British Petroleum Jajaki Bisnis BBM di Indonesia

Bisnis

[ad_1]



Jum’at, 07 April 2017 | 06:51 WIB

British Petroleum Jajaki Bisnis BBM di Indonesia

Pekerja memantau pengoperasian fasilitas pencairan gas alam di Tangguh LNG di Teluk Bintuni, Papua Barat, 21 September 2015. Tangguh LNG merupakan bisnis utama British Petroleum di Indonesia. ANTARA/Muhammad Adimaja

TEMPO.CO, Jakarta – Perusahaan minyak dan gas bumi asal Inggris, British Petroleum (BP), mencoba peruntungan di pasar bahan bakar minyak Indonesia. Perusahaan menggaet penyalur BBM lokal, PT Aneka Kimia Raya Corporindo Tbk (AKR), melalui kesepakatan bersama yang diteken 5 April lalu di London.

Kedua pihak sepakat membentuk perusahaan patungan yang bergerak di bidang niaga BBM. Nantinya, AKR bakal mengoperasikan perusahaan dengan nama BP AKR Fuels Retail. “Strategi retail BP berfokus pada penguatan dan diferensiasi BBM dan oli berkualitas tinggi. Hal ini sejalan dengan pesatnya pasar BBM di seluruh dunia,” ujar CEO BP Downstream Tugan Erginbilgic, dalam siaran pers, Kamis, 6 April 2017.

Kongsi BP dan AKR sudah berlangsung sejak November tahun lalu. Saat itu, mereka mengembangkan bisnis avtur di Indonesia. Pasar avtur lokal masih didominasi perusahaan pelat merah, PT Pertamina (Persero).

Baca:Pertamina dan AKR Jadi Penyalur BBM Tertentu 2017

Menurut Direktur AKR, Haryanto, kerja sama de-ngan BP adalah kesempatan untuk memperluas pasar. Selama ini, pasar niaga BBM AKR didominasi solar nonsubsidi. “Pasar gasoline Indonesia juga memiliki peluang untuk terus berkembang, sejalan dengan naiknya permintaan dan deregulasi oleh pemerintah.”

AKR memperoleh kuota penyaluran BBM jenis solar tahun ini sebesar 300 ribu kiloliter. Distribusi-nya, berdasarkan catatan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), adalah melalui 142 penyalur.

Berdasarkan data BPH Migas, tidak banyak badan usaha yang berbisnis niaga BBM. Pada seleksi penyaluran solar tahun lalu, hanya 11 badan usaha yang mendaftar. Namun pada akhirnya, hanya tiga perusahaan yang mengembalikan dokumen penawaran.

Simak: Kuartal I, Kementerian PUPR Serap 9,59 Persen Anggaran

Mereka adalah Pertamina, AKR, dan Tri Wahana Universal. “Sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, hanya dua badan usaha yang mengirimkan dokumen penawaran, yaitu Pertamina dan AKR Corporindo,” ujar Kepala BPH Migas Andy Noorsaman Sommeng.

Selama ini, investasi BP di Indonesia masih berada di sektor hulu migas sebagai kontraktor kontrak bagi hasil. Perusahaan mengelola kilang gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Tangguh unit I dan II. BP juga memperluas investasi dengan membangun kilang unit III di lokasi yang sama.

ROBBY IRFANY

http://duitkita.net/wp-content/uploads/2017/04/british-petroleum-jajaki-bisnis-bbm-di-indonesia.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Kredit Wuling Jogja Termurah dan Banyak Bonus

Menggabungkan kelas pelatihan penjualan otomotif ini gratis untuk kredit wuling jogja mempromosikan profesionalisme melalui pendidikan. Pearson Toyota ingin membantu Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik pembiayaan dan sewa mobil tersedia. Selain itu, mobil sewa kami serta kendaraan bekas lain termasuk perusahaan sertifikat, 12/12 terbatas Powertrain garansi dan 12-bulan Unlimited Roadside Assistance …

Bisnis
Harga Cetak Kalender 2018 Termurah

harga cetak kalender 2018 ialah peranti penjualan yang luar biasa serta ekonomis, serta aturan sempurna buat membenarkan kalau merk kamu konsisten di depan klien kamu sepanjang tahun. tiap laman bulanan didesain buat pencetakan pada kertas skala warkat, tolak ukur. memakai percetakan ekonomis almanak buat bidang usaha almanak membikin amplop besar …

Bisnis
Gabung Grab, Jangkauan Bisnis Kudo Bakal Menggurita

[ad_1] Jakarta, CNN Indonesia — Setelah akuisisi oleh Grab rampung, Kudo menyebut skala bisnisnya berkembang pesat. Peran pengemudi Grab yang begitu banyak jadi salah satu alasan jangkauan Kudo lebih ‘menggurita’. CEO Kudo Albert Lucius menggambarkan perbedaan segmen pasar dengan Grab memperluas cengkeraman Kudo. Grab yang lebih terpusat di kota-kota primer …