Bisnis Meningkat, Tingkat Optimisme Pengusaha Naik di Kuartal II

Bisnis

[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Indeks Tendensi Bisnis (ITB) pada kuartal II-2017 tercatat mencapai 111,63. Hal ini menunjukkan kondisi bisnis meningkat jika dibandingkan kuartal sebelumnya. Tingkat optimisme pelaku bisnis juga dilaporkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kuartal I-2017, dengan nilai ITB sebesar 103,42.

“STB dilakukan setiap kuartal di seluruh provinsi di Indonesia. Jumlah sampel STB kuartal II-2017 sebesar 2.299 perusahaan besar dan sedang, dengan responden pimpinan perusahaan,” mengutip keterangan dari laman BPS, Senin (7/8/2017).

ITB merupakan indeks yang menggambarkan kondisi bisnis dan perekonomian pada kuartal berjalan dan perkiraan kuartal mendatang.

Data ITB diperoleh berdasarkan Survei Tendensi Bisnis (STB) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI).

BPS melaporkan, pada kuartal II-2017 tercatat seluruh kategori lapangan usaha mengalami peningkatan kondisi bisnis, kecuali kategori lapangan usaha pertambangan dan penggalian yang turun.

Peningkatan kondisi bisnis tertinggi terjadi pada kategori lapangan usaha administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib dengan nilai ITB sebesar 130,39.

Sementara itu, penurunan kondisi bisnis hanya terjadi pada lapangan usaha pertambangan dan penggalian dengan nilai ITB sebesar 96,91.

Dilaporkan jika kondisi bisnis pada kuartal II-2017 yang meningkat karena peningkatan tiga komponen pembentuknya. “Yaitu pendapatan usaha dengan nilai indeks sebesar 118,93, penggunaan kapasitas produksi/usaha dengan nilai indeks sebesar 114,55, dan rata-rata jumlah jam kerja dengan nilai indeks sebesar 101,40,” isi laporan BPS.

Proyeksi Bisnis di Kuartal III

Usai merilis Indeks Tendensi Bisnis (ITB) pada kuartal II-2017, BPS memprediksi nilai ITB pada kuartal III-2017 diperkirakan mencapai 108,82. Dengan demikian, secara umum kondisi bisnis pada kuartal III-2017 diperkirakan meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya.

Namun, tingkat optimisme pelaku bisnis diperkirakan sedikit menurun jika dibandingkan dengan kuartal II-2017. Pada kuartal III-2017 kondisi bisnis seluruh kategori lapangan usaha diperkirakan meningkat.

“Peningkatan kondisi bisnis tertinggi diperkirakan terjadi pada kategori lapangan usaha administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib dengan perkiraan nilai ITB sebesar 130,88,” dari penjelasan BPS.

Sementara itu, peningkatan kondisi bisnis terendah diperkirakan terjadi pada kategori lapangan usaha jasa perusahaan dengan perkiraan nilai ITB sebesar 101,03.

Tonton video menarik berikut ini:

https://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/1650980/big/058211100_1500289004-20170717-Kinerja-Ekspor-dan-Impor-RI-Jeblok-Angga-7.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …