Cara Mengatur Keuangan Menurut Zodiak, Kamu Banget Nih!


Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda dalam mengelola keuangan mereka. Dilihat dari wataknya, berikut cara mengatur keuangan dari setiap zodiak:

1. Capricorn (22 Desember – 20 Januari)

Kalau ikut investasi itu ada risikonya nggak? Di mana datangnya keuntungan itu? Jangan-jangan itu penipuan!

Para pemilik zodiak capricorn sudah sangat terkenal kepiawaiannya mengatur keuangan. Mereka selalu memperhitungkan segala hal berkaitan dengan uang yang mereka miliki. Para Capricorn tidak akan mudah tergoda membelanjakan uang mereka. Karena mereka bukan merupakan pribadi yang boros. Hal ini mungkin mengakibatkan sebagian besar image orang berzodiak capricorn cenderung dianggap pelit.

Selain itu Capricorn lebih suka bertahan bekerja di perusahaan mapan, atau menyimpan uang mereka di bank pemerintah. Sifat mereka yang terlalu takut akan risiko ini menyebabkannya terkadang sedikit ragu melakukan investasi.

Tips :

Hemat sih boleh hemat, tetapi ada baiknya kamu yang berzodiak capricorn menggunakan uangmu sebagai sarana investasi. Melihat dari segi kebiasaan yang sangat perhitungan, kamu bisa memulai investasi dari saham. Dengarkan nasehat Gemini dan Sagitarius selama bulan-bulan September, Oktober, dan November.

2. Aquarius (21 Januari – 20 Februari)

Hey guys! Ini nih dress yang lagi jadi trend bulan ini, kemarin aku belinya di butik sebelah, belum banyak yang pakai  lho…

Zodiak satu ini berbanding terbalik dengan para capricorn. Mereka yang berada pada zodiak aquarius cenderung boros dalam mengelola keuangan. Pemborosan itu biasanya diakibatkan oleh kebiasaan mereka yang suka berbelanja untuk memperindah penampilan maupun bermurah hati kepada teman-temannya. Namun, kecintaan mereka akan fashion dan trend menjadi keunggulan tersendiri bagi para aquarius. Aquarius bisa menjadi pemimpin bisnis masa depan dengan kemampuan membaca trend tersebut

Tips:

Buat anggaran biaya perbulan yang dikeluarkan untuk membeli pakaian dan pernak-perniknya. Hal ini bertujuan agar pengeluaran untuk fashion tidak mempengaruhi anggaran untuk kebutuhan pokok. Selain itu, mulailah menyisihkan sedikit dari penghasilan untuk ditabung.

Hal ini berguna untuk membeli sesuatu yang harganya cukup mahal nantinya. Jangan lupa juga manfaatkan kebiasaan kalian yang menyukai trend bisa menghasilkan uang di kemudian hari. Ada baiknya kamu mendengarkan nasihat dari Capricorn dan hindari Aries atau Leo.

3. Pisces (21 Februari – 20 Maret)

Ok, Hari ini aku mau facial di Skin Care A, trus besok mau ke Salon B buat ganti model rambut, lusa enaknya massage di Spa C ah…

Dalam hal keuangan, Pisces menginginkan segala sesuatunya simpel tanpa adanya perhitungan matang terhadap uang yang dibelanjakan. Hasilnya mereka sering terjebak dengan gaya hidup gali lubang tutup lubang. Ditambah para pisces menyukai hal-hal yang bersifat merawat diri. Sehingga uang mereka cenderung larinya ke arah hal-hal tersebut. Akan tetapi pisces memiliki kemampuan mencium sehingga kemungkinan ia berhasil investasi secara cerdas. Karena mereka tertarik bukan dengan kekayaan berbasis uang tetapi kekayaan fisik seperti properti.

Tips:

Untuk menghindari kebiasaan buruk pisces dalam berbelanja, sebaiknya kamu membuat anggaran terlebih dahulu dan mengikuti anggaran tersebut dengan sepenuh hati. Hindari penggunaan kartu kredit karena hal ini dapat membuat kamu kebablasan dalam mengontrol keuanganmu.

Dalam hal keuangan jangka panjang, melirik ketertarikanmu terhadap kekayaan secara fisik, ada baiknya mulai menjalankan ide usaha yang selama ini telah kamu pikirkan. Mulailah dari membuat kerangka bisnis. Atau, apabila kamu lebih tertarik dengan investasi, sebaiknya kamu melakukan investasi terhadap properti. Untuk bantuan keuangan, coba temui Scorpio, Virgo, Cancer atau Capricorn.

