Bos Bank Dunia: Wanita Punya Peran Penting di Ekonomi Dunia


Liputan6.com, Jakarta – Pengaruh wanita pada perekonomian dinilai sangat penting. Kontribusi dari apa yang dilakukan wanita di berbagai sektor bisnis bisa mempercepat laju roda perekonomian.

Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim di acara She Era Alibaba Group Global on Women and Entrepreneurship di Hangzhou International Expo, Hangzhou, Zhejiang, China kemarin.

“Tak ada negara yang bisa mencapai potensi tertingginya tanpa wanita memimpin bisnis,” tuturnya seperti ditulis Selasa (11/7/2017). “Wanita penting untuk meraih tujuan kita. Kita harus memperkuat wanita untuk pertumbuhan ekonomi,” tambahnya.

Dia mengatakan sebenarnya, banyak wanita-wanita hebat potensial untuk sektor ekonomi. Namun tak semua berkembang karena terbentur masalah finansial. Wanita, lanjut Kim perlu banyak dukungan.

“Ada 30 persen wanita pebisnis di dunia. Namun di antara itu 75 persen terganjal oleh institusi finansial. Kita harus dukung wanita. Pengusaha wanita memimpin peran krusial dalam mempercepat penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi,” paparnya.

Sementara itu, Deputi Eksekutif Direktur UN Women Lakshmi Puri menuturkan, sudah saatnya wanita melakukan perubahan. Semua tantangan yang ada bisa dilawan dengan membangun kapasitas dan kepercayaan diri.

“Kita harus bangun kepercayaan diri dan kemampuan untuk bermimpi, untuk melakukan apapun. Itu adalah hal yang penting,” tutupnya.

Sebelumnya pendiri Alibaba Jack Ma membeberkan rahasia kesuksesan dirinya dan perusahaan adalah karena wanita. Saat ini, 47 persen karyawan Alibaba adalah wanita dan jumlahnya akan terus ditingkatkan. Bahkan jajaran pimpinan Alibaba Group, 34 persen merupakan wanita.

“Saya berterima kasih untuk wanita yang bekerja di perusahaan kami. Saya pria beruntung yang sukses karena didukung oleh wanita. Itu rahasia perusahaan. Tak ada perusahaan yang berbagi rahasianya, tapi Alibaba mau,” tutur pria berharta Rp 555 triliun ini.

“Saat kita gagal, ada wanita yang mendukung,” tutur dia.

Jack Ma menambahkan, wanita adalah sosok yang mengedepankan detail dan intuisi. “Jadi kalau ingin mengembangkan kualitas harus mengandalkan wanita. Zaman sekarang, khususnya abad 21, perusahaan tak lagi mengandalkan skala. Tapi perusahaan kecil dan hebat berkualitas,” katanya.

Hal lain yang menarik soal wanita menurut Jack Ma adalah sesibuk apapun mereka, selalu mengedepankan keluarga. Banyak wanita berbisnis dan berkarir tapi tak melupakan keluarga.

“Wanita berpikir keluarga, laki-laki berpikir diri sendiri. Banyak orang sukses di belakangnya ada ibu yang hebat, tapi jarang di belakang orang sukses ada ayah yang hebat,” kata Jack Ma disambut riuh tepuk tangan dan tawa kecil penonton yang hadir.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/1575974/big/046645600_1493097058-Sri-Mulyani4.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments