Bisnis di Era Kekinian Bisa Dilakukan Kapan dan di Mana Saja! : Okezone Ekonomi


JAKARTA – Pesta Wirausaha Nasional (PWN) ketujuh kembali diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 9-11 Mei 2017. Acara yang mengumpulkan para pengusaha UMKM se-Indonesia ini mengangkat tema besar ‘UKMorfosis’, yang artinya sebuah gerakan dalam pertumbuhan suatu usaha yang berkelanjutan dari sederhana menjadi profesional dan global yang melibatkan perbaikan produk, pelayanan, serta sistem manajemen setelah melalui beberapa fase pertumbuhan.

Dalam sambutannya, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram yang sekaligus mewakili Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Nugrah Puspayoga menyampaikan, ajang ini harus menjadi semangat dan komitmen yang kuat bagi para generasi muda untuk menjadi wirausaha yang tangguh, mandiri, dan dapat dipercaya.

“Jadi saya harap acara ini bukan sekadar pesta, tapi bagaimana mengingatkan kembali, mengevaluasi peluang-peluang ke depan menangani kendala yang dihadapi ke depan,” tuturnya di Gedung Sasana Kriya, TMII, Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Pasalnya, kata Agus, saat ini dunia sedang memasuki era informasi, serba-terbuka, dan cepat yang tidak mengenal ruang, jarak, dan tempat. Jadi bisnis bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.

Dulu di zaman gelombang I, menurut Alfin Tofler, era yang dilakukan masih tradisional seperti menggunakan cangkul, kerbau, dan sapi untuk mengolah tanah. Kemudian di gelombang II terjadi revolusi industri di mana pengolahan tanah sudah menggunakan mekanisme pertanian. Dan sekarang adalah era perang informasi.

“Bisnis ke depan harus berubah-ubah, karena perubahan itu yang menjadikan kita sensitif mengantisipasi perubahan-perubahan ini yang harus kita capai untuk menjadikan kita maju ke depan,” tuturnya.

Dalam ajang tersebut, berkumpul beberapa pengusaha di antaranya Sandiaga Uno, Chairul Tanjung, Arifin Panigoro, hingga sederet nama pengusaha sukses dan praktisi digital Indonesia. Selain para pengusaha, turut hadir juga Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan motivator James Gwee.

Presiden TDA Mustofa Romdloni mengatakan, UKM dalam pertumbuhan usaha harus dapat berinovasi dengan cara-cara baru yang bisa jadi mendisrupsi model bisnis lama. Sudah saatnya di era sharing economi ini, UKM lebih cerdas dalam membangun usahanya.

“Sinergi dan kolaborasi menjadi pilihan yang cerdas sehingga efisiensi maupun efektivitas dalam bisnis lebih mudah dicapai,” ujarnya, di Gedung Sasana Kriya, TMII, Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Guna merealisasikan UKM yang lebih cerdas, Direktur Pesta Wirausaha Rawi Wahyudiono menambahkan, pada acara PWN kali ini akan lebih banyak menyajikan kelas teknis atau praktik agar para peserta bisa merasakan manfaat nyata dari perhelatan akbar ini.

“Di situ akan hadir pembicara, seperti Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Sandiaga Uno, Chairul Tanjung, James Gwee, Arifin Panigoro dan sederet nama pengusaha sukses dan praktisi digital Indonesia. Ini untuk mendukung pertumbuhan UKM Indonesia,” tuturnya.

https://img.okezone.com//content/2017/05/09/320/1686792/bisnis-di-era-kekinian-bisa-dilakukan-kapan-dan-di-mana-saja-bjTGfTyWa3.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments