Inilah 10 Resep Sukses Bisnis Online ala May Pandu


May Pandu (baju coklat) saat menyampaikan 10 resep sukses bisnis online. (Foto Uzlifah/pwmu.co)

PWMU.CO – Pemilik portal pandumall.com May Pandu berbagi kiat sukses bisnis online. Menurutnya ada 10 dasar keberhasilan dalam marketing online. Resep itu dia sampaikan dalam Moslem Business Community Forum yang diselenggarakan Majelis Ekonomi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Malang.

Selain menghadirkan Pandu, panitia juga mengundang Reza Arrizqi Madjid SE AK dari HERD Consultant untuk berbagi kesuksesan pada para saudagar Muhammadiyah yang memenuhi Meeting Room Perpustakaan Kota Malang, Sabtu (22/4). Adapun 10 resep sukses bisnis  online menurut owner ‘Madu Saudagar’ ini adalah:

Pertama perencanaan. “Buatlah Perencanaan marketing Anda dengan konsep yang jelas dan mudah untuk dikerjakan. Jika rencana ini cukup baik, tentu kemungkinan untuk berhasil sangat besar. Oleh karena itu rencanakan strategi marketing online secara tepat sebelum melangkah,” kata Alumni Universitas Muhammadiyah Surabaya ini.

(Baca: Siswi SMAM 1 Gresik Ini Jalankan Bisnis Online Beromset Rp 1,5 Juta per Pekan)

Resep kedua, kata Pandu, adalah target market. Menurutnya, target pasar harus jelas, tidak boleh samar. “Misalnya target market Anda adalah ibu rumah tangga. Tentu produk yang Anda tawarkan adalah berkaitan dengan ibu rumah tangga. Jangan ngelantur,” ujarnya.

Resep ketiga menurut Pandu adalah pentingnya anggaran dan pengelolaannya dalam kaitan terkait teknis marketing yang akan dijalankan. “Media yang digunakan harus jelas, apakah website, Facebook, Instagram, atau WhatsApp. Maka pemanfaatannya harus total,” ungkap dia.

Keempat yakni branding. “Maksudnya harus dipastikan bahwa merk produk Anda, atau nilai tambah dari produk  tersebut bisa ditonjolkan, sehingga orang yang melihat atau membacanya mudah mengingatnya,” jelas Pandu.

(Baca juga: Belajar Kesuksesan Bisnis dari Ronna Himmah Ilmiyati, Pebinis Cloth Diaper dengan Omset Ratusan Juta)

Branding yang sangat kuat menjadi respe kelima. “Mengapa, karena sangat unggul dari kompetitor atau pesaing lain. Carilah keunggulan produk Anda yang tidak dimiliki orang lain, lalu promosikanlah keunggulan tersebut seintens mungkin,” kata Sekretaris Majelis Eekonomi dan Kewirausahaan (MEK) PDM Surabaya.

Resep keenam menurut Pandu adalah customer relationship management. “Maksudnya, kita harus mengelola dengan baik semua pelanggan. Jangan biarkan satu pelanggan pun merasa dikecewakan. Karena saat ini sangat mudah bagi konsumen untuk berkicau di dunia maya melalui media sosial,” tegasnya. Oleh karena itu, tambah Pandu, jika ada pelanggan sampai tidak puas, maka bisa berimbas pada orang lain yang bisa beranggapan negatif tentang produk dan service Anda,” kata dia.

(Baca juga: Bagi Warga Surabaya, Ini Tawaran Pelatihan Bisnis Makanan Online)

“Resep ketujuh adalah konsistensi dalam marketing. Selanjutnya, kedelapan adalah garis strategi yang cocok dengan usaha kita,” ucapnya. Sedangkan resep kesembilan adalah marketing mix dan terakhir optimalisasi promosi dan iklan. “Lihat viewer dan medsos menjadi media yang efektif bagi promosi,” tutur Pandu.

Ketua Jaringan Saudagar Muhammadiyah Kota Malang Donny Al Mira menyambut baik kegiatan ini. “Kami sangat berbahagia, karena ini adalah forum yang bermanfaat. Ada silaturahim antarpengusaha Persyarikatan. Ada pembinaan dan coaching clinic keuangan UMKM. Terimakasih saya sampaikan MEK PDM Kota Malang,” ujarnya. (Uzlifah)


https://i0.wp.com/www.pwmu.co/wp-content/uploads/2017/04/May-Pandu.jpg?fit=800%2C428&ssl=1



Sumber Artikel

Komentar

comments