Bisnis Perikanan yang Menggiurkan – kumparan

Bisnis

[ad_1]

NKRI iki ombo, rong pertelone laut. Iwake mbok jumuk ngasi pitung turunan gak entek, angger gelem kerjo tekan tengah laut (NKRI ini luas, dua pertiganya adalah lautan. Kamu mau ambil ikan sampai tujuh turunan pun enggak akan habis asal mau melaut ke tengah).”

Kampung Nelayan Desa Juwana Pati

Pekerja membawa ikan hasil tangkapan. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Itulah kalimat yang sering diucapkan Hadi Sutrisno (37), nelayan asal Pati, Jawa Tengah kepada para nelayan lain di kampungnya. Ucapan Hadi bukan tanpa bukti. Berkat kegigihan dan konsistensinya, kini omset Hadi mencapai miliaran rupiah setiap bulan.

Kampung Nelayan Desa Juwana Pati

Pekerja membawa ikan hasil tangkapan. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Hadi saat ini mengelola 8 kapal dengan kepemilikan bersama. Kapal-kapalnya ada yang menggunakan alat tangkap purse seine, dan ada juga yang menggunakan gill nets. Saat ini, salah satu kapalnya yang berkapasitas 150 GT sedang melaut di Wilayah Pengelolaan Perikananan (WPP) 718 Arafuru. Sekali menebar jala, rata-rata ikan yang dihasilkan sebanyak 40 ton.

Nelayan pulang Melaut

Nelayan Pati pulang melaut (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Ketika tangkapan sudah mencapai 150 ton, ikan-ikan ini akan diangkut menggunakan kapal pengangkut port to port dari pelabuhan Makassar ke pelabuhan yang dipilih, seperti Pati, Purbalingga atau Jakarta. Sementara kapal utama masih bertahan di Laut Arafuru. Kapal tersebut akan kembali setelah kotak penyimpanan mereka penuh terisi ikan untuk yang kedua kalinya. 

“(Pendapatan) satu trip bisa Rp 3-4 miliar,” ujar Hadi.

Kampung Nelayan Desa Juwana Pati

Mengepak ikan hasil tangkapan di Tempat Pelelangan (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Setiap melaut, biaya perbekalan yang dikeluarkan berkisar Rp 400-600 juta. Sedangkan biaya angkut ikan variatif, dari Makassar Rp 2.000-2.500 per kg, sedangkan dari Laut Arafuru bisa mencapai Rp 4.500 per kg.

“Sekarang rasa-rasanya enggak ada yang mengalahkan bisnis perikanan. Properti saja kalah kok,” kata pria lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro ini.

Kampung Nelayan Desa Juwana Pati

Pekerja menimbang ikan hasil tangkapannya. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Hadi menyebut, aktivitas pelelangan ikan di TPI Bajomulyo, Juwana, Pati tidak pernah sepi. Bahkan saat awal mula cantrang dilarang dan nelayan bergejolak, aktivitas jual beli ikan di TPI Bajomulyo tetap berjalan.

“Di sini enggak pernah sepi. Cantrang dilarang pun, kiat tetap ramai karena memang sudah banyak yang tidak pakai cantrang,” ujarnya.

Kampung Nelayan Desa Juwana Pati

Nelayan menunjukan ikan hasil tangkapannya. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Hal senada juga terjadi di Pekalongan. Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pekalongan, Mansur, mengatakan, produksi ikan di Pekalongan memang sempat terganggu saat awal mula cantrang dilarang. Namun kini setiap tahunnya produksi ikan di Pekalongan meningkat.

Mansur

Kepala PPN Pekalongan Mansur (Foto: Arifin Asydhad/kumparan)

“Alhamdulillah aktivitas di PPN Pekalongan meningkat terus setiap tahun. Apalagi sekarang ikan melimpah,” ujarnya.

Suasana tempat pelelangan ikan di PPN pekalongan

Suasana tempat pelelangan ikan di PPN pekalongan. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Selama tahun 2016, produksi ikan di TPI PPN Pekalongan mencapai 19.684,79 ton. Angka ini naik sekitar 2.000 ton dari produksi tahun 2015 yang sebesar 17.597,94 ton.

Harga ikan rata-rata di TPI PPN Pekalongan pada tahun 2016 sekitar Rp 12.965 dengan nilai produksi Rp 255 juta. Sebelumnya pada tahun 2015, harga rata-rata ikan di TPI ini berkisar Rp 11.600 dengan nilai produksi Rp 205 juta.

“Kualitas ikan sekarang juga semakin bagus,” tuturnya.

Suasana tempat pelelangan ikan di PPN pekalongan.

Tempat pelelangan ikan di PPN pekalongan. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

https://res.cloudinary.com/kumpar/image/upload/w_1200,c_fill,ar_40:21,g_auto/pbaxv8nfybhyvevs2hq2.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …