Cara Memaksimalkan Blog Untuk Mengembangkan Bisnis


JAKARTA, KOMPAS.com – Blog merupakan sebuah web atau media di Internet yang bisa dimiliki oleh personal maupun perusahaan atau komunitas. Blog tidak memiliki isi yang khusus, semua tergantung Anda pemiliknya yang ingin mengisinya dengan cara apapun.

Tak jarang blog terkenal karena isi yang memang menarik seperti halnya keseharian, ulasan bahkan mengenai bisnis atau usaha.

Bisnis merupakan satu dari sekian banyak usaha atau kegiatan ekonomi yang bisa dilakukan oleh masyarakat khususnya masyarakat Indonesia.

Karena daya kreatif mereka yang tinggi dan keinginan untuk bisa mandiri, banyak pengusaha atau pebisnis berhasil dan menginspirasi yang memang datang dari Indonesia.

Untuk memajukan bisnis sendiri di zaman modern ini tidak lagi kuno, layaknya promo di radio atau di koran, bahkan bisnis sudah memasuki internet dan blog.

Bagaimana tips menaikan dan mengembangkan bisnis dengan menggunakan blog?

Isi Blog Dengan Produk

Pertama yang harus dilakukan adalah mengisi blog tersebut dengan produk atau bisnis agar sesuai. Misalnya Anda menjual pakaian, maka isi blog dengan promo atau pengenalan produk itu.

Ada apa saja di produk Anda yang ingin ditampilkan di promosikan, setelah itu sering-seringlah posting mengenai produk tersebut agar masyarakat semakin tahu mengenai isi blog Anda dan seluruh produk yang dijual atau bisniskan.

Jika menjual jasa maka jelaskan jasa seperti apa yang dijual, kemudian promosikan seperti ulasan atau komentar para konsumen yang sudah pernah menggunakan jasa Anda.

Semakin banyak ulasan baik yang ditampilkan di blog, maka akan semakin banyak orang yang percaya terhadap blog Anda.

Profesional dalam Bekerja

Meskipun menggunakan blog untuk pembelian dan pelayanan tetaplah untuk profesional dan bekerja dengan maksimal. Terkadang beberapa usaha menyertakan produk dan pembelian, atau susunan untuk berbisnis dengan Anda.

Namun mereka tidak mengontrol blog tersebut dengan rutin dan melayani konsumen dengan baik. Tentu saja akan timbul nilai positif dalam usaha Anda.

Meskipun melalui media internet atau tidak secara langsung cobalah tetap mencari customer service jika tidak bisa menghandle nya sendiri.

Jika masih bisa, jangan lupa untuk terus menerus mengecek blog Anda dan layani pelanggan layaknya mereka membeli atau bertransaksi langsung dengan Anda.

Rutin Mengisi Konten

Berbeda dengan iklan di media seperti televisi atau radio, di mana Anda membayarnya maka mereka akan mengiklankan produk atau jasa Anda. Namun berbeda dengan cara kerja blog atau internet. Anda harus bisa mengisi konten blog dengan rutin dan juga sesuai.

Jika mengisinya dengan benar, maka ketika orang lain mencari kata kunci blog akan tampil di urutan pertama atau yang menjadi “toplist” dari pencarian tersebut.

Agar hal ini terjadi ada beberapa cara yang harus dilakukan, pertama Anda membuat kata kunci yang tepat dan banyak di blog Anda.

Selanjutnya, memposting konten terus menerus dan rutin tanpa berhenti setiap hari atau minggunya, menggunakan susunan konten yang tepat maka tidak terlalu berlebihan atau kurang.

Sisanya isi blog sesuai kategorinya, jika diisikan untuk usaha maka jangan dirubah ke “daily blog” seperti blog umumnya.

Berikan Kolom komentar atau Tombol Kirim Pesan

Pasti akan ada pengunjung yang ingin bertanya atau sekadar memastikan apakah produk usaha Anda ada atau tidak. Jika menjual jasa maka Anda juga akan ditanyakan terkait proyek atau transaksi bisnis lainnya.

Umumnya mereka enggan jika langsung menanyakan lewat “contact person” atau kontak yang sudah disediakan lewat blog mereka pasti enggan.

Namun jika sudah menyediakan di blog tersebut mereka tidak akan ragu untuk bertanya mengenai hal-hal yang tidak dimengerti karena lebih simpel dan sederhana.

Jika tidak kolom komentar saja pada setiap produknya, maka akan lebih mudah mereka bertanya. Namun perbedaan kolom chat dan komentar yakni privasi yang dimiliki oleh konsumen dan Anda sebagai pemilik usaha.

Input Artikel atau Berita Promo

Terakhir blog merupakan media untuk membantu mereka membaca informasi atau melihat informasi.

Sertakan juga artikel atau berita promo atau informasi terkait jasa atau produk Anda, sehingga mereka yang mungkin tidak tahu bisa mengerti apa yang Anda jual, bagaimana kualitas dan lain sebagainya.

http://assets.kompas.com/crop/0x0:780×390/780×390/filters:watermark(data/photo/2017/02/01/42081130591.png,0,-0,1)/data/photo/2015/09/04/1632173BlogSpot-page780x390.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments