Dibanding yang Lain, Investasi Emas Masih Lebih Menggiurkan


PROKAL.CO, KEINGINAN masyarakat untuk berinvestasi emas saat ini masih cukup tinggi. Dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, investasi emas tergolong investasi yang cukup menguntungkan. Selain itu investasi emas dilakukan oleh setiap lapisan masyarakat mulai dari segmen masyarakat menengah ke bawah hingga masyarakat elit.

Deputy Area Kalimantan Utara PT Pegadaian Yuliansyah, ketika ditemui Radar Tarakan (26/4) mengatakan salah satu keunggulan dari emas dibandingkan dengan investasi lainnya adalah memiliki sifat yang global, yaitu dapat diterima dan memiliki nilai di seluruh dunia. Sehingga emas tetap laku hingga saat ini dan dapat diperjualbelikan di seluruh dunia. “Emas merupakan protofolio investasi yang dapat dikelola sendiri,” ujarnya.

Dalam pengelolaan emas, masyarakat tidak diharuskan untuk bergantung kepada pihak ketiga. Selain itu, bila dibandingkan dengan jenis investasi lainnya seperti investasi saham yang sudah pasti bergantung pada perusahaan penerbit saham, emas tidak bergantung kepada siapapun. “Sehingga emas benar-benar merupakan jenis investasi yang dapat dikelola sendiri dan juga dapat dimanfaatkan sendiri,” tuturnya.

Selain itu, emas mempunyai nilai yang berbeda dengan komoditi lainnya. Emas cenderung stabil dari waktu ke waktu bila dibandingkan dengan komoditi lainnya. Emas juga berbeda dengan nilai mata uang. “Misalnya dulu harga emas Rp 25 ribu per gramnya, sekarang sudah hampir Rp 600 ribu per gramnya,” ujarnya.

Perubahan harga emas tersebut bukan karena harga emasnya yang naik, melainkan karena nilai mata uang yang menurun. Dikatakan Yuliansyah, bahwa emas merupakan salah satu jenis investasi yang bersifat liquid. Artinya dalam kurung waktu yang sangat singkat, emas dapat dikonversikan menjadi jenis investasi yang lain. “Misalnya masyarakat bisa menjual atau menggadaikan emas menjadi investasi ruko. Maka ruko tersebut dapat disewakan yang kemudian hasil sewanya dapat dibelikan investasi emas lagi. Begitu seterusnya,” tuturnya.

Untuk harga emas yang dijual PT Pegadaian Cabang Tarakan, disampaikan Yuliansyah, pada Rabu (26/4) pukul 11.00 Wita dengan berat 1 gram dijual Rp 596 ribu. Sedangkan untuk emas berat 5 gram dijual Rp. 2.806.000 dan emas berat 10 gram dijual Rp. 5.547.000. “Harga tersebut berlaku secara nasional. Setiap harinya pada pukul 11.00 Wita akan kami update lagi,” tuturnya.

Saat ini diakui Yuliansyah, masyarakat khususnya segmen menengah ke bawah masih menunjukkan minat berinvestasi yang cukup tinggi terhadap emas dengan berat 10 gram. Dari target yang ingin dicapai tahun 2017 ini, pihaknya pada triwulan pertama tahun ini telah mengumpulkan hampir 50 persen, yaitu sekitar 300 nasabah. “Emas tidak membuat kita kaya, tetapi emas membuat kita tetap kaya,” ungkapnya. (*/jhn/ash)

http://images1.prokal.co/webratar/files/berita/2017/04/27/dibanding-yang-lain-investasi-emas-masih-lebih-menggiurkan.JPG



Sumber Artikel

Komentar

comments