Bisnis Kopi Indonesia Sangat Menjanjikan


Sukses di Jakarta kini Filosofi Kopi hadir di Surabaya. Chicco dan Riopun menyapa warga Surabaya dan mengajak mereka minum kopi Indonesia.

Sejak membintangi film Filosofi Kopi, Chicco Jerikho dan Rio Dewanto jadi lebih tahu banyak soal kopi. Merekapun mampu meracik kopi dengan baik dan tepat. Mereka senang bahwa kopi telah menjadi industri yang tumbuh dengan pesat.

Tentang industri kopi di Indonesia ini, mereka angkat bicara. “Industri kopi di Indonesia terus growing (tumbuh). Kopi saat ini bukan hanya rencana-rencana saja, tetapi sudah diwujudkan,” ujar Chicco saat berdiskusi Filosofi Kopi di Restaurant of Contemporary (ROCA) Artotel Surabaya, Jumat (5/5/2017).

Chicco Jerikho dan Rio Dewanto: Bisnis Kopi Indonesia Sangat MenjanjikanFoto: detikcom

Chicco mengatakan, Indonesia adalah gudangnya kopi. Mulai dari Aceh sampai Papua, selalu ada produk kopi yang khas dari masing-masing daerah. Dengan modal seperti itu sudah seharusnya kopi Indonesia diolah sendiri oleh orang Indonesia untuk menjadi sajian yang enak.

“Kopi enak itu harus dibagiin. Kopi Indonesia adalah one of the best coffee in the world. Kenapa kita tidak mengolahnya sendiri. Saya ingin kopi dijadikan budaya, seperti batik yang menjadi budaya di Jawa,” kata Chicco.

Sementara itu, Rio menghitung pertumbuhan industri kopi di Indonesia dengan angka. Sejak tahun 2015, kata Rio, ribuan coffee shop atau kedai kopi baru telah dibuka. Di Jakarta, Rio menaksir ada sekitar 300-400 coffee shop baru yang buka setiap tahunnya. Termasuk dua store Filosofi Kopi dan Filosofi Kopi yang ada di Artotel Thamrin-Jakarta..

“Bisnis kopi adalah bisnis yang menjanjikan. Barista sendiri kini menjadi profesi yang cool, yang semakin banyak diminati,” kata Rio. Suami Atiqah Hasiholan ini menilai bahwa Indonesia adalah salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia. Karena itu, Industrinya harus terus ditingkatkan. Dengan industri yang maju, maka orang Indonesia akan menikmati kopi yang terbaik dari negerinya sendiri. “Kita harus minum kopi kualitas terbaik dari negeri sendiri,” ujar Rio.

Chicco Jerikho dan Rio Dewanto: Bisnis Kopi Indonesia Sangat MenjanjikanFoto: iStock

Kopi lokal memang menjadi ciri khas sekaligus kekuatan Filosofi Kopi. Baik Chicco dan Rio sebagai pemilik Filosofi Kopi ingin mengangkat kopi Indonesia sekaligus memberdayakan petani kopi. Semua kopi yang ada di Indonesia digunakan di Filosofi Kopi.

Setelah hadir di Artotel Thamrin-Jakarta pada Februari lalu, kini Filosofi Kopi bisa dinikmati di Artotel Surabaya. Pada Juli mendatang, giliran warga Bali yang bisa menikmati Filosofi Kopi di Artotel Sanur-Bali.

Chicco Jerikho dan Rio Dewanto: Bisnis Kopi Indonesia Sangat MenjanjikanFoto: Thinkstock

Filosofi Kopi di Artotel Surabaya masih menyuguhkan tiga kopi andalannya yakni Perfecto, Tiwus, dan Lestari. Namun kopi yang lain seperti kopi tubruk sampai kopi latte tetap bisa dinikmati. Di hotel ini, pengunjung dan tamu hotel juga bisa membeli bingkisan kopi dalam kemasan sehingga mereka bisa membuat sajian kopi sendiri di rumah sesuai keinginan.

“Kami antusias dengan kolaborasi ini. Kami berharap Artotel bisa menjadi salah satu hotel dan restoran di Surabaya yang menyajikan kopi lokal terbaik Indonesia. Pelayanan kami 24 jam,”ujar Chairman Artotel Indonesia Christine Radjimin.

(odi/iwd)

http://us.images.detik.com/visual/2017/05/06/6061b0d0-cdf3-4de6-bbf9-42e5fee1a7ea.jpg?w=650



Sumber Artikel

Komentar

comments