Grup Astra Makin Serius Lebarkan Sayap di Bisnis Properti

Bisnis

[ad_1]

Grup Astra baru saja menambah porsi saham di perusahaan properti PT Astra Modern Land (AML) menjadi 67%. AML merupakan perusahaan patungan yang dibentuk PT Astra Land Indonesia (ALI) dengan grup PT Modernland Realty Tbk (MDLN). Langkah ini dianggap menunjukkan keseriusan Astra melebarkan sayap bisnis properti.

“Transaksi ini menunjukkan grup Astra serius di bisnis properti, sebagai grup besar Astra terus mencari pertumbuhan pendapatan,” kata Kepala Riset PT. Universal Broker Indonesia Satrio Utama dihubungi Katadata, Rabu (13/9).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan

Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.

Alamat email Anda telah terdaftar

Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA

Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi

Silahkan mengisi alamat email

Silahkan mengisi alamat email dengan benar

Masukkan kode pengaman dengan benar

Silahkan mengisi captcha

(Baca: Selain Astra, Kini Salim ‘Menguasai’ Bisnis Air Bersih di Jakarta)

Astra Land dan Modern Land menandatangani perjanjian dalam bentuk Amended and Restated Conditional Land Transfer Agreement (ARCLTA) dan Conditional Share Subscription Agreement in Respect (CSSA) pada 8 September 2017. Transaksi ini dilaporkan ke Bursa Efek Indonesia pada Selasa (12/9).   (Baca: Astra Akan Akuisisi Ruas Tol Trans Jawa Milik Waskita Karya)

Modernland memiliki saham AML melalui PT Mitra Sindo Makmur (MSM). Sebelum kesepakatan ARCLTA dan CSSA, porsi saham MSM sebesar 50% di AML. Jumlah yang sama dimiliki Astra Land Indonesia. Setelah transaksi MSM akan memiliki saham sebesar 33% di AML. Sementara Astra Land menjadi 67% atau menjadi pemilik mayoritas.

(Baca juga:  Atasi Kampanye Hitam CPO, Astra Agro Genjot Ekspor ke Timur Tengah)

Lewat transaksi ini, MSM akan mengalihkan tanah seluas 665.918 meter persegi atau 66 hektar kepada AML untuk pengembangan Jakarta Garden City (JGC) yang terletak di jalan raya Cakung Cilincing, Jakarta Timur. Pengalihan tanah ini menjadi bagian dari modal yang akan ditempatkan dan disetor grup MDLN di AML. Nilai transaksi perjanjian ini mencapai Rp 3,179 triliun.

Astra berencana mengembangkan kawasan terpadu, dengan perkiraan kebutuhan modal pembangunan mencapai Rp 23 triliun selama kurun 15-20 tahun. (Baca: Otomotif dan Komoditas Dongkrak Laba Kuartal I Astra 63 Persen)

Grup Astra mengumumkan masuk ke bisnis properti pada Oktober 2016. Perseroan menggunakan PT Menara Astra sebagai induk usaha properti, yang membawahi Astra Land Indonesia dan PT Brahmayasya Bahtera.

Beberapa proyek properti yang telah digarap Astra di antara pembangunan tiga tower apartemen mewah Anandamaya Residences dan gedung perkantoran Menara Astra di atas lahan seluas 2,4 hektar di kawasan Sudirman, Jakarta. Kedua proyek daalam tahap groundbreaking dan pembangunan basement dengan target selesai pada 2018.

Proyek ini dikerjakan oleh Brahmayasya dengan bekerja sama Hongkong Land dengan investasi mencapai Rp 8 triliun. Selain itu, Astra juga berencana untuk membangun proyek perumahan di kawasan TB Simatupang.

Kepala Riset Reliance Securities Robertus Yanuar Hardy menyatakan bila dibandingkan lini bisnis Astra di sector lain seperti otomotif, perkebunan, dan pertambangan, infrastruktur, jalan tol ataupun air bersih, kontribusi bisnis properti hanya mencapai 1%. “Kontribusi bisnis properti terhadap grup masih kecil dibandingkan bisnis lain,” kata Yanuar.

Namun, dia menilai ke depannya bisnis properti akan berkontribusi lebih positif terhadap grup Astra. “Potensi untuk kerjasama dengan bisnis unit Astra yang lain, terutama jasa keuangan seperti Bank Permata juga semakin terbuka lebar,” kata Yanuar.

http://katadata.co.id/public/media/images/thumb/2017/09/13/2017_09_13-18_56_08_34c48afa2bdac04c6e970496127b21f7_620x413_thumb.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …