Ini Cara Memanfaatkan Internet untuk Mengembangkan Bisnis


Jakarta
Mengumpulkan modal dan memulai bisnis mungkin bisa dengan mudah dilakukan. Namun mengembangkan dan mempertahankannya agar sukses serta bertahan dalam waktu lama tentu perlu usaha ekstra. Selain selalu berinovasi dan memperbaiki kualitas, pebisnis juga perlu mengikuti perkembangan teknologi. Agar usahanya bisa dikenal lebih banyak orang, manfaatkanlah internet dengan maksimal.

Cara memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnis dibahas dalam Konferensi WomenWill yang diselenggarakan Google. Acara yang diadakan di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta Pusat tersebut perdana dilakukan di Indonesia. Dihadiri ratusan wanita, para pejabat Google mengungkapkan tips untuk mengoptimalkan dan mempermudah wanita menjalankan usaha. Salah satunya dengan membaca kebiasaan dan kebutuhan konsumen melalui internet.

“Kita harus berpikir seperti konsumen, kalau mereka perlu barang bagaimana mereka akan mencarinya,” kata Fida Heyder selaku Head of SMB Marketing Google Indonesia, Rabu, (17/5/2017).

Ini Cara Memanfaatkan Internet untuk Mengembangkan BisnisFoto: Rahmi Anjani/Wolipop

Fida pun menjelaskan jika biasanya pelanggan akan melihat website dulu lalu mencarinya di e-commerce, baru melihat media sosial untuk kemudian melakukan chat secara personal jika tertarik dengan barang atau jasa. Sayangnya pelaku bisnis di Indonesia masih belum banyak yang punya website, unggah barang di e-commerce atau membuka akun media sosial sehingga kadang sulit ditemukan.

Padahal cara-cara itu terbukti bisa menambah pelanggan, memperluas peluang dan meningkatkan efektivitas kerja. Untuk itu, pebisnis diharapkan untuk lebih aktif dalam memasarkan bisnis secara online dengan punya situs hingga akun media sosial.

Untuk semakin memudahkan pebisnis, mesin penelusuran Google pun menawarkan Google Bisnisku. Fitur tersebut memudahkan pelaku usaha untuk mendaftarkan bisnisnya di Google agar bisa dengan mudah dicari orang. Apalagi 82% orang di Indonesia suka mencari informasi barang di mesin pencarian.

Ini Cara Memanfaatkan Internet untuk Mengembangkan BisnisFoto: Rahmi Anjani/Wolipop

Caranya adalah dengan memasukkan segala keterangan beserta foto mengenai usaha yang menurut Fida bisa menaikkan kunjungan hingga 38%. “Jangan lupa masukkan foto. Foto penting karena 42% orang lebih mungkin berkunjung jika ada foto. Ada maps dan waktu buka serta tutup yang paling sering dicari,” ungkap Fida.

Dengan fitur tersebut, Anda juga bisa mencari tahu berapa kali toko dicari, dikunjungi, hingga ditelepon untuk mengembangkan usaha. Misalnya Anda menemukan tidak banyak orang datang saat Selasa, Anda bisa menambahkan promo di hari tersebut. Adapun fitur Google trends dan Google analytics untuk mengetahui selera pasar. Tertarik coba? (ami/ami)

https://images.detik.com/visual/2016/02/26/d0a8d0ce-38f9-4d8c-bd9b-a6738494c296.jpg?w=650



Sumber Artikel

Komentar

comments