Grup Salim Ekspansi Bisnis Penyedia Air Bersih


Liputan6.com, Jakarta – Grup Salim melalui anak usahanya Moya Indonesia Holdings Pte Ltd akuisisi sekitar 100 persen saham Acuatico Pte Ltd pada 8 Juni 2017. Lewat akuisisi tersebut, Grup Salim ekspansi di bisnis penyedia air bersih.

Grup Acuatico bergerak di bisnis investasi, pengembangan dan pengoperasian fasilitas pengolahan air dan jalu pipa terkait distribusi air bersih di Indonesia. Demikian mengutip keterbukaan informasi pada 23 Agustus 2017 di bursa efek Singapura seperti ditulis Jumat (1/9/2017).

Moya Indonesia Holdings Pte Ltd sudah melakukan perjanjian jual beli saham dengan grup Acuatico pada 8 Juni 2017. Nilai akuisisi saham tersebut mencapai US$ 92,87 juta atau sekitar Rp 1,23 triliun (asumsi kurs Rp 13.332 per dolar Amerika Serikat). Dana akuisisi itu berasal dari kombinasi pinjaman dan kas internal. Perseroan mempertimbangkan akuisisi tersebut melihat potensi manfaat sinergi yang timbul dari akuisisi tersebut.

“Dengan akuisisi sudah selesai, perusahaan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 7 September 2017 pukul 11 AM, waktu Singapura, untuk meminta persetujuan pemegang saham soal akuisisi,” tulis manajemen dalam keterbukaan informasi bursa efek Singapura.

Acuatico merupakan perusahaan induk investasi yang berdiri di Singapura pada 21 Juli 2007 dengan memiliki modal ditempatkan dan disetor penuh US$ 950 dengan jumlah saham 950 saham.

Grup Acuatico memiliki instalasi pengolahan air berkapasitas terpasang sekitar 11.500 liter per detik dan melayani tiga juta penduduk serta terhubung dengan lebih dari 500 ribu pelanggan di dan sekitar Jakarta. Saat ini, operasi grup Acuatico sepenuhnya ada di Indonesia.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Selanjutnya

Grup Acuatico menggenggam 95 persen saham tiga anak usaha bergerak di bidang pengolahan air yaitu PT Aquatico Air Indonesia (AAI), PT Aetra Air Jakarta (AAJ), dan PT Aetra Air Tangerang (AAT).

PT Aetra Air Jakarta diakuisisi oleh Acuatico pada Januari 2007. AAJ bergerak di bidang penyediaan air bersih, perbaikan layanan termasuk distribusi, memproses dan mengelola persediaan air di bagian timur Jakarta.

AAJ memiliki dua lokasi instalasi pengolahan air berkapasitas 10.500 lps. Instalasi pengolahan air berlokasi di Buaran dan Pulogadung yang masing-masing menyumbang 6.000 lps dan 4.500 lps. Pada Mei 2017, AAJ menyediakan layanannya kepada 440 ribu pelanggan.

Selain itu, PT Aetra Air Tangerang (AAT) yang didirikan pada 2008 bergerak di bidang penyediaan aris bersih. Saat ini, AAT memiliki satu instalasi pengolahan air bersih, yang terletak di Desa Karet, Kecamatan Sepatan, Indonesia. Kapasitas pengolahan air bersih itu 900 lps. AAT telah melayani hingga 360 ribu pelanggan melalui 72 ribu sambungan rumah tangga dan industri di sub distrik tersebut.

Kemudian PT Acuatico Air Indonesia (AAI) yang berdiri pada 2009 terutama bergerak di penyediaan air bersih dan penyediaannya. AAI meulai operasi di Rasuna Eco Water, sebuah pabrik pengolahan air di komplek Rasuna yang berkapasitas 85 lps. Pengoperasian ini menggunakan area pengembangan mixed use di Indonesia.

https://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/659953/big/bisnis-deal.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments