertemanan Anda berdua. Bersikap lah profesional dalam menjalankan bisnis bersama.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2011/07/02/115118_rekan-kerja_641_452.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments