Gabung Grab, Jangkauan Bisnis Kudo Bakal Menggurita

Bisnis

[ad_1]

Jakarta, CNN Indonesia — Setelah akuisisi oleh Grab rampung, Kudo menyebut skala bisnisnya berkembang pesat. Peran pengemudi Grab yang begitu banyak jadi salah satu alasan jangkauan Kudo lebih ‘menggurita’.

CEO Kudo Albert Lucius menggambarkan perbedaan segmen pasar dengan Grab memperluas cengkeraman Kudo. Grab yang lebih terpusat di kota-kota primer menutup celah yang ditinggalkan oleh Kudo yang berfokus di kota-kota sekunder.

Seperti diketahui Kudo adalah e-commerce berjenis online to offline (O2O) yang membidik masyarakat rural yang belum tersentuh oleh infrastruktur internet yang mumpuni serta layanan perbankan.


Keberadaan Grab yang lebih mudah ditemui di kota-kota besar seakan jadi kaki-tangan tambahan Kudo untuk cepat berekspansi ke sana.

“Kita sehabis gabung dengan Grab jadi tambah sibuk. Kalau kemarin terpusat di agen saja, sekarang ada driver juga,” kata Albert dalam sesi wawancara di bilangan Sudirman, Jakarta, Kamis (5/10).

Hal itu disebabkan sebagian sistem di Grab yang telah diintegrasikan ke Kudo. Misalnya saja agen Kudo yang bisa berperan sebagai titik rekrutmen pengemudi baru di Grab. Setiap satu pengemudi yang direkrut, agen Kudo bisa mendapat komisi sebesar Rp25 ribu hingga Rp75 ribu yang bisa bertambah bila pengemudi giat mengaspal.

Mengoptimalkan Peran Keluarga

Albert juga menuturkan ketika Kudo bergabung di bawah naungan Grab, ada celah lain yang Kudo incar. Biasanya mitra pengemudi adalah kepala keluarga. Sementara pasangannya hanya mengurusi rumah tangga, Kudo justru membidiknya sebagai agen.

Kudo menyambut peluang ini dengan melepas program bernama “Keluarga GrabKudo”. Mereka menjanjikan penghasilan lebih besar akan diperoleh satu keluarga yang mengikuti program ini.


Dari penuturan Albert, seorang agen Kudo saat ini bisa menjual begitu banyak produk mulai dari pulsa, marketplace, tiket, asuransi, hingga pembiayaan. Masing-masing kategori punya marjin keuntungan yang berbeda.

“Kalau dari volume transaksi pulsa yang palig banyak, tapi kalau dari nilainya jauh yang marketplace,” ucap Albert.

Agen Kudo sendiri diklaim sudah mencapai angka ratusan ribu yang tersebar di 500 kota di 34 provinsi Indonesia. Rata-rata agen Kudo mendapat komisi sekitar 70 hingga 80 persen dari setiap transaksi. Makin susah produk yang mereka jual ke masyarakat, nilai komisi akan lebih besar. Contoh, menjual produk asuransi akan dapat komisi yang lebih besar ketimbang berjualan pulsa. (evn)

https://akcdn.detik.net.id/visual/2017/03/23/05420ce1-3da8-4ccf-84f6-89fe4aa2c1d1_169.jpg?w=650

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Ripcurl Kaos Distro Glory Tees Abu Hitam

Ada perkataan populer, kejarlah ilmu sampai ke Negeri China. Version kaos raglan polos ini memang sedang booming, biasa dipakai oleh anak muda untuk santai dan cling out, menggunakan bahan cotton. Memang tak dicekal jika toko baju membandrol pakaian ini dengan harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis pakaian lainnya, …

Bisnis
Contoh Template Desain Kaos Baju Dan Desain T

Produk fashion distro (distributor outlet) merupakan yang paling banyak digandrungi anak muda. Karena selalu dijadikan sebagai grosir kaos distro murah 20 ribuan dengan harga murah dan berkualitas. Kualitas dari pesan kaos distro murah online di Bandung bukan hanya bisa dilihat dari bahannya, tetapi juga dari hasil sablonan untuk desain desain …

Bisnis
Kaos Distro Bert RVCALOHA Ukuran S,M,L,XL,2XL

Adalah toko online yang khusus jual kaos polos yang memberikan kemudahan belanja kaos polos bagi setiap pemilik usaha sablon, retail, organisasi, perkumpulan, dan masih banyak lainnya yang memerlukan kaos polos murah. Bahkan risiko penipuan juga dapat terjadi saat Anda tergiur pada online shop yang menawarkan harga lebih murah. Pakaian muslim …