Bisnis Waralaba Pangkas Rambut Mulai Rp 50 Juta


Selasa, 12 September 2017 | 08:00 WIB


Waralaba pangkas rambut menyediakan layanan pangkas rambut gratis di pameran franchise di Jakarta Convention Center, 10 September 2017. Tempo/Imam Hamdi

Waralaba pangkas rambut menyediakan layanan pangkas rambut gratis di pameran franchise di Jakarta Convention Center, 10 September 2017. Tempo/Imam Hamdi.

TEMPO.CO, Jakarta – Bisnis pangkas rambut menjadi salah satu peluang usaha yang banyak diburu para investor. Hal ini terlihat dari antusiasme warga yang mengunjungi beberapa lapak pangkas rambut dalam pameran franchise yang diadakan Reed Panorama Exhibitions di Jakarta Convention Center, Ahad, 10 September 2017.

Bahkan, untuk membuka franchise pangkas rambut, investor harus merogoh kocek puluhan hingga miliaran rupiah. Staf akunting Kaizen Haircut Shops, Inka, mengatakan pihaknya menawarkan bisnis waralaba cukur rambut mulai Rp 50 juta hingga Rp 120 juta. “Untuk brand-nya saja, Rp 50 juta. Belum termasuk yang lain,” katanya.

Menurut Inka, investor harus menambah Rp 20 juta untuk menambah perlengkapan pangkas rambut dan Rp 50 juta guna renovasi tempat sesuai dengan standar Kaizen. Sejauh ini, sudah ada 90 lokasi franchise Kaizen yang tersebar di berbagai daerah. “Bahkan Kaizen juga ada di Kamboja, Myanmar, dan Filipina,” ucapnya.

Selama pameran, kata Inka, banyak pengunjung yang ingin membuka usaha bisnis Kaizen. Kebanyakan yang berminat, menurut dia, justru pelanggan yang sering memangkas rambut di Kaizen.

Inka menambahkan, satu outlet bisa mendapatkan sekitar 2.000-2.600 pelanggan per bulan. Ongkos sekali pangkas di outlet di luar mal Rp 30-45 ribu, sedangkan di dalam mal Rp 45-65 ribu. “Keunggulan Kaizen, pangkas rambut hanya 10 menit dan modelnya selalu di-update,” ujarnya.

Sedangkan pangkas rambut khusus untuk anak-anak, Kiddy Cuts, menawarkan franchise dari Rp 320 sampai 670 juta. Harga tersebut, kata juru bicara Kiddy Cuts Nintami, Tania Putri, bergantung pada tempat usahanya. “Kami bagi menjadi tiga ring. Ring pertama seperti di Jabodetabek Rp 670 juta,” tuturnya.

Tania menuturkan Kiddy Cuts sudah ada sejak 2001 dan mulai mengembangkan bisnis franchise sejak 2003. Hingga saat ini, kata Tania, sudah ada 30 outlet Kiddy Cuts.

Jika investor belum mempunyai gedung sendiri, kata Tania, nilai investasi untuk franchise Kiddy Cuts berkisar Rp 1-1,5 miliar. Selama pameran, kata dia, sedikitnya 50-100 orang datang untuk menanyakan peluang usaha pangkas rambut tersebut.

Menurut Tania, modal investor waralaba ini bisa kembali sekitar tiga tahun setelah menanamkan modal untuk bisnis pangkas rambut anak-anak itu. Musababnya, Kiddy Cuts merupakan pionir pangkas rambut khusus anak-anak di Indonesia. “Pesaing kami sedikit,” katanya.

Untuk sekali pangkas, Kiddy Cuts membanderol Rp 105-150 ribu per kepala. Menurut dia, harga tersebut sepadan dengan fasilitas yang disediakan. “Kami sediakan berbagai fasilitas bermain untuk anak-anak. Sehari, bisa 20-50 pelanggan yang datang,” ucapnya.

IMAM HAMDI



http://duitkita.net/wp-content/uploads/2017/09/bisnis-waralaba-pangkas-rambut-mulai-rp-50-juta.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments