Bisnis Kedai Kopi Jadi Favorit, Memangnya Menguntungkan?

Bisnis

[ad_1]

Jakarta – Tidak dapat dipungkiri kedatangan Jokowi ke kedai kopi Tuku membuat dampak yang cukup beragam. Dimulai dari dampak berupa keuntungan bagi kedai kopi itu sendiri sampai dengan keuntungan bagi kedai kopi lainnya yang menyediakan jenis minuman serupa.

Selain industri kedai kopi ibu kota mendapatkan kebanjiran permintaan, salah satu yang juga kebanjiran permintaan adalah penyedia jasa transportasi berbasis aplikasi yaitu Go-Jek.

Seperti es kopi susu yang menjadi viral, antrian driver gojek di kedai kopi Tuku-pun cukup menjadi viral, bila anda lihat antriannya sudah seperti antrian Kora-kora di Dunia Fantasi, Ancol. Gojek dan Tuku terlihat berjodoh dan saling memberikan keuntungan satu sama lain.

Gojek memberikan kemudahan, dan Tuku memberikan es kopi susu yang menyenangkan. Pelanggan? Ya mengeluarkan uang jajan.

Setelah membaca berita yang cukup viral tersebut, sepertinya beberapa dari anda mulai mencari berapa keuntungan yang didapat dari bisnis kedai Kopi. Setelah mencari tahu sana-sini lalu anda berminat untuk membuka kedai kopi yang mirip (atau mungkin bisnis lainnya) dan yakin bahwa anda bisa mengelola dan mendapatkan untung yang cukup lumayan dengan membuka bisnis tersebut.

Tidak dapat dipungkiri, keuntungan berbisnis, apalagi berbisnis di kategori Food & Beverages (F&B) akan memberikan keuntungan yang lumayan. Bila kita berbisnis minuman, keuntungan yang bisa kita peroleh bahkan bisa mencapai lebih dari 100%.

Contoh sederhananya adalah menjual minuman seperti es teh manis. Berapa modal es teh manis? Pernahkah anda menghitungnya? Coba sekarang anda hitung dan saya yakin anda akan mengerenyitkan dahi lalu tersenyum saat ini juga.

Meski sepertinya berbisnis akan memberikan jalan bagi rezeki anda, namun berbisnis juga tidak semudah dan sesederhana yang dikira. Ada jatuh dan bangun dalam menjalankan bisnis, ada risiko-risiko yang mungkin belum anda ketahui dan belum anda alami sebelumnya, ada tantangan yang cukup memberikan rintangan bagi mereka yang memulai sebuah bisnis. Tahukah anda bahwa perusahaan sebesar Coca Cola hanya menjual 9 (sembilan) botol dalam satu tahun di tahun pertama mereka?

Apakah anda siap dengan tantangannya? Anda siap dengan risikonya?

Bagi anda yang selama ini berprofesi sebagai karyawan, sadarilah bahwa sehari-hari anda biasanya hanya bekerja dan tidak pernah memikirkan tentang risiko perusahaan. Bahkan, mungkin tidak pernah terlintas di benak anda tentang pasang surut pendapatan perusahaan. Yang anda pikirkan hanyalah: kerja yang baik, dibayar oleh perusahaan secara bulanan, bila kinerja anda memuaskan anda berhak untuk mendapatkan bonus. Benar kan?

Oleh karenanya, bila anda ingin memulai untuk membuka suatu bisnis atau usaha sendiri maka anda harus siap dengan risiko rugi dan risiko untung. Langkah apa yang harus anda lakukan bila mengalami kerugian, dan langkah apa yang akan anda lakukan bila anda mendapat keuntungan? Jangan sampai bisnis anda kebanjiran orderan tapi berhenti di tengah jalan karena tidak sanggup mempertahankan kualitas dan memenuhi permintaan.

Sehingga sebelum anda memulai bisnis, perhitungkan dan pertimbangjan dengan matang segala risiko yang akan menghadang. Bukan menyarankan untuk jadi penakut, namun mengetahui berbagai risiko yang akan hadir akan membuat anda lebih siap dengan berbagai cara untuk menghindarinya bukan?. Ingat, mengetahui risiko hanya akan membuat anda siap dengan risiko, tapi untuk menghindarinya dibutuhkan totalitas dan waktu.

Ibaratnya, anda akan menempuh perjalanan dengan mobil ke suatu daerah dan anda tahu bahwa jalanan lumayan berkelok dan beberapa bagian dari jalanan tersebut berlubang. Nah, Anda sudah tahu jalanan berkelok dan berlubang, apakah itu cukup? Tidak kan. Anda tetap harus mengemudikan kendaraan anda agar bisa melewati kelokan dengan baik dan menghindari lubang agar anda dan para penumpang tetap nyaman.

Maka, bila saat ini anda sudah mengetahui bisnis apa yang akan anda jalankan, yang harus anda tanyakan kepada diri anda sebelum anda memulainya adalah: apakah anda memiliki waktu untuk memimpin bisnis atau perusahaan anda untuk menghindari risiko-risiko yang menghadang selama perjalanan usaha anda?

Boleh anda setuju, silahkan bila tidak, tapi bisnis yang dipercayakan dan diserahkan kepada orang lain kebanyakan berakhir dengan kekecewaan. Banyak faktor yang menyebabkan kekecewaan seperti pengelolaan yang kurang baik, visi yang tidak seragam dan filosofi yang mungkin berlawanan.

Ungkapan dalam bahasa arab mengatakan bahwa “Man Jadda wa Jadda” yang artinya siapa bersungguh-sungguh dia akan mendapatkan. Sedangkan dalam ungkapan sehari-hari di Indonesia yang cukup terkenal mengatakan bahwa “jangan setengah-setengah karena hasilnya pun akan setengah-setengah”. Pun demikian dalam berbisnis, bila anda saat ini berstatus sebagai karyawan, apakah anda memiliki waktu? Apakah anda bisa total dalam menjalankan usaha anda?

Bagi anda yang saat ini barukeluar dari sebuah perusahaan dan ingin berganti pekerjaan, telah memiliki modal dan ingin mencoba berbisnis, silahkan kembali baca beberapa paragraf di atas. Apakah anda siap dengan risiko yang menghadang? Mengingat selama ini anda terbiasa sebagai karyawan.

Bila anda rasa anda siap dengan risiko dan merasa sudah memiliki strategi yang jitu untuk menghadapinya, silahkan buka usaha dan saya doakan semoga kesuksesan menyertai anda. Namun, bila anda tidak siap dengan risikonya, maka silahkan kembali jadi karyawan dan berpenghasilan bulanan.

Lalu pertanyaan muncul, bila kembali jadi karyawan dan bagi yang saat ini masih menjadi karyawan, apa langkah untuk mendapatkan kekayaan? Jawabannya: Banyak yang bisa anda lakukan. Anda bisa memulainya mengelola keuangan anda, menjaga kondisi keuangan anda tetap aman dan memilih investasi yang tepat untuk melipatgandakan kekayaan anda.

Dan bisa saya informasikan bahwa berbisnis sampingan dan/atau berinvestasi di bisnis orang lain baik itu kedai kopi ataupun hal lainnya adalah salah satu investasi yang dapat memberikan keuntungan dan kekayaan, namun investasi ke dalam bisnis bukan satu-satunya jalan.

Mau tau jalan yang lain? Anda juga bisa belajar di tempat yang tepat. Untuk bulan July kita adakan workshop untuk kota Surabaya, info bisa dibuka di sini https://bit.ly/cpmmsby dan di sini https://bit.ly/wkrdsby. Sementara untuk workshop di Jakarta info bisa dibuka di sini https://bit.ly/PMJKT07. Selain itu ada juga di Bali, info bisa dibuka di sini https://bit.ly/PMBALI dan di sini https://bit.ly/WRDBALI.

Chao!

(ang/ang)

https://sgimage.detik.net.id/community/media/visual/2017/07/04/0d898e91-4d81-4d50-bab2-56118f7a7600_169.jpg?w=650

[ad_2]

Sumber Artikel

kontraktor kaca dan aluminium composite panel
Bisnis
Spesialis Kontraktor Aluminium Composite Panel Gedung

Fasad & Dinding Tirai dari Aluminium Composite Panel Ringan dan kaca stopol. Spesialis kontraktor kaca dan aluminium composite panel dan juga kaca oleh PT Partindo. Akreditasi jaminan tertutup pasti akan diberikan untuk proyek yang membutuhkan berdasarkan panel serta persyaratan naungan yang memanfaatkan ditambah masalah lingkungan. Aplikasi Alcopan tidak terbatas pada …

daftar harga beton cor ready mix
Bisnis
Harga Beton Cor Readymix Per M3 untuk Wilayah Jakarta

Biaya Beton Semua Set Mix – Jayamix Per M3 Cor K225 Oktober 2017. daftar harga beton cor ready mix tidak terdiri dari jaringan uang tunai, jika lebih besar dari 10 pipeline. Dengan menyewakan pompa berdasarkan tuntutan waktu pemakaiannya bisa mencegah bahaya peralatan menganggur namun tetap perlu membayar uang sewa. Biaya …

Bisnis
Promo Jam Tangan Guess Kw Super Murah

Selamat Datang di jam tangan guess kw super murah – Perbandingan Harga Nomor Situs di Indonesia. Berbeda dengan produk replika yang tidak biasa menemukan cara menulis logo atau merek yang berbeda di beberapa bagian. Untuk informasi lebih lanjut, Kualitas bahan yang tercantum dalam deskripsi pengiklan asli dengan tampilan analog yang …