Indosat Menyerah dari Bisnis Digital, Bagaimana Operator Lain?

Bisnis

[ad_1]

KOMPAS.com – Beberapa saat lalu, operator telekomunikasi Indosat menyatakan menyerah dari bisnis digital karena pertumbuhannya dianggap tak sesuai harapan. Hal ini berbeda dengan operator telekomunikasi lain yang justru semakin gencar masuk ke bisnis digital.

Baru-baru ini Hutchitson 3 Indonesia (Tri) merilis aplikasi mobile bertajuk “Bima+” yang merupakan layanan hiburan all-in-one untuk musik, film, hingga e-commerce. Tak cuma Tri, XL Axiata dan Telkomsel pun optimis untuk terus mengembangkan bisnis digital.

CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengakui bahwa bisnis digital belum berkontribusi banyak terhadap pendapatan perusahaan. Ia pun berdalih hal tersebut wajar karena XL Axiata baru memasuki tahun keempat terjun ke bisnis digital.

“Kalau bisnis digital itu paling tidak butuh waktu 7 sampai 8 tahun beroperasi baru bisa menghasilkan duit. Amazon aja make money waktu tahun ke-8,” kata Dian, Rabu (14/6/2017), usai acara buka puasa bersama Kominfo di Lapangan Anantakupa, Jakarta.

Bisnis digital XL Axiata antara lain layanan e-commerce Elevania, layanan uang elektronik XL Tunai, dan layanan iklan digital Adreach. Saat ini bisnis digital tersebut baru menyumbang 5 persen ke pendapatan total XL Axiata, berbeda dengan data yang kontribusinya mencapai 65 persen.

Dian Siswarini mengatakan bisnis digital dan bisnis telekomunikasi sejatinya tak bisa dibanding-bandingkan karena indikator keberhasilannya berbeda. Jika telekomunikasi langsung revenue, maka bisnis digital berupa transaksi dan unique visitor.

“Di Elevania unique visitor kami sudah sampai 2,5 juta. Itu tumbuh terus, tapi unique visitor dan transaksi besar belum serta-merta berbanding lurus dengan revenue. Memang butuh waktu lah,” Dian Siswarini menuturkan.

Pendapatan bisnis digital Telkomsel juga masih kecil

Sewarna dengan XL Axiata, Telkomsel juga mengatakan pendapatan dari bisnis digital masih terhitung kecil, meski pertumbuhannya sesuai dengan harapan. Menurut CEO Telkomsel, Ririek Adriansyah, bisnis digital tak semata-mata tentang revenue.

“Bukan cuma revenue yang kami pikirkan, tapi kan ada value lain misalnya memberikan benefit lebih ke pelanggan,” kata Ririek pada kesempatan yang sama.

Saat ini bisnis digital Telkomsel terdiri dari layanan broadband dan layanan digital yang meliputi Digital Lifestyle (konten musik, video, games, dan lain-lain), Digital Advertising, Digital Payment (mobile banking, T-Cash, T-Wallet), dan Internet of Things (T-Drive, T-Bike, dan lain-lain).

Per Mei 2017 lalu, gabungan bisnis digital Telkomsel yang terdiri dari layanan digital dan koneksi data berkontribusi terhadap sekitar 40 persen total pendapatan.

http://assets.kompas.com/crop/0x0:780×390/780×390/filters:watermark(data/photo/2017/05/29/642369047.png,0,-0,1)/data/photo/2016/06/29/2235380ThinkstockPhotos-486506872780×390.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …