Harga Emas Batangan di Pegadaian dan Cara Membelinya

Duitkita.net- Pegadaian adalah salah satu perusahan BUMN yang juga melayani investsai dalam bentuk logam mulia. Melalui programnya yang dinamai dengan mulia, perusahaan berlogo timbangan ini menyediakan program jual beli emas dalam bentuk batag kepada masyarakat sebagai alternatif investasi yang aman.

 

Harga Emas Batangan di Pegadaian Terbaru

Saat ini harga logam muia dalam bentuk batang di pegadaian adalah 2.705.000 untuk berat 5 gram, 5.360.000 untuk berat 10 gram, 13.325.000 untk berat 25 gram, 26.600.000 untuk berat 50 gram, 132.750.000 untuk berat 250 gram dan yang terakhir 530.000.000 untuk berat 1 kg. Bandrol yang diterapkan oleh perusahaan yang memiliki slogan menyelesaikan masalah tanpa masalah ini biasanya lebih mahal sekitar 3% dari bandrol yang dipasang oleh PT. ANTAM        .

harga emas batangan di pegadaian

 

Cara Membeli Batang Emas di Pegadaian

Cara membeli logam mulia di perusahaan gadai milik negara ini tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengunjungi outlet atau galeri 24 jam untuk melakukan transaksi. Nasabah hanya perlu menyerahkan foto kopi ktp atau katu pengenal lain yang masih berlaku sebagai data yang akan diisikan pada aplikasi pembelian dan juga sebagai data nota terima.

Setelah pembayaran selesai, nasabah tinggal menunggu pengambilan logam mulia dan juga kwitansi pembelian. Cara pembelian diatas berlaku untuk pembelian secara tunai, sedangkan ada tatacara yang sedikit berbeda untuk melakukan pembelian secra kredit, kolektif dan arisan. Masing-masing tata cara cicilan dijelaskan dalam poin berikut:

  1. Cara kredit logam mulia batangan

Pengajuan pembelian kredit dapat dilakukan pada seluruh outlet. Akan tetapi, lebih baik dilakukan pada kantor cabang karena kualitas pelayanannya biasanya lebih baik. Persyaratan yang dibutuhkana antara lain fotokopi kartu identitas yang masih berlaku (bisa ktp atau sim), foto kopi kartu keluarga dan tentunya down payment atau uang muka pembelian. Anda perlu menyediakan minimal 20% dari total harga logam mulia yang akan dibeli.

Setelah semua pesyaratan siap, anda bisa langsung menuju ke loket dan mengatakan bahwa anda ingin membeli emas batang secara kredit. Di loket, anda akan disodori aplikasi atau form yang harus diisi. Anda juga bisa memilih jenis perusahan pemroduksi batangan logam mulia yang akan anda pilih (produksi pegadaian atau ANTAM), berat logam mulia dan jangka waktu kredit (3, 6, 12, 18, 24 atau 36 bulan).

2. Cara membeli logam mulia batangan secara kolektif

Sama halnya dengan pembelian secara kredit, hanya saja uang mukan minimal yang ditetapkan adalah 10% dari harga logam mulia dan ada minimal 6 orang yang bergabung untuk melakukan cicilan.

3. Cara membeli logam mulia batangan secara arisan

Untuk pembelian dengan cara arisan, perusahaan BUMN berlogo timbangan ini menawarkan 2 pilihan uang muka. Pilihan yang pertama adalah uang muka 10% dengan pengambilan logam mulia 1 keping per bulan dimulai sejak angsuran ke 2. Pilihan yang kedua adalah uang muka 15% dengan pengambilan logam mulia 1 keping per bulan sejak angsuran pertama.

 

Tips Membeli Emas Batangan di Pegadaian

Ada tips yang harus diketahui sebelum memutuskan membeli logam mulia di perusahaan gadai:

  1. Cek haraga logam mulia di pasaran. Sebagai patokan, anda bisa mengecek langsung di website PT.ANTAM (logammulia.com). Harga yang ditetapkan biasanya 3% lebih mahal.
  2. Pastikan anda menerima kwitansi pembelian dan bukan kwitansi lelang. Kwitansi pembelian akan mempermudah anda menjual kembali emas yang dibeli.
  3. Agar tetap memiliki keuntungan meski membeki dengan proses cicilan, pastikana anda memilih jangka waktu kredit yang tak terlalau lama.
  4. Siapkan dana administrasi sebesar 50.000.

 

Info diatas sangat penting bagi anda terutama yang ingin berinvestasi logam mulia. Dengan mengetahuinya, anda akan lebih memiliki pandangan luas terhadap jenis investasi logam mulia.

 

 

Komentar

comments