Eximbank Bidik Pendapatan Rp 18,9 T dari Bisnis Asuransi dan Penjaminan

Bisnis

[ad_1]

Jakarta – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank ternyata tidak hanya bergerak dalam bidang pembiayaan ekspor korporasi tapi juga penjaminan dan asuransi. Karena masih minimnya kontribusi dari kedua lini bisnis itu, perusahaan berpelat merah ini mulai fokus mengembangkannya tahun ini.

Managing Dierector Indonesia Eximbank Indra W. Supriadi mengatakan, selama ini para eksportir tidak mengetahui bahwa pihaknya mempunyai lini bisnis asuransi dan penjaminan. Padahal lini bisnis itu juga menjadi mandat Indonesia Eximbank

“Kedua instrumen ini tidak dikenal oleh banyak eksportir. Mereka tahunya penjaminan dan asuransi hanya dilakukan oleh perbankan dan perusahaan asuransi,” tuturnya seperti ditulis Selasa (23/5/2017).

Indra menjelaskan dari total aset LPEI per Maret 2017 mencapai Rp 105 triliun. Dari total aset itu lini bisnis asuransi dan penjaminan hanya menyumbang Rp 17,4 triliun atau sekitar 17%. Jika dilihat secara rinci lini bisnis asuransi sebesar Rp 9,5 triliun sedangkan penjaminan Rp 7,9 triliun.

Demi menggenjot lini asuransi dan penjaminan, Indonesia Eximbank akan fokus melakukan sosialisasi dengan menggandeng para pialang. Setidaknya ada 32 perusahaan pialang yang telah digandeng oleh Indonesia Eximbank.

“Pemahaman eksportir masih sangat rendah. Kita ingin sosialisasikan agar meningkat. Seringkali eksportir dan pihak yang menerima jaminan tersebut enggak yakin. Padahal boleh karena itu sesuai UU,” imbuhnya.

Jika pemahaman para eksportir meningkat, Indra yakin lini bisnis asuransi dan penjaminan akan meningkat. Pihaknya menargetkan kontribusi kedua lini bisnis itu akan meningkat 20% tahun ini.

Jika dari sisi nominal pihaknya menargetkan kontribusi kedua lini bisnis tersebut meningkat menjadi Rp 18,9 triliun, dengan porsi asuransi ekspor Rp 9,7 triliun dan penjaminan Rp 9,2 triliun.

Indra menjelaskan, untuk asuransi bisa dimanfaatkan oleh eksportir untuk menjaga barang-barang yang di ekspor. Selain itu asuransi Indonesia Eximbank juga bisa melindungi potensi gagal bayar dari buyer di negara tujuan ekspor, serta properti yang menunjang ekspor.

Hingga saat ini Indonesia Eximbank sudah mengantongi Rp 6 triliun untuk asuransi marine cargo, Rp 1 triliun untuk gagal bayar dan Rp 2 triliun untuk asuransi properti.

Sedangkan untuk penjaminan saat ini sudah ada 356 debitur dengan jumlah sertifikat penjaminannya sebanyak 1.109 lembar penjaminan. “Penjaminan yang paling besar proyek pab rik amonia yang di Riau nilainya sekitar Rp 23 triliun,” tandasnya. (dna/dna)

https://sgimage.detik.net.id/community/media/visual/2016/12/19/4d46691a-1092-4847-8307-bba2224ed66a_169.jpg?w=650

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …