Bisnis Ritel Modern akan Diperketat

Bisnis

[ad_1]

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA – Pemerintah tengah mematangkan aturan mengenai bisnis ritel modern, UKM (usaha kecil menengah) dan pasar tradisional. Upaya pemerintah ini diterapkan tahun 2018 guna pemerataan ekonomi di Indonesia.

Edy Putra Irawady, Deputi Bidang Industri dan Perdagangan, Kementerian Koordinator Perekonomian, menyatakan tahun depan pemerintah akan memperketat ritel modern. Hal ini diakuinya, berdasarkan contoh di negara-negara maju, seperti Amerika Serikat, untuk menekan ekslusifitas perusahaan ritel besar.

Yang akan diatur tahun depan, ada dua skema. “Yang pertama kami akan atur mengenai keberpikan dan yang kedua tentang pengendalian ritel modern,” kata Edy pada KONTAN, Senin (20/3).

Ia menjelaskan, aturan mengenai keberpihakan akan berupa pemberian fasilitas, tempat ,maupun penyertaan modal untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) dan pedagang pasar tradisional. “Itu yang akan kami berikan untuk  pedagang kecil,”imbuh Edy.

Nah, untuk pengendalian ritel modern, pemerintah akan mengatur zonasi jarak, jam operasional, kemitraan dengan UKM, dan pengaturan barang local supaya ikut dijual di ritel modern.

“Jadi ritel modern jangan masuk ke pemukiman penduduk, kemudian juga jaraknya juga diatur,”tegas Edy.

Namun sayangnya, ketika ditanya mengenai pengaturan zonasi untuk ritel yang sudah esksiting, aturan tersebut akan dikembalikan ke daerah. Pasalnya menurut Edy, pemerintah daerah lebih tahu mengenai rencana tata ruang wilayah (RTRW).

“Mengenai ritel yang melanggar zonasi, itu kita kembalikan ke daerah masing-masing. Karena daerah itu yang paling tahu rencana tata ruang dan kepadatan penduduk,”pungkas Edy.

Ekonom Indef, Bhima Yudhistira menyatakan,perlunya ketegasan dari pemerintah untuk mengatur zonasi ritel modern, untuk menghindari semakin tergerusnya pedagang kecil maupun tradisional.

” Zonasi jadi sangat penting, karena kita melihat benturan yang cukup keras terlihat dalam kehidupan nyata. Bahkan ada penelitan, dengan membuka satu ritel moder, bisa membuat sepuluh pedagang kecil tutup, jadi mengaturan zonasi itu perlu,”ujar Bhima.

Dia menjelaskan, pemerintah bisa belajar dari beberapa tempat di Yogyakarta, yang sudah lebih dulu melakukan zonasi perdagangan lebih baik.

“Pemerintah harus bisa berkaca dari beberapa tempat di Yogyakarta yang melarang ritel modern masuk, jika tidak bekerjasama dengan koperasi atau usaha kecil setempat. Saya kira itu patut dicontoh,”tegas Bhima.

http://cdn2.tstatic.net/jambi/foto/bank/images/pebisnis-ritel_20151126_101340.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …