Ingin Coba Berbisnis Bersama Teman? Simak Dulu Tipsnya

Bisnis

[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Memulai sebuah usaha memang memerlukan beberapa persiapan. Salah satu persiapan untuk memulai usaha adalah modal. Banyak cara untuk mendapatkan modal usaha, diantaranya meminjam dana pada badan keuangan atau juga bisa juga mencari investor dan cara terakhir adalah mencari mitra kerja.

Mencari mitra kerja adalah jalan yang paling banyak dilakukan bagi pemula. Tidak heran hal ini banyak terjadi, karena secara psikologis menjalankan bisnis dengan mitra akan membuat semangat tersendiri.

Bahkan banyak juga sejarah dari perusahaan besar yang dimulai dengan dua atau lebih sahabat yang merintis usahanya dari nol dan menuai sukses.

Akan tetapi banyak juga cerita yang menceritakan akhir dari sebuah persahabatan dalam berbisnis berakhir dengan hal yang kurang baik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis dengan teman, seperti mengutip cermati.com, Senin (19/6/2017):

1. Surat Perjanjian

Dalam memulai sebuah usaha, perlu dilakukannya kesepakatan yang mengisi dan mengatur hal-hal yang perlu dilakukan. Biasanya surat perjanjian ini akan mengatur seberapa banyak modal usaha yang akan diberikan dan berikut juga dengan pembagiannya.

Walaupun dia seorang teman dekat sekalipun, hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Perjanjian ini harus bermaterai dan masing-masing pihak mempunyai lembar detail tiap lembarnya.

Untuk permodalan yang tidak terlalu besar surat perjanjian di lembar bermaterai saja masih bisa dirasa cukup. Namun apabila jumlah permodalan mempunyai jumlah yang besar, maka pembuatan surat perjanjian di hadapan sebuah badan legal akan sangat dianjurkan.

2. Menyamakan Tujuan

Cobalah untuk menyamakan tujuan terlebih dahulu. Berusaha untuk mempunyai tujuan yang sama dan pandangan yang sama. Bekerjasama dengan mitra bisnis yang mempunyai tujuan yang sama akan menentukan kerjasama jangka panjang.

Persamaan tujuan juga akan menimbulkan hal positif ke depan, Karena akan mendorong keinginan untuk berinovasi dengan tujuan yang sama. Menyamakan tujuan juga akan memudahkan dalam bertukar pikiran untuk menemukan solusi dan pengembangan arah bisnis ke depan.

3. Berusaha Saling Menghargai dan Percaya

Menjaga untuk saling menghargai adalah hal yang sederhana, akan tetapi dapat berdampak besar. Cobalah untuk menghargai hak dan pendapat dari rekan bisnis kita.

Adu pendapat dan tidak sesuai dengan pendapat kita adalah hal yang biasa dalam berbisnis. Dengan saling menghargai dan tidak merasa menang sendiri akan membuat sebuah keputusan yang baik.

Saling percaya juga bisa menjadi hal yang dapat membina hubungan ke depan dalam bisnis, akan tetapi jangan menjadikan modal saling percaya sebagai hal utama dalam berbisnis dan tolak ukur sebuah hasil kerja. Bukankah sebuah pengkhianatan itu datang akibat dari sebuah kepercayaan.

 

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/42642/big/enterpreneur-130713b.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Promo Jam Tangan Guess Kw Super Murah

Selamat Datang di jam tangan guess kw super murah – Perbandingan Harga Nomor Situs di Indonesia. Berbeda dengan produk replika yang tidak biasa menemukan cara menulis logo atau merek yang berbeda di beberapa bagian. Untuk informasi lebih lanjut, Kualitas bahan yang tercantum dalam deskripsi pengiklan asli dengan tampilan analog yang …

lowongan kerja hotel bali lulusan sma
Bisnis
Info Lowongan Kerja Hotel Bali Lulusan Sma

Lowongan kerja Renaissance Bali Uluwatu Resort & Medical Spa. Berbagai Peluang lowongan kerja hotel bali lulusan sma di Tijili Resort Seminyak Bali. Dengan lokasi yang luar biasa di samping pantai selancar Kuta yang terkenal di dunia, Anda dikelilingi oleh alternatif untuk membenamkan diri Anda sendiri karena Bali perlu memasok. Daerah …

Bisnis
Jasa Pembuatan Tenda Membran Murah Per Meter

tenda membran murah per meter adalah tenda yang digunakan sebagai media promosi. Cara Pemesanan Produk kami, anda bisa menghubungi kami terlebih dahulu hanya berkonsultasi tentang apa yang anda butuhkan (konsultasi gratis). Desain Tenda Membrane sangat fleksibel dan dapat disesuaikan secara bebas dengan kebutuhan setiap pelanggan, namun tentunya akan dibatasi oleh …