4. Aries (21 Maret – 20 April)

Guys! Akhirnya aku jadi ambil smartphone S yang kemarin itu. Mahal sih, tapi fiturnya keren banget ! Ya worth it lah mumpung HP jadulku udah rusak…

Aries memiliki sifat yang mandiri dalam hal mengatur keuangan. Tetapi mereka juga memiliki sisi jelek yang lain yaitu impulsif dan boros. Para aries tahu betul cara berbelanja yang baik. Mereka cenderung membeli barang mahal akan tetapi dapat bertahan lama. Karena mereka berharap ke depannya mereka tidak akan hura-hura dan bisa menabung. Sebaiknya para aries ini berhati-hati akan sifat antusias mereka. Karena bila tidak terkontrol mereka akan terjerumus pada perilaku konsumtif dan permasalahan keuangan.

Tips:

Dalam berbelanja ada baiknya kamu meminta pendapat orang terdekatmu, apakah barang tersebut sebaiknya dibeli atau tidak? Maupun apakah harga barang yang didapat sesuai dengan kegunaan yang ditawarkan? Bila tidak sebaiknya tidak usah membeli. Bila kamu menyukai dunia wirausaha, ada baiknya kamu menyalurkan rasa antusiasme ini pada sesuatu hal yang bisa mendatangkan pundi-pundi uang.

Orang-orang Virgo dan Capricom bisa menjadi penasihat keuangan Anda. Hati-hati dengan Pisces yang pandai bicara, Gemini dan Libra.

5. Taurus (21 April – 21 Mei)

Kayaknya sih bagus kalau aku coba investasi di properti. Apa lebih bagus di saham ya? Apa coba ikut trend investasi emas?

Meski sering di cap “lamban”, para pemilik zodiak satu ini pintar menganalisa keadaan, produk dan kesempatan investasi. Mereka juga kuat dalam menahan godaan belanja. Akan tetapi sifatnya yang agak sedikit malas ini membuat tak jarang di antara mereka sering berbelanja secara online. Mereka umumnya akan berusaha keras mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Para pemilik zodiak taurus umumnya menyukai barang-barang mewah.

Tips:

Sama halnya dengan capricorn, taurus juga pandai mengatur keuangan. Sehingga ada baiknya mereka mulai menggunakan uang untuk menjalankan bisnis yang nantinya membawa keuntungan. Dengarkan nasihat Taurus, Scorpio dan Capricom. Hindari Aries, Leo dan Gemini.

6. Gemini (22 Mei – 21 Juni)

Udah kerja mati-matia , tapi kok uangnya ga ada ya? Jangan-jangan dicuri sama tuyul

Pasti itu yang kadang-kadang terpikirkan dalam benak kamu yang berzodiak gemini kan? Kamu yang berzodiak gemini sudah terkenal dengan kegigihannya dalam bekerja dan berusaha untuk mendapatkan uang. Segala jenis usaha umumnya mereka coba demi menambah pundi-pundi pemasukan.

Pokoknya asal menghasilkan uang yang halal dan tidak merugikan siapapun, kamu akan siap mencobanya, ya nggak? Nggak ada yang salah sih. Tapi coba deh kontrol arus keuanganmu. Hal terpenting dalam keuangan adalah mengontrol arus kas.

Tips:

Berhubung gemini suka bekerja keras mengumpulkan uang, ada baiknya kamu melakukan pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utamamu, dan yang terpenting tetap menjaga dan mengontrol arus kas keuanganmu. Bagaimana caranya?

Dari sekarang kamu bisa mencatat masuk keluarnya uang dari kantong sakumu. Pencatatan ini dapat kamu gunakan sebagai kontrol atas pengeluaran terhadap beberapa hal, yang mengakibatkan usahamu mengumpulkan uang menjadi sia-sia. Penasihat keuangan yang baik untuk Gemini adalah Scorpio dan Capricom. Hati-hati dengan Pisces.

7. Cancer (22 Juni – 22 Juli)

Hmm pengen cheese cake, tapi tiramisunya juga kelihatan enak, atau beli redvelvet aja? Duh bingung semuanya enak! Kalau gitu beli semua deh!

Orang yang bernaung di bawah zodiak cancer pasti sering mengalami kedilemaan seperti di atas saat berbelanja. Mereka adalah seorang emotional spender. Mereka akan bersifat impulsif pada saat berbelanja. Mereka juga terkenal ringan tangan dalam hal keuangan alias royal kepada keluarga maupun orang terdekatnya.

Tips:

Masalah keuangan dan bisnis cancer tidak perlu diragukan lagi kecerdasannya. Untuk itu cancer perlu memperhatikan bagaimana mengatur uang dan cara menyimpannya. Mereka sebaiknya belajar berinvestasi untuk menambah aset kekayaannya. Bagi para cancer, bebas dan nyaman secara finansial adalah impian mereka.

Jadi mulai sekarang bagi kamu yang berzodiak cancer jangan hanya bermimpi dan berencana saja. Tanpa usaha, mimpi itu tak akan bisa kalian raih. Lakukanlah aksi nyata mulai sekarang! Bingung harus memulai darimana? Coba deh tekuni hal-hal yang kalian sukai. Bila perlu cobalah membaca buku bisnis seperti “Rich Dad, Poor Dad”-nya Robert Kiyosaki. Buku itu akan membuka cakrawala pemikiranmu dalam hal bisnis dan investasi. Hindari Libra yang doyan pesta. Tapi jalinlah persahabatan dengan Capricorn, si bijaksana.

8. Leo (23 Juli – 22 Agustus)

Pengen beli itu, tapi uang udah habis padahal masih awal bulan

Zodiak satu ini memiliki hobi berbelanja dan mereka mempunyai selera tinggi akan kualitas barang-barang yang dibelinya. Leo biasanya lebih memilih beli barang yang memiliki prestige tinggi ketimbang barang dengan merek lain yang setipe. Sering sekali mereka kehabisan uang bahkan sebelum akhir bulan, hanya untuk berbelanja suatu hal yang mereka anggap bisa mengibur. Perilaku seperti ini sangat berbahaya bagi kelangsungan masa depan keuangan leo bila tidak dihentikan.

Tips:

Bagi kamu yang berzodiak Leo, cobalah untuk lebih berhemat dalam berbelanja. Tidak ada salahnya untuk mencoba membeli barang-barang yang biasa saja asal memiliki kualitas dan fungsi sama baiknya dengan produk dengan gengsi tinggi. Dengan begitu, sisa uangnya bisa ditabung untuk kebutuhan yang lain.

Leo memiliki sifat kreatif dan seringkali memiliki hobi untuk menghibur diri. Agar bisa lepas dari cengkeraman utang, cobalah berpikir kreatif dengan mengubah hobi kamu menjadi pekerjaan sampingan yang menguntungkan. Dengan ini, kamu bisa membayar utang lebih cepat. Saat musim belanja, hindari Gemini. Dengarkan nasihat bijak dari Capricorn dan Taurus.

9. Virgo (23 Agustus – 22 September)

Mbak, ini barangnya benar-benar bagus? Tapi ini kok ada sedikit lecet di bagian sebelah kanan? Trus apa nggak ada diskon gitu?

Inilah dia sang perfeksionis di antara 12 zodiak lainnya. Jangan ditanya lagi kelihaian para virgo dalam mengatur keuangan. Orang-orang Virgo sangat cakap dalam berhemat. Mereka selalu dapat menyisihkan sebagian dari pendapatannya untuk ditabung dan bisa menahan diri dalam berbelanja. Oleh sebab itu, mereka cenderung jarang menikmati pendapatannya. Wih keren yah! Salut deh buat si virgo ini!

Tips:

Nnggak banyak sih tips buat si virgo. Cuma mengingatkan untuk berinvestasi agar uang yang mereka sisihkan dapat menghasilkan keuntungan. Bila sudah pernah mencoba berinvestasi pada emas, obligasi maupun reksadana boleh juga tuh. Termasuk investasi lain seperti saham, properti bahkan waralaba.

Aries dapat membuat kamu lebih santai dan spontan. Hati-hati dengan Gemini dan Sagitarius yang dapat membuatmu terhanyut jauh.

10. Libra (23 September – 22 Oktober)

Wah akhirnya gajian! Pulang kerja mau langsung hang-out dan shopping ahhh…

Meski sebenarnya libra setuju dengan ide hidup sesuai dana yang ada, tapi pada kenyataannya seringkali gagal. Mereka bisa mati-matian mengencangkan ikat pinggang untuk menghemat sisa-sisa uang terakhir. Tapi ketika di tangan masih banyak uang, mereka akan

cenderung sering lepas kendali. Ini tidak lepas dari kegemaran libra pada barang-barang mewah dan indah. Apalagi mereka sangat doyan pesta. Mereka ingin selalu tampil cantik atau tampan ketika bersosialisasi dengan teman-teman. Mereka juga sama seperti cancer yang sangat ringan tangan dalam hal keuangan khususnya dengan pasangan maupun para sahabat.

Tapi terkadang beberapa orang memanfaatkan sikap baik libra ini, sehingga sering kali si libra ini kena tipu. Duh kasihan ya. Untuk itu libra perlu hati-hati dalam bergaul, jangan sampai dimanfaatkan lagi, oke?

Tips:

Kamu itu pecinta kebebasan bahkan dalam hal keuangan. Sehingga sering kali kamu tidak memperhatikan pengeluaran ketika memegang uang. Apapun yang diinginkan pasti kamu beli, entah itu barang maupun makanan. Nah jadi mulai sekarang belajarlah membuat anggaran belanja dan menaatinya. Dalam hal membantu orang di sekitarmu juga sebaiknya kamu berhati-hati.

Jangan sampai kamu dirugikan lagi. Buanglah kebiasaan berhutang dan mulai sekarang berjanjilah untuk belajar berinvestasi. Beberapa libra menyukai seni, ada baiknya kamu mencari uang tambahan dari bakatmu itu.

Pada saat bersuka tia, tak ada salahnya bergaul dengan Cancer atau Virgo yang bisa mengendalikan kamu. Hindari Gemini, Aquarius dan Pisces.

11. Scorpio (23 Oktober – 21 November)

Target pendapatan untuk bulan ini sudah tercapai, jadi bulan depan targetnya harus 30% lebih banyak dari bulan ini

Pekerja keras, ulet, gigih dan rajin bekerja adalah sebutan bagi para scorpio. Mereka merupakan pengumpul uang yang handal. Karena mereka merasa mudah mendapatkan uang. Tidak jarang mereka merasa tak sayang untuk menghabiskan uang untuk membeli barang yang disukai walau harganya selangit. Scorpio juga sangat ringan tangan. Mereka sering menghabiskan uang  dalam acara amal maupun membantu teman-temannya. Wah keren ya.

Tips:

Bagi kamu berzodiak scorpio, ada baiknya menabung uang untuk bekal masa depan nantinya. Buat perencanaan jangka panjang matang terkait hal-hal yang dibutuhkan di masa depan, seperti untuk dana pernikahan, cicilan kendaraan, KPR rumah, biaya pendidikan anak dan dana pensiun nantinya.

Sukses akan menanti jika kamu menjalin kerja sama dengan sesama Scorpio. Taurus dan Aquarius akan memberikan kegembiraan berpetualang.

12. Sagitarius (22 November – 21 Desember)

Hidup kan cuma sekali,  jadi harus dinikmati

Para Sagitarius umumnya penikmat kehidupan. Mereka tidak takut mencoba hal baru dan mengambil risiko dari setiap tindakan. Sagitarius juga berjiwa petualang yang membuat mereka hobi jalan-jalan. Selain itu, Sagitarius juga terkenal boros dalam keuangan dan cenderung membelanjakan uang di luar anggaran yang tersedia.

Tips:

Kamu yang berzodiak Sagitarius, mulailah belajar menahan diri untuk tidak tergoda akan hal-hal yang akan menghabiskan uang. Ada baiknya mulai berhemat dan menabung sebagian dari pendapatan, ke jenis simpanan yang tidak mudah dicairkan seperti deposito. Hal ini perlu karena kalau menyimpan uang ke tabungan di bank, Sagitarius akan cenderung untuk tergoda menariknya.

Kebanyakan Sagitarius mengalami kemandekan justru ketika sedang berusaha serius menangani urusan keuangan. Pasangan bisnis yang cocok adalah Libra atau Aries. Hati-hati dengan Cancer, Scorpio dan Pisces.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2017/07/031994300-1439284069-dollarphotoclub-65214960-5a6a47ea6af728adcfeaed617ca0f565_600x400.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments