Bisnis Dadakan yang Asyik Digarap Saat Ramadan


Sekadar mencari penghasilan tambahan, bulan ini waktu yang tepat.


VIVA.co.id – Setiap agama mengajarkan umatnya untuk berlomba-lomba mencari berkah, tidak terkecuali di bulan Ramadan. Selain berkah spiritual, tak tertutup kesempatan bagi umat untuk berburu berkah finansial. 


Bulan puasa memang cocok untuk bisnis-bisnis tertentu, lantaran konsumsi masyarakat biasanya meningkat bahkan hingga dua kali lipat. Nah, untuk Anda yang ingin terjun di dunia usaha atau sekadar mencari penghasilan tambahan, bulan ini adalah waktu yang tepat. 


Alasannya, ada banyak bisnis dadakan yang punya prospek cerah selama Ramadan. Seperti dikutip dari CekAja.com, ini di antaranya:


1. Keperluan ibadah


Saat Ramadan, perlengkapan ibadah yang sudah usang atau rusak biasanya diganti dengan yang baru. Tak heran jika permintaan perlengkapan seperti sarung, sajadah, baju muslim, mukena meningkat drastis. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjadi reseller. 


Ada trik yang bisa Anda coba agar mendapatkan pasar yang jelas. Caranya, datangi toko-toko besar di sekitar Anda yang memiliki cukup banyak pelanggan. 


Para pemilik toko besar ini biasanya memberikan perlengkapan ibadah tersebut pada para pelanggannya. Namun, kesibukan membuat mereka kesulitan membeli kebutuhan tersebut. Berikan harga yang murah agar mereka tertarik. Siapa tahu, pemilik toko itu justru menjadi pelanggan Anda di waktu selanjutnya.


2. Kue kering


Bisa bikin kue kering yang enak? Kalau begitu, buat yang banyak, kemas dan pasarkan di kalangan terdekat Anda. Sama seperti perlengkapan ibadah, kue kering biasanya banyak dicari menjelang Lebaran. 


Alasannya, di hari Lebaran ada tradisi saling berkunjung antara keluarga maupun kenalan. Kue kering pun berguna sebagai suguhan. Gunakan media sosial untuk memperluas jaringan. 


3. Lahan parkir


Anda punya lahan kosong di rumah yang dekat dengan pasar kaget atau pusat perbelanjaan? Ini saatnya untuk mendayagunakan lahan tersebut. 


Ketimbang tidak bermanfaat, sulap saja lahan tersebut menjadi lokasi parkir sementara. Saat pasar kaget atau pusat perbelanjaan ramai, pasang pengumuman yang menjelaskan bahwa halaman rumah Anda bisa dijadikan tempat parkir. Tanpa perlu kerja keras, Anda bisa mendapatkan tambahan uang untuk THR Lebaran.


4. Parsel


Bisnis dadakan lainnya yang sering muncul ketika bulan puasa adalah parsel. Memang biasanya parsel dimaksudkan untuk hari raya Lebaran. Tetapi sejak awal bulan puasa, permintaan parsel sudah mulai meningkat. 


Bisnis ini memang memiliki cakupan pasar yang luas, namun tergantung Anda yang memilihnya sebagai penjual. Tetapi ingat, demi mengais rezeki yang halal jangan memasukkan makanan tidak layak atau sudah lewat tanggal kedaluwarsa di parsel.


 












BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Load More…

http://media.viva.co.id/thumbs2/2011/07/29/118170_parsel-lebaran_641_452.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments