Cara Meraup Untung di Bisnis Laundry

Bisnis

[ad_1]

VIVA.co.id – Berbisnis adalah langkah jitu untuk menambah pundi-pundi rupiah. Anda yang memiliki pekerjaan tetap sebagai karyawan pun bisa berbisnis untuk menambah penghasilan. 


Keuntungan yang didapat dengan berbisnis bisa jadi lebih besar ketimbang gaji bulanan Anda sebagai karyawan.


Ada banyak peluang bisnis yang bisa dikerjakan. Di antaranya adalah bisnis jasa laundry. Bisnis yang satu ini tergolong sangat mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan tempat khusus. Jadi Anda tidak perlu menyewa tempat saat akan membuka bisnis ini, Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah juga.


Bisnis jasa laundry mengalami peningkatan yang pesat dari tahun ke tahun. Peningkatan ini tidak hanya terjadi pada daerah urban atau perkotaan, melainkan juga pada daerah pedesaan. 


Para ibu rumah tangga yang ada di pedesaan sering menjadikan usaha jasa laundry sebagai usaha sampingan. Jadi, setelah selesai mengerjakan urusan rumah, ibu rumah tangga bisa melakukan usaha laundry ini.


Alat-alat yang dibutuhkan untuk usaha laundry juga terbilang cukup simple atau sederhana. Anda hanya membutuhkan mesin cuci, deterjen, pewangi pakaian dan air. Alat tambahan yang dibutuhkan antara lain mesin kiloan, plastik, dan keranjang. Sangat sederhana, bukan? 


Banyaknya jasa usaha laundry saat ini membuat Anda harus siap untuk bersaing dengan yang lainnya. Jika tidak ingin kalah bersaing dalam bisnis jasa laundry, simak beberapa tips di bawah ini dari Cermati.com.


1. Pilih lokasi yang tepat


Lokasi adalah hal vital yang sangat menentukan keberhasilan bisnis Anda di masa yang akan datang. Pemilihan lokasi bisnis yang tepat sangat memengaruhi besaran pendapatan yang akan diterima. 


Untuk lokasi, sebaiknya pilih daerah akademik atau daerah kampus. Daerah seperti ini biasanya akan diisi oleh mahasiswa yang datang dari luar daerah tersebut. 


Sehingga peluang untuk mengembangkan bisnis akan semakin terbuka lebar dan keuntungan yang dihasilkan juga akan semakin banyak.


Selain daerah kampus, Anda juga cocok membuka usaha ini di daerah komplek perumahan. Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar jika mampu menangkap peluang ini. 


Apalagi Anda juga tidak membutuhkan tempat khusus untuk menjalankan bisnis laundry karena bisa dilakukan di rumah sendiri.


2. Persaingan pasar


Sebelum berencana membuka bisnis laundry di dekat tempat tinggal, sebaiknya Anda perlu melihat daerah di sekeliling Anda. Apakah bisnis ini sudah ada atau belum. Kalau sudah ada, maka Anda harus siap untuk bersaing dalam memperebutkan hati konsumen. 


Tentu saja Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk memperkenalkan bisnis baru itu kepada masyarakat. Lain halnya jika di daerah yang belum terdapat jasa usaha laundry. Maka peluang bisnis ini semakin mudah untuk dijalankan.


Amati daerah di sekitar Anda, lihat seberapa besar usaha laundry yang ia jalankan, berapa mesin cuci yang dimilikinya, dan seperti apa layanan yang ia berikan kepada para konsumen. Dengan mengintip sedikit dari orang lain, maka Anda bisa membangun usaha laundry yang lebih baik.


3. Berikan pelayanan terbaik


Setelah beberapa bulan menekuni bisnis laundry, tentu pelanggan yang didapatkan akan semakin banyak. Untuk bisa mempertahankan pelanggan atau bahkan menambah jumlah pelanggan, maka Anda perlu memberikan pelayanan terbaik. 


Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan kualitas terbaik. Untuk bisa mewujudkannya, Anda bisa menambah jumlah karyawan agar kualitas pelayanan tetap terjaga.


Agar jasa laundry semakin memanjakan konsumen, Anda juga bisa menambahkan berbagai fasilitas tambahan. Seperti musik atau wifi. Jadi sembari menunggu hasil laundry siap dibawa pulang, konsumen bisa menikmati alunan musik yang diputar atau browsing di internet. 


Memang akan ada biaya tambahan untuk pembayaran wifi. Namun hal tersebut bukanlah masalah besar buat Anda. daripada kehilangan konsumen, pilih yang mana?


Itulah beberapa tips yang sangat mudah untuk dilakukan bagi yang ingin terjun langsung dalam usaha jasa laundry. Untuk bisa mengembangkan usaha, tentu saja Anda dituntut untuk menjadi orang yang ulet dan tidak gampang menyerah. (ren)

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/10/21/5809b5d891f7c-jasa-laundry-di-denpasar-bali_641_452.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Kredit Wuling Jogja Termurah dan Banyak Bonus

Menggabungkan kelas pelatihan penjualan otomotif ini gratis untuk kredit wuling jogja mempromosikan profesionalisme melalui pendidikan. Pearson Toyota ingin membantu Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik pembiayaan dan sewa mobil tersedia. Selain itu, mobil sewa kami serta kendaraan bekas lain termasuk perusahaan sertifikat, 12/12 terbatas Powertrain garansi dan 12-bulan Unlimited Roadside Assistance …

Bisnis
Harga Cetak Kalender 2018 Termurah

harga cetak kalender 2018 ialah peranti penjualan yang luar biasa serta ekonomis, serta aturan sempurna buat membenarkan kalau merk kamu konsisten di depan klien kamu sepanjang tahun. tiap laman bulanan didesain buat pencetakan pada kertas skala warkat, tolak ukur. memakai percetakan ekonomis almanak buat bidang usaha almanak membikin amplop besar …

Bisnis
Gabung Grab, Jangkauan Bisnis Kudo Bakal Menggurita

[ad_1] Jakarta, CNN Indonesia — Setelah akuisisi oleh Grab rampung, Kudo menyebut skala bisnisnya berkembang pesat. Peran pengemudi Grab yang begitu banyak jadi salah satu alasan jangkauan Kudo lebih ‘menggurita’. CEO Kudo Albert Lucius menggambarkan perbedaan segmen pasar dengan Grab memperluas cengkeraman Kudo. Grab yang lebih terpusat di kota-kota primer …