Ikan Cupang, Rokok, Dan Properti

Bisnis

[ad_1]

JAKARTA. Boleh jadi, dunia properti adalah garis tangan dan jalan hidup Victor Wirawan. Dari sektor tersebut, Victor kini bisa mengembangkan bisnis dengan mendirikan PT Anugerah Kasih Investama. Di perusahaan investasi ini, Victor menduduki posisi sebagai Chief Executive Officer (CEO).

Bakat Victor dalam berbisnis sudah terasah sejak masa kecil. Ketika duduk di bangku SMP, Victor muda sudah berkenalan dengan bisnis ikan cupang. Bermula dari hobi mengadu ikan cupang di sela istirahat sekolah, Victor justru berani berjualan ikan cupang. Tak tanggung-tanggung, dia mengembangbiakkan dan menjual ikan cupang ekspor.

Belajar dari pengalaman “bermain” ikan cupang, Victor semakin cerdas dalam menawarkan ide bisnisnya kepada orang lain. “Saya punya ide, saya tawarkan ke pihak yang memiliki uang.Cocok, maka kami berbisnis,” ungkap Victor kepada KONTAN, belum lama ini.

Victor tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Begitulah orangtuanya mengajarkan. Di usia 19 tahun, Victor sudah berani membangun pabrik rokok di wilayah Jawa Timur. Tentu dia hanya bermodal ide dan sedikit nekat, sementara dananya diperoleh dari orang lain. “Bisnis itu hanya bertahan tiga tahun dan akhirnya bangkrut,” tutur pria kelahiran Malang, Jawa Timur, 23 November 1983.

Belajar dari kegagalan

Dia belajar dari kesalahan. Menurut Victor, kegagalan di bisnis rokok terletak pada sisi pemasaran. Dia pun tak patah semangat. Selanjutnya, Victor bekerja dengan orang lain di Kalimantan, yakni di perusahaan kontraktor, membangun jalan provinsi.

Bagi Victor, keluar masuk menyusuri hutan, membangun jalan berkilo-kilometer adalah makanan setiap hari. Dia pun membangun infrastruktur seperti jembatan, gedung pemerintahan, juga membuka jalan penghubung antarprovinsi.


Hingga akhirnya pada 2007 Victor dipercaya oleh salah satu lembaga negara untuk mengelola proyek Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 10.000 unit rumah. Pembangunan unit-unit rumah itu tersebar di seluruh kabupaten dan kecamatan yang berlangsung setiap empat bulan. “Saya bisa bangun 10.000 unit rumah di satu kabupaten selama empat bulan,” Victor berkisah.

Membangun rumah, jembatan dan infrastruktur lainnya merupakan pengalaman berharga. Dari sini, Victor akhirnya terjun ke bisnis properti. Dia menjadi investor sekaligus mengelola bisnis tersebut.

Di bawah bendera Anugerah Kasih Investama, Victor mengembangkan resor di Ciawi Bogor bernama The Leaf Boutique Resor senilai Rp 200 miliar. Proyek ini dikembangkan di atas lahan seluas 1,3 hektare (ha), terdiri atas 36 hunian bernuansa resor. Properti itu dipasarkan dengan harga hingga Rp 3 miliar per unit.

Dalam waktu dekat, Victor akan memperluas proyek The Leaf Boutique Resort. Di proyek ini, anak usaha Anugerah Kasih, yakni Sultan Anugerah Propertindo, akan mengakuisisi lahan seluas 2 ha, dengan menambah properti resor sebanyak 50 unit. “Nilai investasinya sekitar Rp 100 miliar,” tutur Victor. Sumber dana perluasan The Leaf Boutique Resort berasal dari ekuitas dan mengundang investor.

Secara pribadi, Victor memiliki portofolio properti sebesar 80% dari total portofolio investasinya. Adapun 20% lagi berupa deposito. “Saya termasuk konservatif,” ungkap dia.

Victor mengaku tidak memiliki portofolio investasi seperti reksadana, saham maupun obligasi. Meski sempat “bermain” ikan cupang dan melinting bisnis rokok, saat ini dia hanya ingin berinvestasi di sektor yang dikuasainya. Selain cenderung berisiko, menurut Victor, investasi saham harus cermat dan perlu mengalokasikan waktu untuk memantau perkembangan portofolio.

 

http://photo.kontan.co.id/photo/2017/05/27/393939893p.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Kredit Wuling Jogja Termurah dan Banyak Bonus

Menggabungkan kelas pelatihan penjualan otomotif ini gratis untuk kredit wuling jogja mempromosikan profesionalisme melalui pendidikan. Pearson Toyota ingin membantu Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik pembiayaan dan sewa mobil tersedia. Selain itu, mobil sewa kami serta kendaraan bekas lain termasuk perusahaan sertifikat, 12/12 terbatas Powertrain garansi dan 12-bulan Unlimited Roadside Assistance …

Bisnis
Harga Cetak Kalender 2018 Termurah

harga cetak kalender 2018 ialah peranti penjualan yang luar biasa serta ekonomis, serta aturan sempurna buat membenarkan kalau merk kamu konsisten di depan klien kamu sepanjang tahun. tiap laman bulanan didesain buat pencetakan pada kertas skala warkat, tolak ukur. memakai percetakan ekonomis almanak buat bidang usaha almanak membikin amplop besar …

Bisnis
Gabung Grab, Jangkauan Bisnis Kudo Bakal Menggurita

[ad_1] Jakarta, CNN Indonesia — Setelah akuisisi oleh Grab rampung, Kudo menyebut skala bisnisnya berkembang pesat. Peran pengemudi Grab yang begitu banyak jadi salah satu alasan jangkauan Kudo lebih ‘menggurita’. CEO Kudo Albert Lucius menggambarkan perbedaan segmen pasar dengan Grab memperluas cengkeraman Kudo. Grab yang lebih terpusat di kota-kota primer …