Cara Untung Investasi Emas di Pegadaian

Bisnis

[ad_1]

VIVA.co.id – Emas menjadi salah satu investasi yang paling menguntungkan selain saham, reksa dana, deposito, properti, dan sebagainya. Hal ini mendorong banyak orang ingin memiliki atau berinvestasi emas. 

Tetapi, mereka merasa khawatir untuk menyimpannya di rumah karena dirasa kurang aman. Tidak hanya di rumah, masih ada banyak cara menyimpan emas. Salah satunya dengan menggunakan fasilitas yang diberikan perusahaan negara, seperti Pegadaian. 


Bagaimana caranya? Nah, berikut sejumlah cara untuk berinvestasi emas di Pegadaian yang dihumpun Cermati.com.

1. Titip emas di Pegadaian

Layanan yang dibuka Pegadaian ialah jasa penitipan emas. Dengan ini, Anda bisa menitipkan emas yang dimiliki dengan aman dan terjamin serta biaya yang terjangkau.

Anda akan mendapatkan asuransi atas emas yang disimpan di Pegadaian, sehingga tidak perlu khawatir akan kehilangan emas tersebut.

Pegadaian mengenakan biaya jasa penitipan emas yang cukup terjangkau yaitu hanya Rp20 ribu per 100 gram tiap bulan. Jadi, jika Anda menitipkan emas seberat 1 kilogram, biaya per bulannya sebesar Rp200 ribu.

2. Miliki emas dengan mencicil

Pegadaian juga membuka layanan jual beli emas dengan cara dicicil. Silakan Anda mendatangi kantor Pegadaian terdekat untuk memilih logam mulia yang diinginkan.

Namun, ada uang muka (down payment) yang harus dibayar. Besarannya antara 20-30 persen dari nilai emas. Selanjutnya, Anda dapat menentukan lamanya jangka waktu cicilan antara 1-36 bulan serta jumlah cicilannya. Tenor cicilan ini berkorelasi dengan besarnya jumlah cicilan.

Setelah menentukan semua itu dan melunasi cicilan, Anda dapat menerima emas dalam waktu 1-2 pekan dari waktu pelunasan. Selain mendatangi langsung kantor Pegadaian, Anda pun dapat mencicil emas secara online melalui website Pegadaian.

3. Buka rekening tabungan emas

Tabungan emas memiliki konsep, yaitu Anda membeli emas dan menitipkannya di Pegadaian serta dapat mencairkannya ketika membutuhkan uang. Ini lah yang diartikan sebagai tabungan emas.

Masyarakat semakin dimudahkan dengan adanya produk ini lantaran cukup dengan Rp5.000 dan Rp10.000, Anda dapat berinvestasi emas seberat emas 0,01 gram.

Harga emas di tabungan emas akan disesuaikan dengan harga ketika transaksi dilakukan kali pertama dan Anda akan menabung mulai berat emas terendah. Apabila ingin mencairkan tabungan emas, harganya akan disesuaikan dengan harga pada waktu itu.

4. Menggadaikan emas

Apabila memerlukan uang, tetapi tidak ingin menjual emas yang dimiliki, Anda dapat menitipkannya di Pegadaian dengan cara gadai. Besarnya peminjaman yang bisa didapatkan dari gadai emas ini, yaitu 85 persen dari harga emas. Jadi, bila emas milik Anda ditaksir senilai Rp1 juta, besarnya pinjaman yang didapatkan, yaitu Rp850 ribu.

Penitipan emas di Pegadaian berlaku selama empat bulan, tetapi bisa diperpanjang dengan tambahan biaya sewa. Pegadaian syariah mengenakan biaya gadai yang dihitung per 10 hari masa pinjaman, sedangkan pada Pegadaian konvensional per 15 hari. Selain biaya gadai, ada pula biaya administrasi yang harus Anda bayar.

5. Arisan emas

Cara selanjutnya untuk menyimpan atau berinvestasi dengan emas, yaitu melakukan arisan logam mulia di Pegadaian. Program tersebut dapat Anda ikuti dengan cara mengajukan permohonan ke kantor Pegadaian terdekat atau dengan membentuk kelompok yang terdiri atas enam orang atau lebih.

Ada pengundian yang dilakukan setiap bulan dalam program ini untuk mendapatkan satu keping emas. Pemesanan dalam satu kali undian minimal sebesar 1 gram dan maksimal tak terbatas. 

Namun, akan lebih baik jika Anda mendiskusikan kemampuan anggota untuk menentukan berat emas yang dipesan agar tidak membebani biaya bulanan. Pegadaian menerapkan harga flat, sehingga tidak perlu khawatir mengenai harganya yang fluktuatif. 

Sebab, naik atau turunnya harga emas tidak akan memengaruhi harga emas di program ini karena tidak akan berubah sejak awal perjanjian.

Jadi, jika ingin berinvestasi emas? Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan. Ada banyak cara untuk berinvestasi emas. 

Pilihlah yang paling sesuai dengan kemampuan Anda dan pastikan Anda dapat konsisten dengan pilihan tersebut. Sebaiknya, sebelum menentukan pilihan, Anda mempelajari cara tersebut dengan jelas dan sebaik mungkin. 

Jika Anda benar-benar serius dalam menjalaninya, kesuksesan dalam investasi emas tersebut pasti bisa diraih.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2012/11/06/178640_investasi-emas-di-indonesia_641_452.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Program Aplikasi Akuntansi Excel Dagang Siap Pakai

pakailah perangkat program aplikasi akuntansi excel dagang lunak buat menolong prosedur kodifikasi informasi finansial. adminsoft accounts ialah apps akuntansi berjenis full double entry accounting system yang didalamnya ada karakteristik serupa informasi accounts receivable, accounts payable, general ledger, stock control/inventory, purchase instruksi processing, sales invoicing, human resources, bersama mensupport multi konsumen, …

Bisnis
Bioskop Online Terbaru dengan Subtitle Indonesia

bioskop online terbaru dan download film gratis dengan kualitas HD dan rating film 5 dan di atas lengkap dengan Subtitle Indonesia. Mulai dari cashback di setiap pulsa pembelian, token listrik, tiket pesawat, makanan, aksesoris ponsel, perabot rumah, dan jangan lewatkan cashback untuk setiap pembelian tiket. Jangan lupa untuk menyiapkan nama, …

Jasa Belanja Amazon Kaskus
Bisnis
Jasa Belanja Amazon Kaskus Untuk Keluarga Ekonomis

Jasa Belanja amazon Kaskus branded original dari luar negeri. ingin nanya gan biaya anggar katana apa dapat d masukan d sini ?. dua keadaan pertama yang harus kamu kenali sebelum biaya di. bila fobnya melampaui 50 usd, sehingga selaku materi kalkulasi pajaknya mengenakan angka cif. akhirnya demikian lamban nunggu sampai …