Ingin Coba Berbisnis Bersama Teman? Simak Dulu Tipsnya

Bisnis

[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Memulai sebuah usaha memang memerlukan beberapa persiapan. Salah satu persiapan untuk memulai usaha adalah modal. Banyak cara untuk mendapatkan modal usaha, diantaranya meminjam dana pada badan keuangan atau juga bisa juga mencari investor dan cara terakhir adalah mencari mitra kerja.

Mencari mitra kerja adalah jalan yang paling banyak dilakukan bagi pemula. Tidak heran hal ini banyak terjadi, karena secara psikologis menjalankan bisnis dengan mitra akan membuat semangat tersendiri.

Bahkan banyak juga sejarah dari perusahaan besar yang dimulai dengan dua atau lebih sahabat yang merintis usahanya dari nol dan menuai sukses.

Akan tetapi banyak juga cerita yang menceritakan akhir dari sebuah persahabatan dalam berbisnis berakhir dengan hal yang kurang baik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis dengan teman, seperti mengutip cermati.com, Senin (19/6/2017):

1. Surat Perjanjian

Dalam memulai sebuah usaha, perlu dilakukannya kesepakatan yang mengisi dan mengatur hal-hal yang perlu dilakukan. Biasanya surat perjanjian ini akan mengatur seberapa banyak modal usaha yang akan diberikan dan berikut juga dengan pembagiannya.

Walaupun dia seorang teman dekat sekalipun, hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Perjanjian ini harus bermaterai dan masing-masing pihak mempunyai lembar detail tiap lembarnya.

Untuk permodalan yang tidak terlalu besar surat perjanjian di lembar bermaterai saja masih bisa dirasa cukup. Namun apabila jumlah permodalan mempunyai jumlah yang besar, maka pembuatan surat perjanjian di hadapan sebuah badan legal akan sangat dianjurkan.

2. Menyamakan Tujuan

Cobalah untuk menyamakan tujuan terlebih dahulu. Berusaha untuk mempunyai tujuan yang sama dan pandangan yang sama. Bekerjasama dengan mitra bisnis yang mempunyai tujuan yang sama akan menentukan kerjasama jangka panjang.

Persamaan tujuan juga akan menimbulkan hal positif ke depan, Karena akan mendorong keinginan untuk berinovasi dengan tujuan yang sama. Menyamakan tujuan juga akan memudahkan dalam bertukar pikiran untuk menemukan solusi dan pengembangan arah bisnis ke depan.

3. Berusaha Saling Menghargai dan Percaya

Menjaga untuk saling menghargai adalah hal yang sederhana, akan tetapi dapat berdampak besar. Cobalah untuk menghargai hak dan pendapat dari rekan bisnis kita.

Adu pendapat dan tidak sesuai dengan pendapat kita adalah hal yang biasa dalam berbisnis. Dengan saling menghargai dan tidak merasa menang sendiri akan membuat sebuah keputusan yang baik.

Saling percaya juga bisa menjadi hal yang dapat membina hubungan ke depan dalam bisnis, akan tetapi jangan menjadikan modal saling percaya sebagai hal utama dalam berbisnis dan tolak ukur sebuah hasil kerja. Bukankah sebuah pengkhianatan itu datang akibat dari sebuah kepercayaan.

 

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/42642/big/enterpreneur-130713b.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …