Freeport Masih Menuntut – Koran.bisnis.com

Bisnis

[ad_1]

Tambang Freeport

JAKARTA — PT Freeport Indonesia menyatakan belum ada kesepakatan dengan pemerintah terkait ditandatanganinya izin usaha pertambangan khusus atau IUPK pada akhir pekan lalu.

Juru bicara PT Freeport Indonesia (PTFI) Riza Paratama mengatakan, pihaknya akan terus bekerja sama dengan pemerintah terkait dengan kelanjutan operasi. Namun, belum ada titik temu terkait dengan ketentuan dalam IUPK yang menggantikan kontrak karya (KK).

“Sampai saat ini, belum ada kesepakatan. Ekspor tetap dilarang sebagai akibat dari peraturan-peraturan yang diterbitkan di Januari 2017, yang bertentangan dengan hak-hak PTFI dalam kontrak dengan pemerintah yang mengikat secara hukum,” katanya kepada Bisnis, Senin (13/2).

Dia menegaskan, pihaknya rela berubah status dari KK menjadi IUPK dengan syarat izin baru tersebut disertai dengan perjanjian stabilitas investasi. PTFI menginginkan tingkat kepastian fiskal dan hukum yang sama dengan KK, yakni skema perpanjakan nail down.

Menurutnya, hal tersebut diperlukan untuk rencana jangka panjang perusahaan yang beroperasi di Papua tersebut.

Selain itu, Riza mengungkapkan, kegiatan operasi produksi PTFI telah terhenti. Penghentian tersebut sudah dimulai sejak akhir pekan lalu akibat masih tertutupnya ekspor konsentrat tembaga sejak 12 Januari 2017.

Gudang penyimpanan PTFI telah penuh. Alhasil, kegiatan di lokasi hanya sebatas pemeliharaan saja.

Sementara itu, Direktur Jenderal mineral dan Batubara Kementerian ESDM enggan mengomentari IUPK yang diteken tanpa adanya kesepakatan terlebih dahulu itu. Dia menunggu PTFI memberikan respons secara resmi. “Kalau belum resmi ya saya gak bisa jawab.”

Pakar hukum sumber daya alam Universitas Tarumanagara Ahmad Redi menjelaskan, KK dapat berakhir dengan tiga alasan yakni dibatalkan pengadilan, berakhir masa berlakunya, atau para pihak sepakat mengakhiri kontrak. Selain itu, bila ada permohonan pengakhiran, harus sesuai dengan UU No. 4/2009 yang mencakup administrasi, teknis, lingkungan, dan finansial.

Menurutnya, pengakhiran KK secara sepihak bisa berujung panjang. Pasalnya, ada celah gugatan terhadap pemerintah.

“Artinya, pemerintah tidak dapat mengakhiri sepihak. Pembatalan sepihak oleh pemerintah menjadi celah Freeport untuk menggugat ke arbitrase,” tuturnya kepada Bisnis.

PTFI memang berkepentingan untuk mengubah statusnya menjadi IUPK supaya bisa mendapat peluang ekspor konsentrat tembaga dan permohonan pun sebenarnya telah diajukan. Namun, ada persyaratan dari PTFI yang bertolak belakang dengan keinginan pemerintah dan belum mencapai kesepakatan.

Pemerintah ingin agar ketentuan hukum dan fiskal PTFI terus menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku atau prevailing. Hal itu memang azas yang dianut dalam sistem perizinan.

Namun, kendati kepastian usaha seperti dalam KK sudah tidak berlaku lagi, pemerintah kemungkinan akan memberikan berbagai insentif dalam rezim IUPK supaya tetap ada kepastian jangka panjang bagi PTFI.

“Jadi insentifnya diupayakan apa ada seperti itu. Namun, konsekuensi IUPK prevailing ya prevailing. Jangan dipertanyakan,” kata Bambang.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM M. Teguh Pamudji menjelaskan, penerbitan IUPK tersebut bukan sesuatu yang tergesa-gesa. PTFI tercatat mengajukan permohonan perubahan status secara resmi pada 26 Januari 2017.

“Keputusan yang diambil Pak Menteri dengan menetapkan IUPK sudah dipertimbangkan masak dan ini bukan hal tergesa-gesa,” ujarnya.

Selain PTFI, perusahaan lain yang telah diterbitkan IUPK adalah PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT). Perusahaan tersebut mengajukan permohonan perubahan status pada 25 Januari 2017.

Juru bicara PTAMNT Rubi Purnomo mengaku masih menunggu pemberitahuan resmi dari pemerintah. “Kami menugngu informasi resmi dari pemerintah dan semoga semua berjalan baik untuk keberlangsungan operasi kami.”

http://duitkita.net/wp-content/uploads/2017/02/freeport-masih-menuntut-koran-bisnis-com.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Kredit Wuling Jogja Termurah dan Banyak Bonus

Menggabungkan kelas pelatihan penjualan otomotif ini gratis untuk kredit wuling jogja mempromosikan profesionalisme melalui pendidikan. Pearson Toyota ingin membantu Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik pembiayaan dan sewa mobil tersedia. Selain itu, mobil sewa kami serta kendaraan bekas lain termasuk perusahaan sertifikat, 12/12 terbatas Powertrain garansi dan 12-bulan Unlimited Roadside Assistance …

Bisnis
Harga Cetak Kalender 2018 Termurah

harga cetak kalender 2018 ialah peranti penjualan yang luar biasa serta ekonomis, serta aturan sempurna buat membenarkan kalau merk kamu konsisten di depan klien kamu sepanjang tahun. tiap laman bulanan didesain buat pencetakan pada kertas skala warkat, tolak ukur. memakai percetakan ekonomis almanak buat bidang usaha almanak membikin amplop besar …

Bisnis
Gabung Grab, Jangkauan Bisnis Kudo Bakal Menggurita

[ad_1] Jakarta, CNN Indonesia — Setelah akuisisi oleh Grab rampung, Kudo menyebut skala bisnisnya berkembang pesat. Peran pengemudi Grab yang begitu banyak jadi salah satu alasan jangkauan Kudo lebih ‘menggurita’. CEO Kudo Albert Lucius menggambarkan perbedaan segmen pasar dengan Grab memperluas cengkeraman Kudo. Grab yang lebih terpusat di kota-kota primer …