Geliat bisnis properti masih butuh bukti

Bisnis

[ad_1]

JAKARTA. Tanda-tanda kebangkitan industri properti masih butuh banyak bukti. Pasalnya, hingga lima bulan pertama tahun ini, pra penjualan properti atau marketing sales masih malas geraknya.

Pra penjualan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), semisal, pengembang ini baru mengantongi pra penjualan Rp 1,2 triliun. Angka ini hanya setara 24,4% dari target yang tahun ini yang sebesar Rp 4,5 triliun.

Lebih masygul ini, hasil itu anjlok 21% dari pra penjualan di periode sama di 2016 yang meraup Rp 1,4 triliun. Hasil tidak jauh berbeda juga terjadi di PT Pakuwon Jati Tbk (PWON).

PWON baru menjaring pra penjualan Rp 654 miliar atau 24,2% dari target pra penjualan yang dipatok tahun ini yaitu Rp 2,7 triliun. Padahal di periode yang sama tahun lalu, pengembang Kota Kasablanka itu bisa meraup Rp 1 triliun.

Begitu pula PT Metropolitan Land Tbk (Metland) yang baru meraup pra penjualan 34,4% hingga Mei kemarin dari target sebanyak Rp 1,5 triliun.Namun, tak semua catatan penjualan pengembang buruk, lo.

Ada juga emiten properi yang mampu mengantongi pra penjualan lumayan oke. Antara lain: PT PP Properti Tbk (PPRO). Anak usaha PT Pembangunan Perumahan Tbk ini mampu meraih pendapatan penjualan Rp 1,4 triliun. Angka ini 45% dari target yang dibidik tahun ini yang sebesar Rp 3,1 triliun. Target tersebut tumbuh 20% dari pra penjualan tahun lalu.

Adapun PT Ciputra Development Tbk (CTRA) hingga Mei kemarin meraup pra penjualan Rp 2,63 triliun atau 30,5% dari target tahun ini Rp 8,5 triliun. Di bulan Mei kemarin, Ciputra malah sanggup meraup pra penjualan hingga Rp 1,02 triliun.

“Karena ada beberapa proyek baru yang diluncurkan,” tandas Harun Hajadi, Direktur CTRA, (15/6).

Ciputra baru saja saja merilis dua proyek hunian tapak alias landed house yakni di Citra Land Cibubur dan Citra Land Makasar di bulan itu. Jika merujuk kinerja mereka, rupanya penjualan hunian yang mampu menjadi mesin pendorong penjualan emiten properti seperti CTRA dan PPRO, baik itu landed house maupun apartemen.

Pra penjualan PP Properti didominasi dari apartemen yang memberikan kontribusi 92% dari hasil pra penjualan hingga bulan Mei lalu. “Penjualan mayoritas dari proyek high rise,” tandas Indaryanto, Direktur Keuangan PP Properti ke KONTAN (15/6).

Begitu pula dengan Summarecon Agung. Sebagian besar dari pra penjualan perusahaan dengan kode saham SMRA ini dari proyek hunian. Salah satunya proyek hunian anyar di Summarecon Bekasi yakni Burgundy yang ludes terjual akhir Mei lalu.

Berkaca dari hasil ini, Adrianto P Adhi, Dirut SMRA optimistis target pra penjualan Rp 4,5 triliun bisa tercapai tahun ini. Ia yakin, bisnis properti bakal bergulir lebih cepat lagi di semester kedua tahun ini. Efek kebijakan seperti kelonggaran uang muka, proyek infrastruktur, bunga pinjaman memperlancar bisnis properti.

“Market mulai pulih meski masih on the way,” ucapnya. Faktor ini pula yang membuat para pengembang optimistis hasil kinerja sampai akhir tahun ini masih bisa tetap positif dari pencapaian tahun lalu.

 

http://photo.kontan.co.id/photo/2017/04/10/799618080p.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …