Eximbank Bidik Pendapatan Rp 18,9 T dari Bisnis Asuransi dan Penjaminan

Bisnis

[ad_1]

Jakarta – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank ternyata tidak hanya bergerak dalam bidang pembiayaan ekspor korporasi tapi juga penjaminan dan asuransi. Karena masih minimnya kontribusi dari kedua lini bisnis itu, perusahaan berpelat merah ini mulai fokus mengembangkannya tahun ini.

Managing Dierector Indonesia Eximbank Indra W. Supriadi mengatakan, selama ini para eksportir tidak mengetahui bahwa pihaknya mempunyai lini bisnis asuransi dan penjaminan. Padahal lini bisnis itu juga menjadi mandat Indonesia Eximbank

“Kedua instrumen ini tidak dikenal oleh banyak eksportir. Mereka tahunya penjaminan dan asuransi hanya dilakukan oleh perbankan dan perusahaan asuransi,” tuturnya seperti ditulis Selasa (23/5/2017).

Indra menjelaskan dari total aset LPEI per Maret 2017 mencapai Rp 105 triliun. Dari total aset itu lini bisnis asuransi dan penjaminan hanya menyumbang Rp 17,4 triliun atau sekitar 17%. Jika dilihat secara rinci lini bisnis asuransi sebesar Rp 9,5 triliun sedangkan penjaminan Rp 7,9 triliun.

Demi menggenjot lini asuransi dan penjaminan, Indonesia Eximbank akan fokus melakukan sosialisasi dengan menggandeng para pialang. Setidaknya ada 32 perusahaan pialang yang telah digandeng oleh Indonesia Eximbank.

“Pemahaman eksportir masih sangat rendah. Kita ingin sosialisasikan agar meningkat. Seringkali eksportir dan pihak yang menerima jaminan tersebut enggak yakin. Padahal boleh karena itu sesuai UU,” imbuhnya.

Jika pemahaman para eksportir meningkat, Indra yakin lini bisnis asuransi dan penjaminan akan meningkat. Pihaknya menargetkan kontribusi kedua lini bisnis itu akan meningkat 20% tahun ini.

Jika dari sisi nominal pihaknya menargetkan kontribusi kedua lini bisnis tersebut meningkat menjadi Rp 18,9 triliun, dengan porsi asuransi ekspor Rp 9,7 triliun dan penjaminan Rp 9,2 triliun.

Indra menjelaskan, untuk asuransi bisa dimanfaatkan oleh eksportir untuk menjaga barang-barang yang di ekspor. Selain itu asuransi Indonesia Eximbank juga bisa melindungi potensi gagal bayar dari buyer di negara tujuan ekspor, serta properti yang menunjang ekspor.

Hingga saat ini Indonesia Eximbank sudah mengantongi Rp 6 triliun untuk asuransi marine cargo, Rp 1 triliun untuk gagal bayar dan Rp 2 triliun untuk asuransi properti.

Sedangkan untuk penjaminan saat ini sudah ada 356 debitur dengan jumlah sertifikat penjaminannya sebanyak 1.109 lembar penjaminan. “Penjaminan yang paling besar proyek pab rik amonia yang di Riau nilainya sekitar Rp 23 triliun,” tandasnya. (dna/dna)

https://sgimage.detik.net.id/community/media/visual/2016/12/19/4d46691a-1092-4847-8307-bba2224ed66a_169.jpg?w=650

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Pelayanan Jasa Fumigasi Murah Terpercaya 2017

pelayanan jasa fumigasi murah. lagi pula bila pada malam hari dapat didengar suara kretek-kretek” kala di dalam keadaan diam, serta pula kita semua mencium terdapat jejak ataupun kolom tanah di gedung/rumah kamu. memakai teknik yang efektif buat membasmi persoalan anai-anai pada rumah/bangunan kamu. jadi penyedia pelayanan Ꭻasa kontra rayap-jasa pest …

wallpaper custom 3d
Bisnis
Jual Wallpaper Custom 3d Murah

Untuk pengalaman yang jauh lebih baik di Facebook, tingkatkan browser web Anda. Dalam pelebaran sayap perusahaan  wallpaper custom 3d, mereka selalu menawarkan promosi yang menarik dengan memanfaatkan media promosi yang sangat mudah dilihat dan dilihat oleh calon konsumen, dengan berbagai pepatah, desain logo serta gaya menarik untuk dikenal serta selalu …

Bisnis
Daftar Harga Jasa Cleaning Service Termurah di Jakarta

daftar harga jasa cleaning service ekonomis bermutu di jakarta. selaku fasilitator pelayanan, kita senantiasa berkomitmen buat memberi jasa yang melegakan dengan harga yang bersaing. info lengkap sepenuhnya hubungi pelanggan layanan serta marketing kita buat pengajuan serta survei langsung saja di lokasi kamu. dengan kawasan yang bersih, ruangan-ruangan yang bersih serta …