Harga Emas Naik Turun, Simak Faktor yang Memengaruhinya : Okezone Ekonomi


JAKARTA – Banyaknya pilihan berinvestasi membuat kita semakin bingung akan menginvestasikan harta kita. Berinvestasi emas merupakan saran yang bisa diperhitungkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi emas untuk jangka panjang. Selain berorientasi pada kecenderungan nilai emas yang selalu meningkat dari tahun ke tahunnya, investasi emas juga merupakan investasi yang paling mudah dicairkan dibandingkan yang lainnya. Investasi selain emas masih memerlukan waktu antara satu dua hari dalam proses pencairannya, karena harus melewati beberapa administrasi teknis. Sedangkan untuk emas, kita hanya cukup mendatangi toko emas atau perum pegadaian setempat untuk mencairkannya.

Banyak pertanyaan di benak kita, kenapa harga emas mempunyai kecenderungan untuk selalu meningkat dan jarang sekali mempunyai kecenderungan turun. Dapat dikatakan bahwa kenaikan harga emas itu mempunyai hukum negatif dari situasi yang ada. Mengapa dapat dikatakan demikian. Ketika perekonomian dunia mengalami resesi dan sedang mengalami krisis, harga emas akan selalu meningkat. Berbeda dengan investasi yang lain, yang sangat berpengaruh terhadap keadaan politik dunia. Di mana semakin kacau atau krisis kondisi dunia maka akan semakin membahayakan nilai investasi kita. Ada beberapa hal yang dapat memengaruhi naik atau turunnya harga emas.

    1. Pengaruh Nilai Mata Uang Dolar

      Faktor yang memengaruhi nilai emas adalah nilai mata uang dolar. Secara umum, nilai perdagangan di dunia sangat berpengaruh terhadap nilai tukar uang dolar. Dolar merupakan mata uang internasional yang digunakan oleh Indonesia untuk menjadi tolok ukur nilai perdagangan. Begitu juga dengan emas, sangat dipengaruhi dengan kuat atau melemahnya uang rupiah terhadap dolar sehingga dapat dikatakan, emas akan mengalami kenaikan apabila rupiah melemah terhadap dolar. Demikian sebaliknya, untuk kasus ini sangat jarang terjadi emas mengalami penurunan yang drastis.

        2. Jumlah Produksi Emas Dunia

          Selain nilai tukar terhadap dolar, jumlah produksi emas di dunia juga sangat memengaruhi harga dari emas. Apabila produksi dunia berkurang karena langkahnya emas dan produksi emas yang menurun, pada saat itulah harga emas akan semakin menguat. Hukum ini bisa juga disebut dengan hukum permintaan. Di mana permintaan tinggi, harga emas akan cenderung merangkak naik demikian sebaliknya apabila permintaan terhadap emas semakin turun dikarenakan jumlah produksi emas naik, maka harga emas akan cenderung turun. Faktor permintaan terhadap emas bisa terjadi karena monopoli dari bank-bank sentral di Eropa dan Amerika yang berusaha memonopoli emas dunia dengan menimbun banyak emas pada bank sentral mereka.

            3. Laju Inflasi yang Tak Terkendali

              Selain itu, laju inflasi pada setiap negara juga akan memengaruhi nilai terhadap logam mulia. Hal ini dikarenakan perilaku masyarakat terhadap menyikapi sebuah inflasi, akan mempunyai kecenderungan untuk berinvestasi dan menyimpan emas dari pada menyimpan uang. Poin ini sebenarnya masih mempunyai hubungan dengan poin kedua di mana permintaan terhadap emas akan tinggi karena banyaknya orang yang akan berinvestasi emas. Sehingga harga emas mempunyai kecenderungan naik.

                4. Isu Politik, Perang, dan Kondisi Resesi Dunia

                  Seperti yang disampaikan pada paragraf sebelumnya, bahwa emas mempunyai sifat hukum negatif di mana ketika kondisi keadaan memburuk maka emas akan semakin meningkat. Melemahnya rupiah terhadap dolar akan mengakibatkan harga emas meningkat, apabila terjadi krisis atau resesi dunia, emas akan meningkat drastis. Itulah keunikan berinvestasi emas, yang mempunyai kecenderungan meningkat pada saat yang buruk. Dan mempunyai keamanan pada nilai jualnya. Hal ini terjadi pada saat perang dunia ke dua, negara-negara berseteru saling menghimpun emas sebagai nilai tukar mereka, karena pada saat perang pasti akan terjadi inflasi yang cukup tinggi di mana uang mempunyai nilai yang sangat rendah.

                  Logam Mulia Merupakan Investasi Tepat Jangka Panjang

                  Dengan mempertimbangkan kondisi dan beberapa keunggulan dari berinvestasi logam mulia, emas mempunyai beberapa keuntungan untuk mempertahankan nilainya dari berbagai macam situasi. Akan tetapi diperlukan perhitungan yang matang dalam berinvestasi. Apabila kita menginginkan investasi jangka panjang, maka emas merupakan solusi dan pilihan yang layak untuk dipertimbangkan.

https://img.okezone.com//content/2017/06/20/320/1720386/harga-emas-naik-turun-simak-faktor-yang-memengaruhinya-ulE6qoaUr4.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments