Inilah Pilihan Produk Investasi yang Tahan Inflasi : Okezone Ekonomi

Bisnis

[ad_1]

INVESTASI merupakan elemen penting dalam perencanaan keuangan. Dengan menanamkan modal ke instrumen investasi yang tepat, investor bisa menuai keuntungannya di masa depan. Ada banyak instrumen investasi yang bisa dicoba, seperti deposito, tabungan berjangka, saham, reksa dana, obligasi, atau logam mulia.

Biasanya setiap pergantian tahun bermunculan prediksi-prediksi dari pakar ekonomi mengenai jenis investasi apa yang menguntungkan dan mana yang sebaiknya dihindari. Namun, apakah prediksi itu selalu akurat? Ada banyak faktor yang memengaruhi suksesnya berinvestasi, di antaranya waktu investasi, besarnya aset untuk alokasi investasi, dan perkiraan laju inflasi.

Faktor yang paling penting untuk diperhatikan adalah laju inflasi. Bila tak mau pusing memikirkan inflasi yang kadang naik atau kadang turun, akan lebih baik jika mulai berinvestasi di bidang-bidang yang tidak terlalu terpengaruh signifikan oleh laju inflasi sehingga nilai investasi tetap aman.

Jenis Investasi yang Relatif Aman dari Pengaruh Laju Inflasi

Ada tiga bentuk investasi yang sejauh ini paling aman dan baik bagi yang akan baru memulai berinvestasi. Apa saja itu? Berikut ini ulasannya.

1. Emas: Lama, tapi Lebih Stabil daripada Investasi yang Lain 

Sejak dulu investasi berupa emas sudah banyak diminati. Dalam jangka panjang, nilai emas cenderung naik dan jarang terjadi penurunan nilai emas. Alasan lain kenapa orang tertarik investasi emas dikarenakan mudah diperjualbelikan.

Jika tertarik untuk berinvestasi emas, sabar-sabarlah untuk menuai keuntungannya. Sebab investasi ini merupakan investasi dalam jangka panjang. Mengapa? Memang harga emas cenderung naik. Akan tetapi, kenaikan harga emas pun tidak langsung tinggi. Emas sebagai investasi tidak akan cocok bagi yang menginginkan return dalam waktu singkat.

2. Properti: Naik Terus Sepanjang Tahun

Properti termasuk pilihan investasi yang paling menarik. Seperti yang Anda tahu jumlah properti yang ada dan jumlah penduduk yang membutuhkannya tidaklah sebanding. Kondisi yang ada saat ini adalah pertumbuhan jumlah penduduk jauh lebih cepat daripada properti.

Misalnya, ambil contoh yang mudah ialah kebutuhan akan rumah. Jika Anda membeli rumah di sekitar jalan raya atau di desa, mungkin saat ini belum terlalu ramai sehingga harganya masih relatif murah. Namun, apakah keadaannya akan tetap sama dalam satu atau dua tahun mendatang? Tentu saja berbeda.

Dari harga tanahnya saja, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan karena harga tanah cenderung naik setiap tahunnya. Selain itu, Anda juga mendapatkan keuntungan dari bangunan yang dimiliki yang semakin meningkat harganya.

Akan tetapi, bisnis properti memiliki kesulitan tersendiri, yaitu kalau tidak cakap atau punya pengetahuan dan jaringan yang cukup, akan susah untuk menjualnya kembali. Risiko lain adalah bisa saja bukannya mendapatkan keuntungan dari penjualan, Anda malah harus mengeluarkan biaya rutin untuk perawatan.

Karena itu, para pemilik properti lebih menyukai menyewakan properti yang dimilikinya daripada didiamkan begitu saja tanpa ada penghuni. Pertimbangannya adalah menyewakan properti cenderung mudah daripada menjualnya.

3. Saham atau Reksa Dana: Investasi yang Menjadi Tren Saat Ini

Pesatnya penggunaan teknologi yang terhubung secara online membuat investasi di pasar modal semakin mudah dilakukan. Sekarang ini semakin banyak promosi investasi dalam bentuk reksa dana ataupun saham yang bisa dilakukan secara online.

Bagi yang baru mulai berinvestasi, reksa dana relatif mudah dan murah. Sebab pada intinya Anda tinggal menaruh uang saja dan menunggu dana dikelola manajer investasi untuk mendapatkan imbal balik dalam bentuk return. Sementara investasi saham walaupun sedikit agak rumit, tetapi memiliki potensi imbal balik yang lebih besar.

Hati-Hati dalam Memilih Investasi, Sesuaikan dengan Profil Risiko

Dalam berinvestasi, kita butuh pengetahuan yang cukup. Tidak bisa sembarangan saat menentukan tempat berinvestasi. Salah-salah malah Anda yang rugi nantinya. Jadi, Anda sebaiknya bisa menempatkan dana di instrumen investasi yang tepat dan sudah terjamin. Jika tidak berhati-hati atau kurang memiliki pengetahuan yang cukup dalam berinvestasi, Anda akan dengan mudah kehilangan banyak uang.

https://img.okezone.com//content/2017/05/05/320/1684675/inilah-pilihan-produk-investasi-yang-tahan-inflasi-OCWvTGX70S.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …