Cara Investasi Reksadana Bagi Pemula

Investasi

Duitkita.net – Dewasa ini jenis investasi berbasis reksadana mulai banjir peminat. Para peminatpun terdiri dari banyak kalangan. Mengingat keuntungan yang ditawarakan tidak sedikit sehingga membuat orang berlomba-lomba mencari informasi tentang bagaimana cara bermain dengan portofolio jenis ini.

Pada dasarnya, protofolio merupakan sekumpulan aset baik milik anda sendiri atau perusahaan yang dapat berupa emas, saham, obligasi, properti hingga deposito. Hal ini dapat anda gunakan untuk tujuan jangka panjang ataupun tujuan jangka pendek.

 

Tips Cara Investasi Reksadana

Yang perlu anda lakukan pertama kali ketika mulai mengambil keputusan untuk investasi ialah menentukan terlebih dulu tujuan anda, untuk jangka panjang, menengah atau jangka pendek. Umumnya jangka pendek berkisar 1 hingga 2 tahun, untuk jangka menengah antara 5 tahun ke bawah sedangkan untuk jangka panjang di atas 5 tahun.

Aneka jenis usaha yang anda lakukan tentu berpeluang memiliki resiko, sama halnya dengan usaha yang satu ini. Anda harus mengenali resiko apa yang mungkin timbul dan muncul. Untuk produk reksadana terdapat lebih dari 800 yang ada di Indonesia sehingga sebelum anda memutuskan untuk memilih sebuah produk, pelajari terlebih dulu propektus dan Fund Factsheet.

Rescuing the dollar
Rescuing the dollar

Untuk tempat pembelian, pasikan anda membeli produk tersebut pada tempat resmi yang telah di tentukan, yakni pada lembaga yang benar-benar ditunjuk untuk mengelola. Selain itu, anda hanya dapat melakukan transaksi jual-beli pada hari bursa saja.

 

Cara Investasi Reksadana

Untuk hal ini anda dapat mendatangi secara langsung pihak yang terkait pada jam bursa. Selain itu, anda juga harus menerapkan sikap yang positif, dalam artian begini, apabila terdapat penurunan nilai 1 juta, maka anda harus tenang dan beranggapan bahwa kemungkinan untuk nilai tersebut naik level yang lebih tinggi juga ada.

Sebelum memulai memantapkan pilihan bermain reksadana terlebih dulu anda harus siap menerima apapun resiko yang mungkin akan muncul. Karena apapun jenis usaha yang anda tekuni tentu selalu ada resiko yaang mengancam.

Untuk memulai proses pembelian hingga investasi, anda harus mempersiapkan beberapa kelengkapan surat-surat, seperti identitas anda yang menunjukkan warga negara Indonesia yakni KTP dan NPWP, syarat tersebut wajib jika anda berinvestor untuk diri anda sendiri atau pribadi. Namun, jika membawa nama institusi atau persahaan maka persyaratan yang wajib terpenuhi ialah anggaran dasar perusahaan, hingga dokumen lain yang berhubungan dengan perusahaan sebagai calon investor.

Segala ketentuan surat dan dokumen tersebut merupakan bagian dari prinsip KYC (Know Your Customer) yang sudah di tetapkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga sifatnya wajib. Segala surat atau dokumen yang telah anda setorkan kemudian akan di salurkan kepada manajer yang bersangkutan. Lalu andapun akan di berikan perintah untuk mentransfer sejumlah uang senilai dengan produk reksadana yang anda pilih ke rekening penampungan.

Setelah transaksi, dan segala kegiatan berkaitan dengan hal tersebut selesai anda akan mendapat surat konfirmasi transaksi, dan tiap bulan anda akan mendapatkan laporan perkembangan dana tersebut.

Bagi anda para pemula investasi, hendaknya membaca beberapa pengetahuan terkait dengan transaksi yang dilakukan. Agar wawasan anda semakin bertambah dan andapun tidak akan merasa panik ataupun cemas sewaktu terjadi beberapa resiko. Resiko kerugian pasti akan datang, namun percaya saja bahwa selalu ada jumlah lebih dan laba yang dapat anda peroleh dari kegiatan tersebut.

 

 

 

Investasi
Investasi Emas Melalui Komunitas, Bonus Silaturahmi

  TEMPO.CO, Bandung – Dua tahun lalu, Dewi Intan, 43 tahun, menerima ajakan sahabatnya, Santy Sriharyati, untuk mengikuti arisan emas. Niatnya sederhana: membayar uang masuk sekolah anak-anaknya. “Saya sudah ikut arisan emas yang kesembilan. Sekarang saya lebih ke menyimpan dana,” kata Intan ketika ditemui di Restoran Centropunto, Bandung. Intan menuturkan …

Investasi
Investasi Emas Kian Dilirik | Kaltim Post

[ad_1] PROKAL.CO, align=”left”>BALIKPAPAN –  Meningkatnya pemahaman masyarakat atas investasi emas, turut mendorong kinerja PT Pegadaian (Persero) Kanwil Balikpapan. Logam mulia ini pun menjadi salah satu fokus bisnis mereka tahun ini. Deputi Pemimpin PT Pegadaian Kanwil Balikpapan Firman Alghazali mengungkapkan, pihaknya akan berupaya meningkatkan saldo nasabah dalam produk Tabungan Emas. Berbeda …

Investasi
Terjang Inflasi dan Kokohkan Tabungan dengan Cara Ini : Okezone Ekonomi

[ad_1] INFLASI adalah suatu perubahan pada harga yang dipengaruhi oleh mekanisme pasar. Inflasi tidak akan mengurangi jumlah uang yang anda miliki, inflasi hanya akan memengaruhi nilai uang saja. Contohnya jika pada tahun 2005, uang Rp100 ribu mampu membeli 10 kg beras, pada tahun 2016, uang Rp100 ribu …