HARGA MINYAK: Proyeksi IEA Panaskan WTI

Bisnis

[ad_1]

Bisnis.com, JAKARTA–Badan Energi Internasional (International Energy Agency/IEA) mengungkapkan OPEC sudah merealisasikan 90% kesepakatan pemotongan produksinya menjadi 32,1 juta barel per hari (bph) pada Januari 2017. Sentimen ini meningkatkan harga minyak

Sebelumnya pada rapat 30 November 2016, anggota OPEC sepakat untuk memangkas produksi sebesar 1,2 juta bph menjadi 32,5 juta bph mulai awal 2017.

Harga minyak menguat. – .

Selanjutnya pada 10 Desember 2016, sejumlah negara produsen minyak mentah lainnya setuju menurunkan suplai baru sejumlah 558.000 bph. Artinya, mulai tahun ayam api, pasar minyak mentah akan mengalami selisih pasokan minyak baru hampir 1,8 juta bph.

Realisasi kesepakatan pemangkasan produksi ini direncanakan berlangsung pada paruh pertama 2017.

“Pengamatan pasar minyak bulan ini memfokuskan kepada tingkat kepatuhan antara OPEC dan negara non anggota, diikuti proyeksi pemulihan produksi dari AS,” papar laporan yang dirilis Jumat (10/2/2017) waktu setempat.

Badan energi yang bermarkas di Paris, Perancis ini menyampaikan, rendahnya tingkat produksi OPEC terutama ditopang oleh penurunan penambangan dari Arab Saudi. OPEC tampaknya sudah membuat awalan yang solid dalam proses kesepakatan yang berlangsung selama enam bulan ini.

Sementara itu, Rusia terlihat baru memangkas sekitar 100.000 bph, dari yang dia janjikan sebesar 300.000 bph. Sementara Oman sebagai perwakilan non-OPEC lainnya sudah memotong produksi sebanyak 45.000 bph.

Namun demikian, negara yang tidak termasuk dalam perjanjian dalam meningkatkan produksi, seperti Brasil, Kanada, dan AS. Pertumbuhan produksi mereka diperkirakan mencapai 750.000 bph pada 2017.

Dari sisi permintaan, IEA memprediksi tetap ada pertumbuhan pada 2017 sehingga jumlah konsumsi akan melebihi suplai sampai semester pertama. Pertumbuhan penyerapan pada 2016 mencapai 1,6 juta bph, sedangkan tahun ini sebesar 1,4 juta bph.

“Kunci pertumbuhan terjadi pada kuartal IV/2016 karena cuaca dingin yang meningkatkan permintaan, di samping penyerapan jangka panjang dari China, India, dan negara-negara non OECD,” paparnya.

Dengan asumsi OPEC melakukan pemangkasan produksi seperti pada tingkat Januari 2017, maka pasar global akan mengalami defisit sekitar 600.000 bph.

Sayangnya, keberadaan tingkat persediaan yang masih tinggi, ditambah sikap hati-hati pasar dalam menilai penurunan produksi, membuat harga bertahan di kisaran US$50 per barel sejak Desember 2016. Pasar minyak saat ini dalam mode wait and see, karena ada kemungkinan tingginya harga memicu penambahan produksi.

Senada dengan IEA, Berdasarkan survei S&P Global Platts, pada Januari 2017, 10 negara anggota OPEC sudah merealisasikan 91% kesepakatan pemangkasan produksi atau setara dengan 1,14 juta bph menjadi 32,89 juta bph. Ini memberikan sentimen positif terhadap harga.

“Ini positif terhadap minyak bila OPEC sudah mematuhi 90%. Ini membuktikan mereka serius soal menstabilkan pasar minyak,” ujar Mark Watkins, the Park City, Utah-based regional investment manager for the Private Client Group at U.S. Bank.

Pada penutupan perdagangan Jumat (11/2/2017), harga minyak WTI kontrak Maret 2017 berada di posisi US$53,86 per barel, naik 1,62%.

http://img.bisnis.com/thumb/posts/2017/02/11/627929/130611_kkks.jpg?w=600&h=315

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Toko Bunga Jakarta Online Murah Terpercaya

Selamat Datang di Website Kami: toko bunga jakarta online murah Menyediakan Berbagai Macam Bunga, Papan Bunga, Bunga Meja, Bunga Berdiri, Bunga Bouqet Tangan dll. Model papan bunga dengan kombinasi warna biru kuning hijau juga merupakan salah satu dari banyak model favorit di klien kami. pesan untuk dewan berkabung. Bouquet Flower …

kontraktor kaca dan aluminium composite panel
Bisnis
Spesialis Kontraktor Aluminium Composite Panel Gedung

Fasad & Dinding Tirai dari Aluminium Composite Panel Ringan dan kaca stopol. Spesialis kontraktor kaca dan aluminium composite panel dan juga kaca oleh PT Partindo. Akreditasi jaminan tertutup pasti akan diberikan untuk proyek yang membutuhkan berdasarkan panel serta persyaratan naungan yang memanfaatkan ditambah masalah lingkungan. Aplikasi Alcopan tidak terbatas pada …

daftar harga beton cor ready mix
Bisnis
Harga Beton Cor Readymix Per M3 untuk Wilayah Jakarta

Biaya Beton Semua Set Mix – Jayamix Per M3 Cor K225 Oktober 2017. daftar harga beton cor ready mix tidak terdiri dari jaringan uang tunai, jika lebih besar dari 10 pipeline. Dengan menyewakan pompa berdasarkan tuntutan waktu pemakaiannya bisa mencegah bahaya peralatan menganggur namun tetap perlu membayar uang sewa. Biaya …