Bisnis Ritel Modern akan Diperketat

Bisnis

[ad_1]

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA – Pemerintah tengah mematangkan aturan mengenai bisnis ritel modern, UKM (usaha kecil menengah) dan pasar tradisional. Upaya pemerintah ini diterapkan tahun 2018 guna pemerataan ekonomi di Indonesia.

Edy Putra Irawady, Deputi Bidang Industri dan Perdagangan, Kementerian Koordinator Perekonomian, menyatakan tahun depan pemerintah akan memperketat ritel modern. Hal ini diakuinya, berdasarkan contoh di negara-negara maju, seperti Amerika Serikat, untuk menekan ekslusifitas perusahaan ritel besar.

Yang akan diatur tahun depan, ada dua skema. “Yang pertama kami akan atur mengenai keberpikan dan yang kedua tentang pengendalian ritel modern,” kata Edy pada KONTAN, Senin (20/3).

Ia menjelaskan, aturan mengenai keberpihakan akan berupa pemberian fasilitas, tempat ,maupun penyertaan modal untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) dan pedagang pasar tradisional. “Itu yang akan kami berikan untuk¬† pedagang kecil,”imbuh Edy.

Nah, untuk pengendalian ritel modern, pemerintah akan mengatur zonasi jarak, jam operasional, kemitraan dengan UKM, dan pengaturan barang local supaya ikut dijual di ritel modern.

“Jadi ritel modern jangan masuk ke pemukiman penduduk, kemudian juga jaraknya juga diatur,”tegas Edy.

Namun sayangnya, ketika ditanya mengenai pengaturan zonasi untuk ritel yang sudah esksiting, aturan tersebut akan dikembalikan ke daerah. Pasalnya menurut Edy, pemerintah daerah lebih tahu mengenai rencana tata ruang wilayah (RTRW).

“Mengenai ritel yang melanggar zonasi, itu kita kembalikan ke daerah masing-masing. Karena daerah itu yang paling tahu rencana tata ruang dan kepadatan penduduk,”pungkas Edy.

Ekonom Indef, Bhima Yudhistira menyatakan,perlunya ketegasan dari pemerintah untuk mengatur zonasi ritel modern, untuk menghindari semakin tergerusnya pedagang kecil maupun tradisional.

” Zonasi jadi sangat penting, karena kita melihat benturan yang cukup keras terlihat dalam kehidupan nyata. Bahkan ada penelitan, dengan membuka satu ritel moder, bisa membuat sepuluh pedagang kecil tutup, jadi mengaturan zonasi itu perlu,”ujar Bhima.

Dia menjelaskan, pemerintah bisa belajar dari beberapa tempat di Yogyakarta, yang sudah lebih dulu melakukan zonasi perdagangan lebih baik.

“Pemerintah harus bisa berkaca dari beberapa tempat di Yogyakarta yang melarang ritel modern masuk, jika tidak bekerjasama dengan koperasi atau usaha kecil setempat. Saya kira itu patut dicontoh,”tegas Bhima.

http://cdn2.tstatic.net/jambi/foto/bank/images/pebisnis-ritel_20151126_101340.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Minta Ampun Bakal Ketika Ini Webkonseling Hanya Menyediakan Layanan Dialog Melewati Email.

bakal itu diperlukan pemberian supaya daya kegiatan yang tampak bisa lebih terlalu banyak dan juga sepertinya lebih pakar di sendiri-sendiri bagian serta meninggikan kapasitas yang ada. jadi konsultan psikolog jakarta pada kesimpulannya saya memutuskan buat mendaratkan ke psikolog akibat saya mau bersemayam di situ serta saya bisa melangsungkannya, dengan cara …

Bisnis
jasa belanja ebay, amazone dan lain-lain (hemat dan terpercaya)

jasa belanja ebay-terlihat sebelah perkara apa sebabnya orang atau industri tidak dapat membeli lagi perkakas dari luar negeri. shopher diharuskan memilah 1 saham untuk dapat menyandang produk yang terdapat di website ebay. yaiu, sdm indonesia yang betul-betul menduduki prosedur e-commerce ini selaku ensiklopedis. selain itu kamu pula bakal meraih pertanda …

Bisnis
Jasa Pembelian Barang Di Ebay

Cara Belanja di eBay sebenarnya sangat mudah, cocok sekali bagi anda yang sibuk dan lebih suka berbelanja secara online. Pembayaran di amazon biasanya melalui kartu kredit, kupon diskon atau kartu pembayaran amazon yg bisa dibeli sebelum berbelanja‚Ķproses pembayaran seperti biasanya toko online, hanya memasukkan data pembayaran mis kartu kredit atau …